-->

Kamis, Agustus 10, 2023

10 LOKASI FAVORIT WISATA GLAMPING BALI

 

 oleh Dzikrullah

"wisata glamping bali" Liburan akhir tahun sebentar lagi tiba, sudahkah kamu merencanakan liburan akhir tahun nanti? Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengisi libur panjang akhir tahun ini salah satunya adalah wisata glamping. Wisata Glamping adalah staycation yang dilakukan ke penginapan dengan latar alam berupa tenda atau sejenisnya dengan paket dan fasilitas tertentu. Glamping sendiri dapat dilakukan di tepi sungai, sawah, ataupun danau. Penginapannya dapat dikatakan cukup minimalis yaitu mulai dari kamar, kamar mandi, tempat tidur, akses Wifi dan lainnya. Bentuk ruangannya juga beragam mulai dari yang bertemakan alam ataupun yang semi modern

Mengisi Liburan dengan Glamping di Bali

Salah satu daerah yang terkenal akan wisata glampingnya adalah Pulau Dewata. Bali  merupakan destinasi yang tidak hanya terkenal dengan pantai dan budayanya yang indah. Di sana juga terdapat banyak lokasi  glamping yang direkomendasikan untuk dicoba. Dengan melakukan glamping, kamu akan mendapatkan pengalaman baru staycation dengan nuansa  alam yang sejuk nan indah.

Hal yang bisa Kamu Lakukan saat Glamping

1. Berwisata Alam

Dengan melakukan glamping tentu kamu akan lebih dekat dengan alam. Latar pemandangan alam yang indah, kamu dapat menikmati udara segar dan suasana penghijauan sebagai bentuk refreshing bersama keluarga. Kamu juga dapat menghabiskan waktu dengan bercocok tanam, memanen hingga edukasi terkait tanaman.

2. Berburu Foto yang Cantik

Ketika melakukan glamping, jangan lupa juga untuk menyempatkan diri berburu foto yang cantik ya. Kamu dapat mondokumentasikan diri dengan latar alam yang indah. Jika beruntung, kamu juga dapat menghabiskan waktu glamping dengan berburu foto sunrise dan sunset tergantung dengan tempat glamping yang kamu pilih.

3. Pengalaman Menginap di Alam

Glamping dapat dikatakan hampir sama dengan camping, hanya saja camping dapat dilakukan di mana saja dengan peralatan camping yang disiapkan oleh pengunjung sendiri. Sedangkan glamping, kamu dapat memesan paket glamping dengan pilihan tenda dan fasilitas yang sudah ada. Biasanya juga sudah termasuk paket sarapan dan semua fasilitas yang ada di glamping. Dengan melakukan glamping, kamu akan merasakan pengalaman baru dengan menginap di alam.

4. Biaya Penginapan yang Lebih Murah

Dengan perlengkapan tenda yang minimalis dan sesuai dengan paket layanan yang diberikan. Biaya pemesanan glamping biasanya cenderung lebih murah dibandingkan dengan biaya pemesanan hotel. Glamping dapat dikenakan tarif standar mulai dari Rp200 ribu sampai Rp700 ribuan tergantung dengan fasilitas yang didapatkan. Dengan membayar harga sejumlah tersebut kamu pun dapat menikmati keindahan alam dengan fasilitas glamping yang ditawarkan.

10 Lokasi Wisata Glamping Bali

Jika kamu berencana untuk melakukan glamping di Bali, terdapat beberapa glamping yang bisa direkomendasikan untuk dipilih. Rekomendasi ini dapat kamu pilih sesuai dengan fasilitas dan harga yang dibutuhkan. Berikut ini 10 lokasi wisata glamping favorit yang ada di Bali.

1. Glamour Glamping Bedugul

Glamour Glamping Bedugul menawarkan wisata glamping dengan panorama Danau Beratan, Bedugul. Letaknya berada di Kembang merta, Jalan dajan danu, Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan. Di sini terdapat beberapa pilihan paket kamar mulai dari tempat tidur single bed, maupun double bed. Kemudian kamu juga dapat memilih kamar dengan pilihan kamar mandi dalam ataupun kamar mandi terpisah. 

