-->

Minggu, Desember 10, 2023

TIPS MEMILIH BENIH UNGGUL TANAMAN ORGANIK

"benih unggul"

Benih unggul tanaman organik adalah salah satu syarat wajib dipenuhi kalau ingin mendapat hasil panen yang melimpah. Mengapa tidak ?

Musababnya 50 persen keberhasilan dalam bercocok tanaman di tentukan dari benih unggul yang digunakan. Sisanya dipengaruhi oleh faktor pemupukan, irigasi, pengendalian hama dan sebagainya.

Walau sudah cukup tersedia sarana produksi lain namun bila kita gunakan benih bermutu rendah maka hasil panennya juga akan rendah, begitu kata Ir. Sarjiyah, MS,  salah seorang dosen Jurusan Agroteknologi pada Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam sebuah seminar.

Baca juga

sistem irigasi ramah lingkungan, hasil panen melimpah

Dalam jurnal penelitian agribisnis indonesia volume 10 nomor 2 tahun 2022, Santi Sulistya Nugraheni dkk dalam penelitiannya berjudul pengaruh penggunaan benih bersertifikat terhadap produksi dan efisiensi teknis usaha tani kentang membeberkan temuannya, bahwa ada pengaruh siginifikan penggunaan benih terhadap hasil produksi unggul tanaman kentang.

Nah, untuk memilih benih unggul  tanaman organik tersebut, ada beberapa syarat perlu anda perhatikan baik-baik, jangan sampai terlewatkan sama sekali. Be rikut saya bagikan tips memilih benih unggul menurut pengalaman saya pribadi.

1. dengan Lingkungan

Salah satu ciri benih unggul ialah mampu beradaptasi dengan lingkungan, karena banyak jenis tanaman hanya bisa ditanam pada keadaan tertentu. Petani harus bisa memilih mana tanaman yang bisa ditanam pada daerah dataran tinggi dan mana tanaman yang bisa ditanam pada daerah dataran rendah. Misalnya saja pada tanaman kubis, tanaman ini pada asalnya tidak bisa ditanam di dataran rendah.

Kabar baiknya, dengan berbagai percobaan yang dilakukan oleh para peneliti, kubis, brokoli, kembang kol dan keluarga kubis-kubisan lainnya bisa ditanam di dataran rendah. Jadi, ketika petani ingin mencoba menanam pohon pisang bisa memilih jenis varietas yang dikhususkan untuk dataran rendah.

Kini sudah banyak pabrikan seperti panah merah mengeluarkan varietas kubis dataran rendah. Hasil yang diperoleh juga hampir mirip dengan yang ditanam di daerah dataran tinggi. Namun tentu saja petani harus mengimbangi dengan pemupukan, penyemprotan pestisida nabati dan pencegahan dengan menambahkan tanaman refugia di sekitar tanaman utama.

2. Toleransi terhadap  Hama dan Penyakit

"font-family: arial;">Untuk tanaman yang memang diperuntukkan pada daerah tertentu umumnya mempunyai tingkat resistensi kepada penyakit dan kemampuan adaptasi yang lebih tinggi. Tidak mengherankan penggunaan pestisida akan menurun bila dibandingkan jika menggunakan benih yang kurang unggul .

Kemampuan resistensi pada penyakit dan hama oleh tanaman secara langsung akan meningkatkan hasil panen. Ini karena penyerapan nutrisi oleh tanaman tidak terganggu oleh adanya hama dan penyakit . Jadi tanaman akan menghasilkan tanaman yang lebih sehat bebas, penuh nutrisi dan bebas bahan kimia.

Apabila benih tanaman hortikultura yang dipilih sudah toleran dan cukup resistan terhadap hama dan penyakit maka penggunaan dari bahan sintetis akan berkurang. Hal ini selaras dengan prinsip pertanian organik yang memang tidak mempergunakan pupuk atau pestisida secara kimia pada tanamannya.

3.Memiliki Label dan Sertifikat

Syarat lainnya dari benih unggul dari tanaman organik adalah punya label dan sertifikat. Kepemilikan label dan sertifikat berarti benih tersebut sudah mengalami pengecekan secara menyeluruh oleh instansi pemerintah yang terkait. Label dan sertifikat menyatakan bahwa benih tersebut telah benar-benar memiliki daya kecambah yang tinggi.

Hal ini berarti bahwa bibit tanaman itu masih aktif dan tidak mati. Jadi ketika melakukan pembelian selain ada label dan sertifikat juga lihat masa kadaluwarsa dari benih tersebut.

4. Cepat berbuah

Pada point nomor empat ini, sudah pasti menjadi dambaan dan harapan setiap petani manapun. Pada tanaman buah-buahan, pilihlah benih hasil okulasi karena cepat sekali berbuah. Pada jenis tanaman hortikultura atau  pangan, benihnya sudah bersertifikasi.

Itulah beberapa syarat benih unggul, pemilihan ini merupakan pintu gerbang dari hasil panen yang melimpah di masa mendatang. Baca juga

8 cara pengendalian hama secara alami

Bagikan artikel ini