[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: ASYIKNYA LIBURAN SAMBIL MELAKUKAN WISATA INDONESIA TIMUR
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Selasa, Oktober 09, 2018

ASYIKNYA LIBURAN SAMBIL MELAKUKAN WISATA INDONESIA TIMUR


ASYIKNYA LIBURAN SAMBIL MELAKUKAN WISATA INDONESIA TIMUR
Bukan hanya di daerah barat saja, kegiatan wisata Indonesia timur dari waktu ke waktu juga menunjukan kegairahan yang teramat tinggi. Apalagi mengingat kawasan ini tak hanya kaya dengan obyek wisata alam saja, tetapi juga memiliki banyak sekali obyek wisata budaya yang sangat pantas dan menarik untuk didatangi.
Oleh karena itu, tidak mengherankan bila kawasan timur Indonesia ini sering menjadi obyek utama bagi para pelancong yang mau melakukan perjalanan liburan. Mereka tidak hanya datang dari dalam negeri saja, namun banyak diantaranya yang berasal dari mancanegara. Mereka sering mengangggap bahwa obyek wisata Indonesia timur itu mempunyai keunikan dan kelebihan tersendiri yang tidak dapat ditemukan di daerah lain. 

Keunggulan Obyek Wisata Di Kawasan Indonesia Timur
Kawasan Indonesia Timur merupakan kawasan yang sangat kaya sekali dengan obyek wisata. Semua memiliki keunggulan dan kelebihan yang begitu istimewa dan mampu membuat para pelancong semakin senang dan betah melakukan kegiatan wisata di daerah tersebut.
1. Obyek Wisata Yang Sangat Beragam
Daerah tujuan wisata Indoesia timur dikenal memiliki keragaman yang sangat lengkap dan banyak sekali pilihannya. Mulai dari obyek wisata alam, budaya, sejarah, pendidikan, kuliner hingga wisata belanja, semua bisa dijumpai dengan mudah di daerah ini. Bagi para penikmat kegiatan wisata, Indonesia timur merupakan surganya.
2. Masyarakatnya Selalu Bersikap Ramah Dan Sopan
Dibanding daerah barat, warga yang tinggal di wilayah timur biasanya memang mempunyai tata bahasa dan pengucapan kalimat lebih keras saat berkomunikasi dengan orang lain. Tetapi dibalik itu semua, mereka tetap selalu mampu menunjukan sikap ramah dan sopan pada kaum wisatawan.
3. Budaya Dan Tradisi Yang Sangat Unik
Bagi mereka yang suka menyaksikan atraksi seni atau budaya dan tradisi, wisata Indonesia timur tidak boleh dilewatkan begitu saja saat mengadakan acara liburan. Ada banyak sekali destinasi yang sungguh menarik dikunjungi karena keunikannya. Misalnya rumah tradisional, kegiatan masyarakat setempat dan sebagainya.
4. Kaya Dengan Panorama Alam Indah
Hampir semua obyek wisata alam yang ada di Indonesia timur mampu memancarkan aneka keindahan dan selalu membuat mata terkagum-kagum saat melihatnya. Dari kawasan pantai yang penuh dengan nuansa biru, hingga bukit dan pegunungan berwarna hijau segar dengan penampakan yang begitu cantik, sangat mudah ditemui di tempat ini.
5. Koleksi Satwa Dan Tanaman Yang Begitu Beragam
Tak hanya pemandangan alamnya saja yang memikat hati, destinasi wisata alam di kawasan Indonesia timur juga selalu penuh dengan koleksi satwa yang sangat beragam. Seperti hewan melata, mamalia, burung, binatang laut dan sebagainya, semua dapat dijadikan sebagai obyek menarik untuk dinikmati.
Bahkan ada sebagian dari satwa-satwa tersebut yang terbilang langka serta bersifat epidemik. Artinya adalah, satwa tersebut tidak bisa ditemukan di tempat lain kecuali di daerah tersebut saja. Belum lagi jika bicara tentang koleksi tanamannya, tidak kalah lengkap dan setiap jenis dari tanaman tersebut memiliki keindahan yang sangat istimewa.
6. Fasilitas Wisata Yang Sangat Lengkap
Beberapa puluh tahun lalu, memang tidak begitu banyak pelancing yang tertarik mendatangi obyek-obyek wisata Indonesia timur dengan alasan utama tidak tersedianya fasilitas wisata yang lengkap. Namun untuk saat ini, kondisinya sudah sangat jauh berbeda.