Glamour Glamping memiliki corak penginapannya yang didominasi dengan berwarna putih. Di sini juga terdapat kolam ikan yang dapat kamu manfaatkan untuk memancing. Tempat glamping ini juga dekat dengan perkebunan tanaman selada, jadi kamu pun dapat menikmati pemandangan perkebunan yang indah. Biaya penginapan di Glamour ini relatif mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp 600 ribuan per harinya.

2. TnG Glamping Kintamani

Salah satu glamping yang dapat kamu kunjungi di Bali adalah TnG Glamping di Kintamani. Letaknya berada di Jl. Pura Yeh Panes, Songan B, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli. Glamping ini menawarkan penginapan dengan yang sudah disediakan oleh pengelola glamping, di sana sudah tersedia bantal, selumut, dan colokan listrik. 

Kamu juga akan mendapatkan gratis breakfast perharinya. Glamping ini menawarkan pemandangan danau Batur yang indah. Kamu juga dapat berburu sunrise di pagi hari. Kamar mandi di sini sudah difasilitasi dengan pemandian air panas, namun sayangnya kamar mandinya terpisah. Biaya per malamnya sekitar Rp200 ribuan untuk 4 orang.

3. New Buyan Liang Glamping

Sesuai namanya kamu dapat menikmati pemandangan danau Buyan dengan melakukan glamping di sini. Alamat lengkapnya berada di Jl. Sugriwa Dasong Pancasari No.4, Pancasari, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng. New Buyan Liang merupakan wisata glamping yang bisa dimanfaatkan dengan mendatangkan masa yang lebih banyak. 

Glamping ini dapat direkomendasikan bagi pengunjung yang melakukan rekreasi study tour sekolah ataupun liburan bersama keluarga. Terdapat spot yang luas, kamu pun bisa memanfaatkan glamping ini untuk acara yang lebih besar. Untuk harganya sendiri kamu dapat membayar biaya tiket masuk sebesar Rp25 ribu per orang, biaya ini belum termasuk harga pemesanan tenda glamping di New Buyan Liang.

4. Bali Sunrise Camp & Homestay

Salah satu referensi glamping termurah di Bali adalah Bali Sunrise Camp dan Homestay. Lokasinya berada di Jalan Raya Caldera Batur (Sunrise Point), Br. Alengkong, Desa Songan B, Kintamani. Daya tarik utama dari glamping ini adalah kamu dapat melihat pemandangan sunrise secara langsung dari atas bukit. Kamu pun tidak perlu melakukan banyak effort untuk melihat sunrise di glamping ini. Luas tenda 4 meter dengan ketersediaan kamar mandi bersama. Fasilitas yang kamu dapatkan adalah sarapan di pagi hari dan spot di area glamping. Kamu cukup membayar mulai dari Rp140.000 per malam untuk harga di glamping ini.

5. Kubah Bali Glamping

Glamping selanjutnya yaitu Kubah Bali Glamping. Letaknya berada di Jalan Kedisan Gang Kuli, No.96 Kedisan, Kabupaten Bangli. Glamping yang berada di daerah Bangli ini berjarak 4,4 km menuju ke Danau Batur. Kamu juga akan mendapatkan beberapa layanan seperti pijat, barbeque, area piknik di sekitar glamping, aktivitas outdoor, pemancingan, olahraga air, sepeda gunung, dan berbagai aktivitas menarik lainnya. 

Keunikan dari Kubah Glamping ini adalah bentuk tendanya yang seperti kubah atau gelembung. Ukuran tendanya pun cukup luas yaitu 25 meter persegi. Harga penginapan di sini mulai dari Rp390.000 per malam. Kubah Bali Glamping juga membolehkan pengunjungnya untuk membawa hewan peliharaan.

