-->

Rabu, November 29, 2023

BUDIDAYA SAYURAN ORGANIK, MUDAH DAN MURAH BISA DILAKUKAN DI RUMAH

Budidaya sayuran organik dirumah dapat kita lakukan, langkahnya diawali  dengan memilih benih tanaman  akan dibudidayakan. Harus diingat dalam prosesnya, sayuran organik sama sekali tidak menggunakan pupuk kimia atau pestisida.

Agar peluang keberhasilan cukup besar, anda bisa pilih benih sayuran dengan ketahanan yang cukup baik dari serangan hama. Sebut saja sawi hijau, kangkung, selada, sawi putih, dan lainnya  seringkali menjadi pilihan utama bagi petani  yang baru memulai budidaya sayuran.

Sayuran-sayuran tersebut juga termasuk sayuran  sering diolah untuk memenuhi kebutuhan sayur baik untuk keluarga maupun masyarakat. Artinya, kita juga bisa menghemat biaya untuk membeli sayuran organik yang harganya cukup mahal dibandingkan sayuran yang biasa.'

Baca juga

cara menanam hidroponik yang benar

Ada beberapa cara yang mudah dan murah yang dapat Anda lakukan untuk bisa membudidayakan sayuran organik ini di rumah. Siapapun Anda pasti bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

Pilih Wadah yang Tepat

Pilih wadah sesuai dengan sayuran  akan dibudidayakan. Wadah itu harus ringan dan mudah dipindahkan. Untuk menghemat anggaran, disarankan gunakan saja bahan-bahan bekas tentu akan bisa menjadi pilihan tepat. 

Selain ramah lingkungan, langkah ini juga menghemat biaya untuk membeli pot. Jangan lupa lubangi bagian bawahnya agar wadah memiliki sistem drainasenya baik guna  menghindari kelebihan air.

Pilih Ruangan yang Tepat

Hindari ruang yang terlalu padat, seperti balkon atau ambang jendela. Sisi tenggara teras atau balkon bisa menjadi ruang yang tepat agar sayuran mendapatkan sinar matahari  cukup maksimal.

Untuk itu, tentukan berapa besar ruang  dibutuhkan sayuran yang sudah dipilih untuk tumbuh hingga dapat dipanen. Jangan sampai terlalu rapat karena ruang sempit dapat menyebabkan sayuran organik tidak bisa tumbuh optimal.

Cegah Gulma Tumbuh

Pastikan tanaman  dipilih sesuai dengan tempatnya. Taburkan pupuk di permukaan tanah hingga gulma tidak bisa tumbuh. Dengan mencegah gulma makan, keberhasilan budidaya sayuran Anda akan lebih besar karena bisa tumbuh dengan optimal.

Tanam Sayuran yang Beragam

Ini tentu akan menguntungkan karena dengan ruangan yang terbatas Anda bisa menikmati berbagai jenis sayuran organik ketika saatnya panen nanti. Ini juga akan memberikan pengalaman pada diri  sendiri bagaimana tumbuh kembang berbagai jenis sayuran tersebut.

Siram dan Beri Pupuk dengan Teratur

Keduanya adalah perawatan yang harus Anda lakukan secara berkala untuk memastikan sayuran dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. 

Lakukan penyiraman secara teratur pagi dan sore hari untuk memastikan sayuran Anda mendapatkan air yang cukup dan tidak berlebihan. Penyiraman air secara berlebihan bisa membuat sayuran anda tanam justru menjadi busuk.

Agar bisa tumbuh dengan baik pupuk juga diperlukan. Gunakan cangkang telur, kulit pisang atau ampas kopi yang merupakan sisa bahan yang keluarga Anda konsumsi setiap hari. Selain ramah lingkungan, bahan-bahan tersebut juga mudah dan murah.

Nah, itu dia cara bercocok tanam sayuran organik yang mudah dan murah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Saatnya Anda praktikan ya! Walau bagaimanapun pengalaman sendiri akan jauh lebih berharga dibandingkan apapun. 

Jika sayuran organik ini bisa dihasilkan sendiri kenapa harus membeli? Selain dijamin keamanannya kebutuhan sayur mayur keluarga juga terpenuhi. Bahkan, jika berhasil,kita  bisa mulai untuk menjadikan budidaya sayuran organik ini jadi mesin pencetak uang.

Baca juga

Mengenal pupuk organik, pengertian, manfaat dan cara membuatnya

Bagikan artikel ini