Pemerintah daerah setempat, melalui dukungan penuh dari pemerintah pusat sudah berusaha sekuat tenaga menyediakan berbagai macam fasilitas untuk memberi kenyamanan yang lebih maksimal bagi wisatawan. Saat ini sudah banyak berdiri hotel mulai dari kelas melati hingga hotel bintang lima yang didirikan di daerah ini.
Demikian pula dengan fasilitas dan sarana lainnya seperti terminal bus, lapangan udara atau air port, jalan menuju obyek wisata sudah dibangun semuanya. Dijamin wisatawan tidak akan kesulitan memenuhi kebutuhan akomodasinya saat ingin menjelajahi daerah Indonesia timur.
Selain yang telah disebutkan di atas, tentu masih banyak keunggulan lain yang bisa dirasakan pelancong saat melakukan kegiatan wisata Indonesia timur bersama dengan teman maupun keluarga. Pengalaman paling indah dan mengesankan pasti akan diperoleh setelah berlibur di kawasan ini.
Obyek Wisata Pilihan
Indonesia timur menjadi salah satu tempat terbaik untuk melakukan kegiatan wisata karena mempunyai obyek serta destinasi yang teramat lengkap. Dari sekian banyak obyek wisata di wilayah Indonesia timur tersebut, beberapa diantaranya yang sangat cocok dijadikan sebagai obyek wisata utama adalah:
1. Kepulauan Banda Di Maluku
Kepulauan Banda yang ada di Maluku adalah salah satu daerah tujuan wisata paling terkenal di Indonesia dan mancanegara. Saat datang di kepulauan ini, wisatawan langsung disambut dengan sebuah pemandangan alam yang begitu indah dan menakjubkan. Hamparan laut dan pantainya yang begitu luas akan membuat wisatawan makin senang berlama-lama tinggal di tempat ini.
Selain itu, kepulauan Banda juga sangat terkenal sebagai surga bagi para penggemar kegiatan scuba diving. Keindahan panorama bawah lautnya tidak bisa diragukan lagi, sangat luar biasa indah dan menawan hati. Kepulauan ini terdiri dari 3 pulau besar dan 10 pulau kecil. Khusus untuk pulau besarnya, masing-masing bernama Banda Besar, Gunung Api dan Bunda Neira.
2. Pulau Kei
Masih di Maluku yang merupakan salah satu kawasan wisata Indonesia timur terbaik, setiap pelancong bisa melanjutkan kegiatan wisatanya ke Pulau Kei. Panorama alamnya tidak kalah menarik dan memikat hati dibanding dengan Kepulauan Banda. Di sepanjang garis pantainya, selalu terhidang hamparan pasir putih yang begitu bersih dan lembut.
Tidak cukup sampai di sini saja, banyak sekali titik atau spot yang sangat bagus bagi mereka yang suka dengan kegiatan snorkeling atau menyelam. Belum lagi saat bicara tentang obyek wisata alam lainnya berupa gua. Keindahan serta keunikannya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.
3. Labuan Bajo
Obyek wisata Indonesia timur lainnya yang tidak kalah menarik dikunjungi adalah Labuan Bajo di Pulau Komodo. Tidak hanya dalam negeri saja, keindahah obyek wisata alam ini juga selalu menjadi bahan perbincangan para traveler kelas dunia. Lokasinya berada di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT.
Destinasi wisata alam ini menjadi terkenal karena keberadaan binatang langka yang tidak lain merupakan satwa peninggalan dari masa purba yaitu komodo. Hewan reptil berukuran sangat besar ini sangat mudah ditemukan di obyek wisata alam tersebut.
Di tempat ini pula wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan lainnya seperti diving atau snorkelling, hiking dan sebagainya. Semua selalu mampu menghadirkan sensasi yang sangat menyenangkan sekaligus menggembirakan.
4. Wae Rebo
Selanjutnya untuk penggemar kegiatan wisata sejarah dan budaya, di provinsi NTT terdapat sebuah obyek wisata unik yang sangat pantas dikunjungi yaitu desa kuno bernama Wae Rebo. Kawasan pemukiman ini sudah berusia ratusan tahun dan sering memperoleh julukan sebagai kampung di atas awan karena letaknya berada di ketinggian 1.200 mdpl.
Berkunjung ke desa kuno ini, wisatawan dapat menyaksikan berbagai keunikan budaya yang merupakan peninggalan masa lalu. Bangunan rumah adatnya sangat cantik, berbentuk sebuah kerucut dan jumlahnya ada tujuh kerucut. Selain itu, warganya juga masih menerapkan sistem kehidupan masa lalu, khususnya dalam bidang pertanian dan pekerjaan lainnya.
