-->

Rabu, November 29, 2023

5 PUPUK ORGANIK TERBAIK BISA DIANDALKAN

"pupuk organik terbaik"

Pupuk organik terbaik yang dipilih tentu  kandungannya bebas dari bahan-bahan kimia dan dibuat  dari bahan-bahan ramah lingkungan alami juga.

Misalnya dibuat dari sisa buah, sayur, fosil, mineral alami, sisa tulang hewan, kotoran hewan, dan lain sebagainya. Bahan tersebut diproses sedemikian rupa hingga dapat memenuhi kebutuhan unsur makro dan mikro  tanaman.

Ini akan membuat tanaman itu bisa tumbuh optimal, produktivitasnya bahkan bisa meningkat sesuai harapan petani pada umumnya.

Nah ada beberapa tips bisa anda lakukan saat berniat untuk memakai pupuk organik itu, simak ulasannya

Tips Memilih Pupuk Organik

Untuk memilih pupuk organik, ada beberapa hal penting  harus dilihat karena kalau salah memilih, anda akan kecewa jika kemudian di belakang hari hasil panen tanaman ditanamnya kurang maksimal.

Baca juga

Cara membuat pupuk bakteri

1. Pastikan kandungannya sesuai dengan kebutuhan tanaman agar tanaman Anda tidak sampai kelebihan atau kekurangan nutrisi.

 

2. Pilih jenisnya sesuai dengan kebutuhan, situasi dan kondisi lingkungan sekitar. Anda bisa memilih menggunakan pupuk kandang, hijau, atau kompos.

 

3. Pilih berdasarkan bentuk pupuknya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik tanaman Anda. Artinya, pilihan bisa dalam bentuk padat atau  bentuknya cairan.

 

5 Pupuk Organik Terbaik

Jika sudah mempertimbangkan pupuk organik  mana  dibutuhkan, berikut saya rekomendasikan 5 pupuk organik  terbaik dilihat dari sisi  kandungannya, manfaat, serta testimony beberapa penggunanya.

1.  EM4 Pertanian dari Songgo Langit Persada

Pupuk ini dikenal juga sebagai salah satu bahan pengurai guna membuat dengan pupuk bokashi. Bentuknya, berupa cairan dan harum baunya berwarna coklat tua. Petani memanfaatkan EM4 biasanya  dalam membuat pupuk organik bokasi, dicampurkan bersama bahan-bahan pupuk organik itu. EM4 ini isinya adalah sejumlah bakteri pengurai bahan alami, sehingga itu tepat sekali dipakai kalau anda berniat membuat pupuk bokashi sendiri.

2.  Pupuk Organik POC dari Nasa

Pupuk ini terkenal manfaatnya  untuk menjadi campuran pupuk lainnya. Manfaatnya tentu menyuburkan tanaman baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Tidak hanya itu pupuk ini juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tanaman.

3.  Pupuk Organik Super Aktif dari Eco Farming

Pupuk ini biasanya digunakan untuk lahan pertanian skala besar. Anda bisa membuat biang pupuk cukup dengan mencampurkannya dengan 1 liter air. Para pengguna pupuk ini bisa melakukan panen hingga 6 kali dalam setahun dan risiko gagal panen mereka sangat kecil karena tanaman lebih kuat imunitasnya.

4.  Pupuk Organik Cair Tanaman Buah dari Infarm

Pilihan ini direkomendasikan untuk tanaman buah seperti jeruk, semangka, stroberi, dan lainnya. Penggunaannya dicampur dengan air untuk disemprotkan pada tanaman. Hasilnya pertumbuhan tanaman menjadi lebih optimal karena cukup nutrisi serta  tanahnya memiliki PH stabil.

5.  Pupuk Organik cap Dinosaurus.

Pupuk ini bisa digunakan untuk berbagai jenis tanaman. Kelebihannya terletak pada micro dan macronutrient yang kaya serta mikroba penting untuk pertumbuhan dan ketahanan tanaman dari hama. Selain itu, pupuk ini bisa juga untuk mempercepat proses pengomposan.

Itu dia 5 rekomendasi pupuk berbahan organik terbaik  bisa coba digunakan buat tanamannya. Jangan lupa cek kandungannya apakah sesuai dengan kebutuhan tanaman Anda atau tidak. Termasuk karakteristik tanah dan suhu tempat Anda bercocok tanam.

Untuk menghindari pupuk palsu sebaiknya pilih seller yang bisa dipercaya. Jika membeli secara online, jangan lupa cek ulasan para pembeli sebelumnya. Pastikan baca juga deskripsi produk dengan lengkap sebelum membeli. 

Selain ramah lingkungan, pupuk organik terbaik juga membantu  menghasilkan produk organik level  premium. Jadi, suatu saat nanti  produknya  akan sangat dicari para konsumen.

Baca juga

Mengenal pupuk organik, pengertian, manfaat dan cara membuatnya

Bagikan artikel ini