[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: ARTI, ALASAN, JENIS TOPIK, SERTA CARA MENULIS ARTIKEL DAN LANGKAH MEMBUAT BLOG WALLPAPER
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Tuesday, January 02, 2018

ARTI, ALASAN, JENIS TOPIK, SERTA CARA MENULIS ARTIKEL DAN LANGKAH MEMBUAT BLOG WALLPAPER

Pikiranku
Menulis artikel berbentuk Blog wallpaper tampaknya belum menjadi tradisi budaya yang diusung di kepala para blogger. Awalnya saya mengira blog wallpaper adalah istilah yang baru di dunia blogging, sempat saya juga awalnya bingung dengan tag line ini.  Konon katanya menulis artikel model blog wallpaper bisa meledakan jumlah pengunjung blog hingga ribuan.


Pun pernah si salah satu forum diskusi di ads.id saya membaca, pengalaman salah satu blogger yang menceritakan efek dahsyatnya menulis artikel dengan metode blog wallpaper.

Apa sebenarnya blog wallpaper itu ?

Arti Blog Walpaper

Walpaper dari segi bahasa sebenarnya adalah berasal dari bahasa inggris yang jika diterjemahkan ke dalam  bahasa Indonesia kurang lebih berarti blog yang ditempeli dengan kertas.

Lucu, kalau mengikuti pada pengertian ini, karena prakteknya tidak begitu. Bagaimana mungkin menulis artikel tapi imagenya diganti dengan foto kertas. Ini hal yang tidak masuk akal dan kurang bisa dikunyah akal sehat.

Lantas bagaimana menulis artikel dengan model  blog wallpaper itu ?

Jadi intinya dari blog wallpaper ini adalah blog yang isinya banyak menyematkan foto-foto di setiap menulis artikel.

Alasan harus menulis Artikel Model Blog Wallpaper

Seorang teman karib sereriungan pernah bertanya, kenapa ya manusia lebih suka melihat foto-foto atau gambar di banding membaca ? mungkin pertanyaan semacam ini juga mengalir disela-sela pikiran waras anda.

Biar jawabannya memuaskan dan masuk akal, maka saya kutip saja pendapat seorang ahli psikologi Bobby Hartanto, MPsi saat  konferensi bertajuk Smart Parents Membantu Orangtua Gali Potensi Anak Pada Golden Periode yang mengambil lokasi di Annex Building Wisma Nusantara Complex, Kamis 22/7/2010 (https://health.detik.com/read/2010/07/22/171007/1404800/763/otak-lebih-suka-gambar-dan-warna)

Baca juga
12 Jurus Kunci  Menulis Artikel

Bahwa otak manusia itu lebih suka dengan segala sesuatu yang bergambar dan berwarna. Karena gambar bisa memiliki sejuta arti sedangkan warna akan membuat segala sesuatu menjadi lebih hidup.

Jadi cukup jelas, bila  dalam sebuah posting artikel terdapat foto dan tulisan, maka otak manusia condong akan melihat dulu foto atau gambar yang terpampang di banding tulisan yang ada.

Bagi anda yang jarang update menulis artikel blog atau memang sudah malas, tidak ada salahnya menggunakan pola blog wallpaper ini.

Ada beberapa keuntungan menulis artikel menggunakan metode blog wallpaper ini :
  1. Menghemat waktu yang lebih banyak
  2. Tidak butuh dukungan data yang banyak saat menulis artikel
  3. Pembaca lebih betah berlama-lama melihat foto dibanding membaca
  4. Cepat menaikkan jumlah pengunjung blog
Namun dibalik keuntungan ini, ada juga sisi kerugiannya.
  1. Pengetahuan kita tidak bertambah karena kurang membaca
  2. Berpotensi kena banned dari adsense karena mungkin sudah berlebihan menyematkan foto dalam artikel
Langkah membuat Blog Wallpaper

Ide untuk menulis artikel blog wallpaper ini bermula dalam sebuah kesempatan saat saya melakukan riset ke beberapa situs luar negeri. 

Disana saya menemukan   di salah satu satu situs thepioneerwoman.com yang sebagian besar artikelnya penuh dengan foto-foto.

Dilihat dari  segi content artikelnya tidak cukup panjang, kurang lebih 1000an kata tapi disela-sela uraiannya  banyak disisipi  foto-foto tentang langkah-langkah cara membuat kue.

Memang karena situs milik Ree Drumond itu menggunakan niche yang berhubungan dengan masakan, maka mau tidak mau cara menulis artikelnya harus menyertakan banyak foto disetiap artikel yang ditulisnya.

Apakah ini tidak berbahaya bagi yang menggunakan iklan adsense ?

Menurut hasil pengamatan saya  tidak, karena perayapan oleh robot mesin pencari selain didasar pada jumlah kata yang digunakan pada artikel, juga dengan memeriksa struktur data di artikel itu, khususnya di bagian komentar.

Yang terpenting, saat memposting artikel jangan cuma mengisinya dengan foto yang banyak, tapi harus ada juga keterangan atau sedikit ulasan. 

Soal ini sudah saya ulas panjang lebar di artikel saya sebelumnya.

Baca juga

Sebagaimana janji saya di artikel itu, maka posting ini saya akan fokuskan rahasia menulis artikel  lewat metode blog wallpaper.

Menulis artikel dengan metode blog wallpaper sebenarnya sangat gampang, karena tidak menuntut keterampilan olah dua jari yang tinggi di tambah referensi pengetahuan yang luas.

