-->

Sabtu, Desember 28, 2019

CARA MEMPERKUAT SINYAL WIFI, 100 % AMPUH

"memperkuat sinyal wifi"
Bagi anda yang selalu berkecimpung dengan urusan administrasi kantor, pasti akan selalu tidak terlepas dengan wifi. 
 
Namun sangat mengesalkan jika lagi asik bekerja menggunakan wifi, tiba-tiba sinyal wifinya lambat atau bahkan hilang sama sekali. 
 
Perlu anda tahu, kuat tidaknya sinyal wifi itu tergantung pada kekuatan sinyal router yang dipancarkan. 
Di jalur antara titik akses wifi dan perangkat router yang terhubung, kekuatan sinyal wifi itu akan menentukan kecepatan datanya (bandwidth)

Nah, gunakan cara berikut yang saya ulas di posting ini untuk memperkuat koneksi sinyal wifi anda Sebagai pengetahuan dasar, setiap jenis router yang digunakan, kekuatan sinyal wifinya akan berbeda juga

Baca juga

Perbedaan ini disebabkan karena utilitas alat wifi itu sendiri dalam mengumpulkan sampel sinyal wifi yang bertebaran di udara  kemudian di laporkan dalam bentuk peringkat

Biar lebih jelas, coba arahkan kursor atau mouse notebook   di sudut kanan bawah notebook yang anda gunakan, disana kalau sinyal wifinya lagi bagus akan muncul keterangan bagus (excellent) tapi kalau sinyal wifinya lagi sepi, keterangan yang muncul buruk (no network).  

Bandwidth jaringan berbeda dengan kekuatan sinyal wifi . Bandwidth jaringan menunjukkan kecepatan dan besarnya data yang bisa dikirim dan ini  disediakan oleh Internet Service Provider ( ISP).

Adapun kekuatan sinyal wifi menunjukkan kemampuan router mengirim gelombang ke titik akses wifi di seluruh area yang ada .

Gunakan Utilitas wifi bawaan

Kalau komputer atau notebook anda menggunakan microsoft windows atau sistem operasi lainnya , maka pada dasarnya di system operasinya sudah mengandung utilitas bawaan yang berguna untuk memonitor  koneksi jaringan nirkabel ini.

Jadi kita dengan mudah dan cepat dapat melihat dan mengukur kekuatan sinyal wifi saat itu

Biasanya ada lima bar yang terlihat pada icon internet access pada pojok kanan bawah notebook atau komputer kita, dan ini memperlihatkan  kekuatan sinyal wifi.

Posisi sinyal wifi satu bar, itu tandanya koneksi sinyal wifi paling buruk dan lima bar itu berarti sinyal wifi kategori terbaik. 

Kalau icon koneksi jaringan tidak muncul di notebook atau komputer kita, lantas bagaimana cara untuk menemukannya ? 

Nah, untuk bisa menemukan koneksi jaringan di Microsoft Windows, caranya mudah saja, anda buka menu control panel, kemudian pilih menu Network and Internet , selanjutnya klik di menu bertuliskan Network Connections.

Akan tampak nama jaringan atau titik akses wifi yang masuk dalam jangkauan notebook atau computer. Tinggal klik kanan di mouse atau notebook kita dan pilih Sambungkan.

Pembaca, bagi yang menggunakan system operasi macintosh, indikator sinyal WiFi akan terletak di pojok kanan sebelah atas layar dekstop

Sedikit berbeda untuk sistem operasi linux, sinyal wifi bisa dilihat tapi terlebih dahulu harus diketik sebuah perintah ( iwconfig wlan0 | grep -i --color signal ), maka tingkat sinyal wifi  muncul di jendela terminal:

Sinyal Wifi di smartphone Android atau Tablet

Perangkat seluler apa pun yang punya fasilitas internet memiliki menu aplikasi yang dapat memperlihatkan kekuatan sinyal wifi yang masuk dalam jangkauannya . Sebagai contoh, pada iPhone, coba buka aplikasi pengaturan (setting) , lalu pilih maka sinyal wifi dari jaringan manapun akan bisa dilihat.

Untuk smartphone android, bisa dilihat dalam menu setting (pengaturan), di situ ada menu wifi atau Jaringan. Pilih wifi yang sedang dipakai , kemudian klik ikon roda gigi di samping jaringan yang sedang tersambung ke android kita Terlihat kekuatan sinyal wifinya

Yang paling mudah untuk mengukur sinyal wifi, unduh saja aplikasi gratis di playstore, Wifi Analyzer Aplikasi ini secara visual dalam bentuk dBm akan menampilkan kekuatan sinyal wifi semua jaringan yang  terdeteksi

Perkuat sinyal wifi 

Banyak rupa-rupa cara untuk memperkuat sinyal wifi, ikuti ulasan saya berikut ini :
 
1. Pakai aplikasi wifi network signal speed booster
   Aplikasi penguat sinyal wifi sebetulnya sangat banyak berserakan di playstore, tapi disini saya rekomendasikan anda gunakan penguat sinyal wifi speed booster saja. Apikasi ini cukup paripurna kemampuannya, karena mampu membuat sinyal wifi itu tetap stabil kendati di pakai oleh segerombolan pemakai.   

2. Selalu update aplikasi firmware
Salah satu penyebab anjloknya sinyal wifi adalah dari firmware yang digunakan dalam system operasi. Firmware tidak lain adalah aplikasi yang selalu mengontrol berbagai tugas pokok low level yang dikerjakan semua perangkat keras yang terpasang.  
 
Jadi, cukup vital firmware ini, jika menggunakan versi kuno aplikasi pengontrol ini maka bisa jadi mempengaruhi kekuatan sinyal wifi yang bisa ditangkap. 

  Cara update firmware ini, lewat menu pengaturan (setting) dan pilih about phone > System/Software Update

3. Jangan banyak orang gunakan wifi
   Cara ketiga ini bisa saya katakan khusus bagi orang pelit, tapi demi memperkuat sinyal wifi maka harus dipastikan password yang kita taruh dalam network cukup unik dan sebaiknya menggunakan kombinasi huruf dan angka. Tujuannya cuma satu, biar tidak bisa dibobol orang-orang yang ada disekitar router kita. Artinya anda saja seorang diri yang menggunakan sinyal wifi itu.   

4. Posisi router di pindah
   Router yang terlalu berdekatan dengan alat elektronik lain semisal televisi atau perangkat radio, gelombang sinyal wifi  yang dipancarkan kurang menusuk akibat diganggu gelombang lain dari perangkat televisi atau radio. Sadar akan hal ini, maka segera pindahkan router itu dari sekitar perangkat elektronik anda.   
 
5. Gunakan router yang bagus
Tidak semua jenis router kemampuan memancarkan wifinya baik, maka dari itu memperkuat sinyal wifi bisa dengan cara mengganti router yang dipakai saat ini. 

Ada banyak jenis dan merk router yang di jual bebas lewat beberapa toko online ternama, dan kalau saya sendiri menggunakan merk TP-link. Router ini cukup baik, stabil dan cepat sinyal wifinya dengan jangkauan bisa mencapai 30 meter. 

Pembaca, itulah 5 cara memperkuat sinyal wifi berdasar pengalaman saya sendiri atau pengalaman dari seorang teman karib, semoga bermanfaat.

Baca juga

Bagikan artikel ini