-->

Selasa, Januari 07, 2020

PENYEBAB DAN SOLUSI IKLAN ADSENSE TIDAK MASUK ADSENSE SANDBOX / DIBANNED

"iklan adsense, google sandbox"
Sudah menjadi rahasia umum di komunitas publisher google bahwa iklan adsense merupakan ladang menjanjikan untuk meraup penghasilan. 
 
Karena itu, seringkali kita jumpai ada oknum pemilik blog atau website nakal, berusaha mengumpulkan uang lewat iklan adsense dengan cara  keliru.

Yang terjadi kemudian, bukan uang  di dapat malah websitenya masuk google sandbox atau di banned. 

Apa sebenarnya google sandbox itu ?  

Jika merujuk pada TOS google sendiri, maka dijelaskan di sana bahwa sandbox itu adalah sebuah upaya penangguhan yang di laksanakan oleh pihak google pada sebuah akun situs atau website. 

Artinya alamat url situs bakalan tidak muncul sama sekali di halaman pencarian google, kendati dibantu dengan ilmu sihir jaman firaun. 

Akibatnya, apapun yang tersemat di situs ikut-ikutan di banned, termasuk   iklan adsense yang kita pasang di sana. Kasihan. 

Mengapa akun harus masuk google sandbox ?  

Ini penyebabnya, karena ada aktivitas yang tidak wajar dan mencurigakan di sebuah situs sehingga pihak google merasa perlu diselidiki secara mendalam. 

Beberapa blogger berkomentar, bahwa untung jika hanya blog  yang masuk google sandbox, tapi  jika akun iklan adsense yang di banned google, maka tamat riwayat impian anda untuk dapat uang di iklan adsense google. 

Bagi saya, keliru pendapat seperti itu, justru yang penting itu adalah akun blog kita jangan kena google sandbox, agar ada peluang bisa tampilkan iklan adsense  di blognya. Namun ada juga kejadian, justru yang di banned hanya akun iklan adsensenya. Ok, disini coba kita bahas satu persatu.

Adsense Google Sandbox 

Adsense sandbox pertama kali dikembangkan oleh Amit Agarwal pada periode akhir mei tahun 2007. Ini merupakan sebuah tool yang ditujukan untuk menampilkan iklan google adsense di sebuah website apa pun (dengan melacak alamat IP ) secara kontesktual menurut target wilayah atau kata kunci yang sengaja di pasang.  

Jadi, semua aktivitas di sebuah situs akan terpantau secara real time, tidak ada  tersembunyi sama sekali.  

Artikel lain


Coba cek dulu di bannedcheck[dot]com, apakah blog iklan adsense  anda di cekal atau tidak oleh pihak google.  

Lanjut, berdasar pengalaman pribadi, ada banyak pelanggaran yang secara tidak sadar dilakukan  pemilik akun blog iklan adsense, sehingga jadi tahanan google. 
 
1. Posting artikel setiap hari yang sangat banyak   
 
2. Mengejar backlink yang banyak   
 
3. Bongkar pasang template blog     
 
4. Isi artikel bersifat copy paste dari situs lain  

5. Menggunakan aplikasi auto (auto spinner, auto blog)  

6. Mendapat backlink dari situs illegal (porno) 

7.Menampilkan produk (software, film) milik orang lain    

Nah kalau anda sering melakukan 7 hal ini, saya bisa perkirakan hampir mendekati kepastian, mudah-mudahan tidak salah lagi, blog iklan adsensenya bakal hilang dari halaman pencarian google.   

