-->

Jumat, Desember 27, 2019

SOLUSI JITU, MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET HANDPHONE ANDROID

"mempercepat koneksi internet"

Di Era digital yang semakin tidak memiliki warna bendera, pengguna handaphone android mudah saja menembus batas ruang antar negara untuk mengakses informasi yang beredar. 
 
Sudah barang tentu, koneksi internet menjadi suatu tuntutan keharusan. Tanpa koneksi internet yang bagus dan stabil, anda mustahil bisa sesuka hati mendapatkan informasi itu.

Fenomena sosial yang muncul dan bila kita cermati secara teliti, masyarakat luas sangat haus akan informasi, sehingga kelihatan mereka rasanya begitu enggan berpisah walau itu hanya sedetik saja dengan smartphone androidnya.

Terbukti,  ruang publik mana saja, entah itu di halte, mall, warung kopi, saat ada jeda untuk duduk atau menunggu, selalu saja yang di utak-atik pertama adalah handphone android kesayangannya. 

Kembali lagi pada judul posting ini, jadi koneksi internet yang bagus dan stabil perlu anda siapkan. Cuma masalahnya, terkadang saat browsing tiba-tiba saja koneksi internet di android kita seperti kehilangan daya gempurnya membuka sebuah situs yang kita tuju. 

Baca juga

Tindakan awal menghemat baterei pada smartphone

Nah, bagi anda yang sering mengalami masalah seperti itu, maka alangkah baiknya perlu tahu dulu sumber penyebabnya koneksi internet menjadi lambat.  

Penyebab Koneksi Internet lambat

Ada banyak hal yang cukup banyak memberikan kontribusi lambatnya koneksi internet itu, seperti :
 
1. Banyak aplikasi yang terbuka sekaligus
   Sebelum kita browsing di internet, biasanya tangan kita suka gatal membuka berbagai aplikasi (facebook, IG, twitter) untuk sekedar mengintip berbagai komentar teman sereriungan. Nah, tanpa sadar aplikasi yang kita buka lupa di tutup kembali, sehingga pada saat browsing posisi aplikasi yang kita buka sebelumnya dalam keadaan standby. Ini merupakan faktor yang  cukup berpengaruh pada koneksi internet android kita.  
 
2. Cache memori penuh
Tidak banyak orang yang mahfum dengan namanya cache memori handphone. Mereka pikir, jika sudah memasang memory eksternal dengan kapasitas besar maka sudah terbebas dengan urusan koneksi internet yang lambat. Tidak, itu dugaan yang keliru, saat kita browsing internet semua aktivitas buka tutup situs akan direkam dan disimpan sementara dalam system penyimpanan internet handphone (cache memori). 

Mengapa harus disimpan ?

Secara otomatis system handphone android kita mengatur sedemikian rupa agar saat kita mengunduh sebuah situs  bisa lebih cepat karena informasi itu masih tersimpan di memori internet android kita.  

Menjadi soal disini, bahwa kapasitas cache memori yang disediakan oleh system, kapasitasnya sangat terbatas sehingga suatu saat akan penuh. 

Muncul pertanyaan, bagaimana menghapus cache memori ini ?  

  Jawabannya akan saya ulas sesudah topic ini, jadi pastikan anda membaca terus.   

3. Serangan virus
Akibat sering  mengunduh internet, tanpa sadar anda pernah mengakses  file tertentu yang  berisi virus. Virus sudah tak dipungkiri, umumnya memiliki daya rusak yang tinggi terhadap suatu system. 

   Virus joker, filecoder, gooligan merupakan contoh jenis virus yang suka menyerang handphone android. Akibatnya, kinerja aplikasi yang terpasang di android kita jadi lambat, pun secara berantai akan mempengaruhi koneksi internet.  

4. Setting jaringan salah
Salah dalam konfigurasi jaringan, maka kita tidak akan bisa browsing internet sama sekali. Kabar baiknya, semua jenis handphone android yang beredar saat ini, konfigurasi jaringan internetnya terisi secara otomatis. 

