-->

Selasa, Januari 14, 2020

6 MERK ROUTER YANG BAGUS DAN BANYAK DI PAKAI ORANG


"merk router yang bagus"
Salah satu bagian penting yang tak terpisahkan di saat memasang wifi adalah perangkat router. Router merupakan sebuah alat yang punya manfaat untuk mengirim sinyal internet ke jaringan yang lain. 
 
Tanpa router mustahil anda bisa menerima sinyal wifi,baik itu di smartphone android atau laptop pribadi anda.

Sebenarnya router ini fungsi utamanya memancarkan sinyal wifi pada perangkat sekitar yang bisa menangkap, cuma akar masalahnya sinyal wifi itu daya jangkaunya sangat terbatas  cuma berjarak sekitar 30 meter dari titik lokasi router itu di pasang.
 
Baca juga

Diluar jarak 30 meter tadi, sinyal wifi sudah tidak dapat di deteksi oleh perangkat smartphone android atau laptop.  

Nah pada keadaan seperti inilah, butuh router tambahan untuk memancarkan ulang sinyal wifi dari router yang pertama tadi. 

Caranya cukup dengan memanfaatkan jalur koneksi port yang ada di belakang router namun di tambah dengan sedikit utak-atik alamat  internet protocol (IP) di masing masing router tersebut. Untuk cara setting IP belum akan bahas pada posting ini, karena cukup panjang dan dalam ulasannya.  

Jenis-jenis Router

Dewasa ini hasil pantauan saya, ada  banyak sekali jenis-jenis router yang beredar luas di pasaran dengan kualitas cukup bagus. Soal harga, rata-rata setiap jenis router  ini di bandrol pada angka Rp. 500.000 sehingga bisa terjangkau untuk kalangan menengah ke atas.  

Bagi anda yang masih bingung  memilih router, coba simak ulasan berikut ini menyangkut kelebihan beberapa merk router yang sudah banyak dipakai orang. 
  

1. Merk Router TP-Link  

Untuk posisi nomor satu ini sengaja saya taruh di posisi pertama, karena selain saya menggunakan jenis router ini, juga merupakan salah satu merk router yang paling diminati bagi pemburu sinyal wifi. Kelebihan router ini terletak pada  : 

a. Tanda indikator sinyal wifi bisa sampai  5 bar  

b. Tahan Lama dan tidak cepat panas  

c. Transfer data  lewat jalur wireless cukup cepat  

d. Berfungsi ganda sebagai repeater  

e. Memiliki 5 socket eksternal   

2. Merk router mikrotik  

Router yang kedua ini, dari sisi fungsinya lebih canggih lagi dari merk router  tp-link yang pertama tadi. Alasannya, merk router ini menyediakan beberapa fitur tambahan yang tidak saja sebagai pembagi sinyal antar jaringan, tapi bisa digunakan juga sebagai internet service provider, provider hospot.  Kalau anda berniat menekuni bisnis sewa menyewa hosting, maka anda bisa menjatuhkan pilihannya menggunakan merk router mikrotik. 

3. Merk router Cisco  

Setingkat di atas dari merk router mikrotik yang kedua tadi, adalah cisco. Merk router ini banyak dipakai pada perusahaan-perusahan besar yang mengandalkan system kerjanya berbasis jaringan. 

Banyak perusahaan mengakui, merk router cisco ini cukup handal dan dianggap merupakan terbaik karena dilengkapi dengan fitur manajemen network. 

4. Merk Router Tenda 

Berdasar informasi yang bisa saya rangkum di situs resminya, router tenda di klaim memiliki kelebihan dalam soal pancaran sinyal wifi yang bisa 2 kali dinding tembok yang tebal, dimana sulit dilakukan oleh merk router yang lain. Kapasitas pengiriman data bisa mencapai 1167 mbps, dengan menggunakan 4 antena 5dBi Hg. 

Saya pikir, bagi anda yang kondisi  rumahnya bertingkat  maka merk router tenda bisa dipertimbangkan dipasang di rumah anda.   

5. Merk router Huawei  

Teringat saat dulu ketika mau akses internet saya sangat sering menggunakan modem huawei, dan yang pasti pulsa paket data harus jadi korban. Tapi kini, telah hadir router huawei WS 331C, dengan design tampilan yang minimalis dan dilengkapi dengan dua antena pemancar sinyal wifi.  

Pun tidak lupa oleh perusahaan memproduksinya yang berbasis di korea selatan sana, telah memasang 4 jalur port Ethernet 10/100 Mbps. Soal harga, cukup murah  hanya Rp. 400.000.  

6. Merk Router Asus  

Asus ternyata tidak hanya merupakan brand notebook atau smartphone saja, namun sudah dikembangkan dan digunakan pula pada produk router yang diproduksinya. 

Kelebihan utama produk yang mengusung brand asus, adalah kebal dan tahan lama dari potensi kerusakan. Untuk routernya sendiri di bekali dengan kemampuan dual band hingga mencapai 1,9 Gbps. 

Jadi jika dinding tembok kantor atau rumah anda setebal tembok  benteng besar di china bakal tidak masalah, sinyal wifinya bisa tembus ke mana-mana. Pun sudah dilengkapi dengan fitur aiprotection, sehingga aman untuk browsing internet.

Itulah 6 merk router yang berdasar investigasi saya sering sekali di pakai orang. Namun perlu saya ingatkan, kendati sudah menggunakan merk router yang berkualitas dan tidak diragukan lagi di antara ke enam merk router tadi, dan tiba-tiba harus menelan pil pahit sinyal wifinya bak kuntilanak, datang tak di undang dan pulang tak di antar, ini bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor.  

Saya sudah bahas persoalan ini pada artikel saya yang lain, coba ikuti ulasannya  di link berikut

Bagikan artikel ini