Banned iklan adsense

Khusus untuk point kedua menyangkut akun iklan adsense yang kena cekal, berdasar pengalaman beberapa teman, disebabkan oleh :  

1.Sering klik sendiri iklan adsense yang ada     

2.Mengarahkan pengunjung untuk klik iklan adsense   

3.Iklan terpasang, tumpang tindih dengan menu dalam blog     

4.Iklan di promosikan di halaman pencarian  

5.Memasang navigasi tertentu yang mengarah pada iklan adsense   
 
6.Memasang navigasi pengalihan otomatis

Ke enam hal di atas, sangat dilarang keras pihak google untuk para publisher iklan adsense. Pasalnya, ini masuk dalam ketentuan Term Of Service (TOS) dari google. 

banned iklan adsense   Solusi Terhindar dari google sandbox/

Khusus bagi publisher yang sudah terlanjur mendapat sanksi google sandbox atau banned iklan adsense, pilihan satu-satunya jika masih punya niat untuk mendapat penghasilan, hanya dengan membereskan kembali semua masalah yang muncul, yaitu :
 
1. Kirim email permintaan  ke google     Email yang kita itu isinya adalah minta  akun blognya dikeluarkan dari google sandbox. Namun sebelum mengirim email tersebut, buat beberapa perubahan di  tampilan blog. Misalnya pasang widget search engine google buat navigasi TOS, home, comment rss, pos rss, about, log in, site map sesuai standar yang google inginkan.   

2. Buang link atau produk (software, lagu, film) yang illegal      Link pada situs yang tidak relevan dengan isi blog kita, harus kita buang karena dianggap spam. Pun dengan produk-produk di mana kita tidak memiliki kewenangan atasnya sejatinya jangan di muat dalam blog kita.       

3. Daftar kembali dengan email baru     Akun blog atau iklan adsense yang sudah masuk google sandbox /di banned biasanya saat mendaftar pertama kali keduanya menggunakan alamat email yang sama. Alamat email itu tidak usah di gunakan lagi, harus buat alamat email yang baru.     

4. Gunakan template yang responsive      Penggunaan template yang latar belakang agak terang sangat disukai oleh pihak google, berarti tampilannya responsive di mana proses loading cukup ringan.    

5. Jumlah posting artikel yang wajar     Masalah ini, harus di perhatikan serius, jangan posting artikel sampai 5 buah sehari karena dianggap spam       

6. Cari backlink dari situs yang relevan     Teknik blogwalking (jalan-jalan ke situs lain) adalah termasuk solusi yang bisa membangun reputasi yang baik di mata google. Tapi syaratnya, situs itu temanya harus relevan atau hampir mirip dengan tema dan isi blog kita sehingga saat kita berkomentar di situs itu akan mendapat backlink yang berkualitas.      

7. Jangankan gunakan widget yang banyak Penggunaan widget untuk mempercantik tampilan blog sering menjadi andalan para blogger amatir. Seolah-olah tampilan blog yang ciamik adalah harga mati dan bisa membuat  pengunjung betah berlama-lama dalam situsnya. 
 

Ini pikiran yang keliru, justru malah akan membuat loading situs itu menjadi berat dan berunjung orang bosan berlama-lama menunggu situs bisa terbuka sempurna. Pakai saja widget yang standar saja, misal widget informasi terbaru, widget kategori. Widget dengan script  lagu, statistik kunjungan atau lainnya tidak usaha di pakai.     

8. Pasang iklan adsense di area terbuka    Jika sudah mendapat script iklan adsense sebaiknya jangan di pasang di bawah menu top bar, karena saat klik menu itu, otomatis akan menutup iklan adsense yang terpasang di bawahnya. Saya menyarankan iklan adsense di pasang pada posisi side bar kiri atau kanan layout blog, biar aman.      

 9. Jangan buat navigasi menyesatkan    Mungkin anda pernah mengalami hal ini, saat klik sebuah navigasi yang disediakan tiba-tiba muncul iklan. Hal begini sangat di murkai google, jadi jangan anda lakukan di blog anda sendiri.    

10. Jangan buat instruksi klik iklan adsense Karena alasan kejar pendapatan sering kali rambu-rambu google untuk jangan membuat himbauan klik iklan ditabrak seorang publisher. Untuk itu hindari perbuatan curang seperti itu jika masih mau kerjasama dengan google.  

Nah itulah, beberapa informasi seputar dunia google sandbox atau iklan adsense yang bisa anda praktekan sendiri. Semoga bermanfaat.

Artikel lain

Bagikan artikel ini