5. Desa Sade Dan Ende
Belok ke arah barat tepatnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat atau NTT tepatnya di Lombok, ada destinasi lain yang tidak kalah terkenal yaitu Desa Sade dan Desa Ende. Di kedua tempat wisata Indonesia timur tersebut, pelancong bisa menyaksikan sistem kehidupan masyarakat asli Lombok yaitu Suku Sasak.
Desain rumah tradisionalnya sangat unik. Dinding dan lantainya dibuat dari lumpur dicampur dengan kotoran sapi, tapi tidak menimbulkan kesan kotor dan menjijikan. Sedangkan atapnya terbuat dari rumput ilalang yang sudah dikeringkan. Di desa ini pula, masih ada kegiatan lain yang dapat dilakukan yaitu wisata belanja berupa kain tenun cantik dengan harga yang sangat murah.
6. Raja Ampat
Lanjut ke arah timur lagi, persisnya di Papua. Di provinsi paling ujung timur Indonesia inilah terdapat obyek wisata yang keindahan alamnya telah mendapatkan pengakuan dari pelancong seluruh dunia. Obyek wisata alam ini terkenal dengan sebutan Raja Ampat dan selalu menjadi cita-cita setiap wisatawan lokal dan luar negeri untuk mengunjunginya.
Raja Ampat sangat dikenal dengan keindahan alamnya, baik yang ada di darat maupun pantai dan bawah lautnya. Semua terlihat sangat mempesona dan selalu memanjakan mata. Tak ada ruginya sama sekali berkunjung ke destinasi ini.  
7. Festival Lembah Baliem
Berkunjung ke Papua, akan menjadi semakin lengkap rasanya ketika bisa menyempatkan diri menikmati sebuah atraksi budaya yang sangat mengagumkan yaitu Festival Lembah Baliem. Agenda wisata Indonesia Timur ini biasanya diselenggarakan setiap bulan Agustus, sesuai dengan bulan kemerdekaan bangsa Indonesia.
Festival Lembah Baliem merupakan suatu kegiatan budaya yang pesertanya terdiri dari suku-suku asli di Papua, khususnya yang tinggal di kawasan Lembah Baliem. Diantaranya adalah suku Dani, Lani, Yali, dan sebagainya.
Dalam atraksi budaya ini, akan dipertunjukan tari-tarian yang merupakan penggambaran dari peperangan antar suku di masa lalu. Selain itu akan dipertunjukan pula tarian lain yang penuh aroma perdamaian.
Bukan itu saja, masih ada pertunjukan lain yang tidak kalah memikat untuk dinikmati berupa pertunjukan proses pembuatan berbagai jenis kerajinan tangan seperti patung, tas tradisional, senjata adat, ukiran kayu dan masih banyak lagi. Di sini, wisatawan juga bisa membeli aneka ragam kerajinan tangan tersebut dengan harga cukup terjangkau.
8. Taman Nasional Teluk Cendrawarsih
Berbicara tentang keindahan alam di tanah Papua memang seperti tidak pernah ada habisnya. Selaras dengan julukannya sebagai Pulau Cendrawasih, di sini juga terdapat sebuah destinasi wisata alam dengan nama lengkap Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Kawasan wisata ini  berada Kabupaten Nabire dan Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat.
Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah taman laut yang mempunyai ukuran paling luas di seluruh dunia. Selain menjadi surga bagi para penggemar kegiatan diving dan snorkelling, obyek wisata Indonesia timur ini juga difungsikan sebagai pusat penelitian binatang laut.
Kegiatan lainnya yang juga sangat disukai wisatawan saat berlibur di Taman Nasional Teluk Cendrawasih yaitu berenang di area pantai sambil menyaksikan kehidupan binatang hiu paus dengan ukuran tubuh yang begitu besar tetapi sangat jinak dan tidak agresif. Selama ini teluk terebut memang menjadi area yang sering dilalui oleh satwa tersebut saat migrasi.
Tidak hanya hiu paus saja, Taman Nasional Teluk Cendrawasih juga memiliki koleksi aneka ragam satwa laut dan biodata lainnya. Di tempat ini, wisatawan dapat menyaksikan lebih dari 200 jenis ikan laut yang semuanya dibiarkan hidup secara bebas oleh pihak pengelola. Selain itu, koral dan batu karangnya selalu mampu menciptakan keindahan yang sangat mempesona.