6. Pinggan Glamping Hill

Pinggan Glamping Hill dapat menjadi rekomendasi glamping di Bali selanjutnya. Letaknya berada di Banjar Pupuan Sari, Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Desa Pinggan ini hanya memiliki jarak sekitar 3,6 Km dari Gunung Batur. Kamu dapat menginap di Pinggan Glamping ini dengan berbagai pilihan kamar. Kamar dengan tipe seluas 25 meter persegi kamu cukup membayar biaya kamar dengan harga Rp460.000 per malam. Biaya tersebut juga sudah termasuk dengan fasilitas sarapan di glamping.

7. Ekommunity Glamping

Melipir ke bagian selatan Bali, terdapat glamping yang dapat menjadi rekomendasi
selanjutnya. Ekommunity Glamping terletak di Jl. Kayu Putih, Munduk, Kabupaten Buleleng. Glamping ini memiliki beberapa fasilitas contohnya seperti taman, aktivitas outdoor, Wifi dan lainnya. Kamu juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah. Kamu juga dapat berwisata ke Air Terjun Munduk yang jaraknya hanya 700 meter dari glamping ini. Tenda di sini seluas 16 meter persegi sudah dilengkapi dengan tempat tidur double bed, balkon, brankas, dan berada di tengah perkebunan dengan latar pegunungan yang indah. Jika tertarik, kamu dapat melakukan glamping dengan cukup membayar mulai dari harga Rp655.000 per malamnya.

8. Damarwidi Glamping by Madhava

Jika kamu berencana berwisata ke Air Terjun Melanting, jangan lewatkan juga untuk menikmati wisata glamping di Damarwidi Glamping by Madhava. Lokasi tepatnya berada di Jalan Pedawa Desa Gobleg , Munduk, Kabupaten, Buleleng. Di sini terdapat tenda yang dapat kamu pilih dengan kategori couple dan family. Kamu dapat memesan tenda couple dengan harga mulai dari Rp353.000 per malamnya, sedangkan untuk tenda family kamu cukup membayar mulai dari Rp575.000 per harinya.

9. Bali Jungle Camping 

Sesuai dengan namanya Bali Jungle Camping menyediakan penginapan dengan nuansa yang berbeda. Lokasinya berada di Jalan Kebon Padangan, Tabanan, Bali, Pupuan, Kabupaten Tabanan. Kamu dapat menginap dengan dua pilihan tenda yaitu tenda berukuran standar dan tenda berbentuk glamping. Fasilitasnya pun cukup lengkap yaitu tempat tidur, jaringan WiFi, kipas angin, lampu, sofa, dan kamar mandi. Tempat glamping ini juga dekat dengan air terjun Blemantung. Jika kamu ingin melakukan glamping di sini, kamu cukup membayar mulai dari Rp580.000 per malamnya.

10. Igloo Glamping Bali

Keindahan Kintamani memang tidak ada habisnya, Igloo Glamping dapat menjadi rekomendasi glamping yang tepat bagi kamu yang berencana liburan ke Bali. Igloo Glamping ini berlokasi di Jl.Pura Yeh Panes - Songan, Kintamani, Kabupaten Bangli. Glamping ini menawarkan pemandangan sunrise dan sunset yang indah dari tenda yang kamu pesan. Di sini terdapat tenda seluas 12 meter persegi dengan fasilitas yang memadai. Mulai dari tempat tidur queen bed, lampu penerangan, dan kursi. Menariknya lagi tutupan atau atap tenda di sini berwarna bening. Kamu pun dapat menyaksikan pemandangan langit yang indah dari tempat
tidurmu.

Beberapa lokasi wisata glamping di atas dapat menjadi referensi  bagi kamu ketika berencana untuk wisata ke Bali. Kamu bisa mengatur jadwal dan menentukan wisata glamping mana yang kamu butuhkan. Glamping dapat menjadi pilihan terbaik sebagai alternatif mengisi waktu liburan akhir tahun nanti, tidak hanya harganya yang terjangkau, namun juga memiliki fasilitas yang memadai dan pemandangan yang indah.

Baca juga

Panduan wisata ke gunung bromo - jawa timur

Bagikan artikel ini