    Namun untuk jenis handphone versi jaman dulu, konfigurasi jaringannya harus kita buat sendiri terutama di bagian proxy, VPN, username, password. Kesalahan di tiga bagian yang saya sebutkan terakhir tadi, akan menjadi sumber perkara lambatnya koneksi internet.  

5. Jaringan internet lambat
Menjadi rahasia umum di kalangan netizen, jaringan internet tidak selamanya bagus. Apalagi saat terjadi hujan, biasanya sinyal android akan naik turun, apalagi jika di lokasi anda berada di kelilingi pepohonan atau gunung-gunung dan jauh dari base transfer system (BTS), sudah pasti anda akan kerap mengeluh karena koneksi internetnya yang tiba-tiba hilang. 
 
Itulah 5 sebab yang umumnya menjadi biang kerok koneksi internet handphone android kita menjadi payah. 

Lantas bagaimana mengatasinya ?

Mempercepat koneksi internet handphone android

Sekarang saya asumsikan anda sudah tahu sebab koneksi internet menjadi lambat. Untuk mengatasinya, silahkan simak baik-baik tips berikut :
 
1. Tutup aplikasi yang terbuka
    Banyak aplikasi yang terbuka sebagaimana diurai sebelumnya menjadi salah satu biang keladi lambatnya koneksi internet android, maka solusi sederhananya, anda harus tutup satu persatu aplikasi yang terbuka itu. Sisakan hanya aplikasi yang mau anda gunakan saja.  

2. Hapus cache memori
Cache memori yang penuh, bisa di atasi dengan dua cara yakni secara manual dan dengan menggunakan aplikasi tertentu. Kalau anda hendak menggunakan cara manual, caranya lewat tap setting dan pilih menu aplikasi dan notifikasi, selanjutnya buka menu info aplikasi. 

Akan Nampak sejumlah aplikasi yang sudah terpasang di handphone android kita. Tinggal klik salah satu aplikasi yang terpasang itu dan pilih menu penyimpanan dan memori, segera akan muncul pilihan  hapus cache. Intinya pekerjaan hapus cache ini, di kerjakan satu persatu pada aplikasi yang terpasang. 

    Kalau tidak repot, gunakan saja aplikasi yang akan menghapus sekaligus cache memori di setiap aplikasi. Dalam playstore tersedia banyak sekali aplikasi yang menawarkan fasilitas untuk menghapus cache memori, beberapa diantaranya yang bisa anda pilih yaitu clean master atau ccleaner.  

3. Bersihkan virus
     Untuk mengatasi persoalan virus yang menyerang system android kita, maka ada banyak pilihan anti virus yang bisa digunakan yaitu, antivirus 2019, 360 security, avast antivirus dsb. Silahkan pilih salah satu, namun saya rekomendasikan gunakan saja antivirus 2019, karena feature yang disediakan sangat lengkap dan mampu mendeteksi virus secara mendalam.  

4. Setting internet benar
    Untuk solusi yang keempat ini, tidak terlalu sulit, bagi anda pemilik handphone antik, untuk masalah konfigurasi setting internetnya harus sesuai dengan jenis kartu simcard yang anda pakai. Silahkan browsing di google, anda akan mudah menemukannya. 

5. Perkuat koneksi sinyal internet
Soal koneksi internet yang lambat karena  posisi lokasi  anda yang kurang menguntungkan, solusinya sederhana, cukup anda pindah ke lokasi yang diperkirakan sinyalnya bertebaran dan bebas hambatan. 

Namun kalau koneksi internet lambat karena provider, terlalu sulit untuk diatasi. Solusinya, cuma banyak berdoa saja semoga koneksi internetnya cepat stabil kembali. 

Itulah beberapa sebab sekaligus solusi yang mudah anda praktekan guna mengatasi koneksi internet handphone android anda yang suka lambat, semoga bermanfaat.

Baca juga
Panduan memperbaiki  handphone android mati total
Bagikan artikel ini