Itulah beberapa contoh obyek wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika sedang mengadakan acara liburan di Indonesia timur. Tentu saja selain yang telah disebutkan di atas masih banyak destinasi lainnya yang juga sangat pantas didatangi. Masing-masing memiliki keindahan dan keunikan serta daya tarik yang berbeda-beda.
Tips Melakukan Perjalanan Wisata Ke Indonesia Timur
Dibalik sarana dan fasilitas akomodasinya yang sudah lengkap, tetap diperlukan beberapa tips khusus saat ingin melakukan perjalanan wisata ke Indonesia timur. Tujuannya tak lain adalah agar kegiatan liburan ini dapat mendatangkan kepuasan dan kesenangan yang maksimal bagi semua pelancong.
1. Menentukan Transportasi
Bagi para wisatawan yang ingin melakukan perjalanan wisata Indonesia timur melalui jalur udara, saat ini sudah ada puluhan maskapai penerbangan dengan tujuan langsung ke beberapa kota di daerah tersebut. Tapi sebagian besar diantaranya sering diawali dari Jakarta dan Bali. Waktu tempuhnya kurang lebih 2 hingga 6 jam, tergantung cuaca.
Untuk yang suka berhemat, disarankan memilih jalur darat memakai kendaraan sendiri, lalu menyeberang dengan kapal. Pada umumnya, awal perjalanan dimulai dari Pelabuhan Padang Bay di ujung timur Pulau Bali. Dari sini pelancong bisa memilih jurusan kapal sesuai dengan destinasi yang ingin dituju. Untuk alternatifnya, bisa pula memilih Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya.
2. Waktu Terbaik Untuk Berkunjung
Waktu paling tepat untuk berlibur di kawasan Indonesia timur adalah antara bulan April dan bulan Maret. Ketika itu cuaca di kawasan tersebut sudah mulai kering dan panas. Tetapi jika ingin berkunjung di bulan Mei hingga bulan Agustus, juga sangat bagus karena pemandangan alamnya terlihat lebih segar dan hijau.
Hanya saja perlu diperhatikan, berkunjung di musim penghujan kemungkinan besar terdapat beberapa obyek wisata yang menjadi lebih sulit untuk diakses. Jika masih tetap bisa diakses, alat transportasinya berupa perahu. Kemudian untuk mereka yang gemar kegiatan menyelam waktu paling pas untuk berlibur di tempat-tempat wisata Indonesia timur yaitu antara bulan April hingga bulan September.
3. Akomodasi
Sebagaimana yang sudah dijelaskan, tidak perlu ada yang dikhawatirkan ketika ingin berlibur di Indonesia timur karena sarana akomodasinya sudah lumayan lengkap. Dari hotel bintang 5 hingga penginapan kelas melati, semua selalu tersedia. Tentu saja, bagi para pelancong yang ingin bergaul secara lebih akrab dengan penduduk lokal, lebih disarankan memilih hotel kelas melati atau homestay sebagai penginapan.
Perlu diingat pula, sebagian besar hotel di daerah Indonesia timur hingga saat ini belum bisa menerima sistem pembayaran secara elektronik. Sehingga para wisatawan perlu menyiapkan diri, membawa uang cash atau tunai.
4. Barang Bawaan Yang Tidak Boleh Dilupakan
Karena banyak sekali obyek wisata yang letaknya ada di daerah terpencil, pasti memerlukan banyak tenaga ekstra untuk mengaksesnya. Karena itu jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman yang mencukupi sebelum berangkat ke tempat tujuan. Obat-obatan ringan juga tidak boleh dilupakan, untuk berjaga-jaga jika terjadi masalah kesehatan.
Beberapa kebutuhan lainnya yang mempunyai peran tidak kalah penting untuk menghadirkan kenyamanan yaitu tabir surya untuk melindungi diri dari pancaran sinar matahari yang sangat menyengat. Apalagi jika obyek wisata yang ingin dikunjungi adalah berupa pantai. Kacamata hitam dan topi juga sangat perlu dibawa, dengan tujuan yang sama.
Itulah beberapa tips paling penting yang harus selalu disiapkan saat ingin mengadakan acara liburan di obyek-obyek wisata Indonesia timur yang sangat terkenal dengan keindahannya. Selamat berpetualang, semoga selalu mendapat pengalaman unik dan mengesankan.
Baca juga
Share artikel to: Facebook Google+ Linkedin Digg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...