Kita menanjak sekarang pada cara membuat blog wallpaper itu sendiri. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan
1.Siapkan kamera atau smartphone dengan kualitas bagus, minimal 2 megapixel atau diatasnya.
2. Buat posting artikel, tapi sebelumnya  lakukan riset kata kunci  terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi adwords bawaan google.
3. Kalau anda berniat hendak menulis artikel tentang cara membuat suatu makanan, maka ambil foto urut-urutan tentang cara membuat makanan itu. Tapi bila bukan topik makanan, lakukan pencarian di google, image atau foto yang sesuai dengan isi artikel yang hendak ditulis. Edit terlebih dahulu seperlunya foto itu dengan bantuan aplikasi editing foto semisal adobe photoshop.
4. Unggah foto yang sudah diambil itu ke dalam posting artikel yang mau dibuat.
5. Beri sedikit ulasan keterangan minimal 100 kata untuk setiap foto yang diunggah itu
6. Jangan lupa, isi keterangan pada  image properties

Pikiranku

7.Nah, sekarang artikel anda sudah berbentuk blogwallpaper.

Jadi, cukup terang benderang, bahwa menulis artikel dengan model blog wallpaper itu mudah.

Kalau ada pertanyaan, berapa banyak foto atau image yang bisa disematkan pada sebuah artikel biar aman dari ancaman banned google ?

Jawabannya, minimal 25 buah. Ini saya ambil dari pengalaman ree drumond disitusnya thepioneerwoman. Bahwa jumlah foto yang dia sematkan saat menulis artikel tentang cara membuat makanan itu paling banyak 25 buah.

Topik yang Cocok di Buat Blog Wallpaper

Berbicara soal topik apa yang tepat untuk ditulis menggunakan model blog wallpaper, menurut hemat saya kita dapat semau-maunya menggunakan semua topik.

Asalkan foto atau image yang akan disematkan untuk mendukung konstruksi alasan yang kita ulas di artikel itu, tersedia.


Kalau tidak tersedia, maka dititik ini butuh sedikit kreatifitas anda untuk merancang foto atau gambar tersebut.  Cari saja di search engine google dengan menulis kata kuncinya, tidak berapa lama akan muncul ribuan gambar yang siap anda edit.
Pikiranku

Kalau masih kurang puas,  bisa juga anda kunjungi beberapa situs penyedia foto, gambar gratis berikut ini :

     1.  https://www.pexels.com/
     2.  https://commons.wikimedia.org/wiki/Main_Page
     3.  http://www.gettyimages.com.au/resources/embed
     4.  http://publicdomainarchive.com/
     5.  http://www.freeimages.com/
     6.  http://nos.twnsnd.co/
     7.  http://stokpic.com/
     8.  http://www.gratisography.com/
     9.  http://photopin.com/
    10. http://www.everystockphoto.com/

Kembali ke soal topik tadi, jika diposisikan maksud menggunakan foto atau gambar serta untuk memberikan arah yang jelas bagi pengunjung blog atau situs anda maka topik yang tepat untuk ditulis menggunakan model blog wallpaper ini adalah topik tentang “bagaimana untuk membuat (how to)”.

Mengapa topik seperti ini yang pantas dipilih ?

Ini dapat dijelaskan dengan menggunakan hasil penelitian Roger William Sperry seorang pemenang hadiah nobel di tahun 1981.

Dari hasil penelitiannya  ditemukan bahwa otak manusia terdiri dari dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri (http://www.momentumpedia.com/2014/12/Brain.Power.html)

Pikiranku

Adapun fungsi Otak Kanan manusia adalah
  1. a.  Untuk perkembangan emosi
    b.  Membangun hubungan antar manusia
    c.  Melakukan fungsi komunikasi
    d.  Pusat intuitif seni seperti menari, melukis, menyanyi
    e.  Pusat Pengendalian ekspresi manusia
    f.   Pusat mengembangkan  kreativitas
    g.  Pusat berpikir secara tidak terstruktur dan tidak detail
    h.  Menyimpan informasi   jangka panjang
Sedangkan fungsi Otak Kiri itu sendiri adalah
     a.  Pusat perkembangan intelegensia
     b.  Pusat pengembangan logika dan rasio
     c.  Pusat berpikir secara berurut dan sistematis
     d.  Pusat berbahasa verbal, berpikir linear dan terstruktur. 
     e.  Pusat Berpikir analisis dan bertahap.
     f.   Menyimpan informasi jangka pendek.  

Bisa anda lihat, bahwa jika berkaitan dengan bahasa maka fungsi otak kiri manusia cenderung  lebih kuat akan bekerja dibanding sebelah kanan.

Baca juga 
Imajinasi liar paling mustahil



Sehingga, kalau kita menulis artikel dengan topik “bagaimana untuk membuat (how to)” maka itu artinya  kita membidik target pengunjung blog yang fungsi otak kirinya lebih kuat.

Selain itu, topik “bagaimana untuk membuat  (how to)” yang dipadukan dengan metode blog wallpaper  akan menggiring fungsi otak kirinya pengunjung blog secara perlahan-lahan bekerja.  

Berapa banyak manusia yang menggunakan fungsi kedua bagian otaknya itu ?

Sejauh pengetahuan saya, hingga saat ini belum ada satupun hasil penelitian yang berani menyatakan jumlah persentase manusia yang kuat fungsi otak kanannya atau otak kirinya.

Kesimpulan

Menulis artikel berbentuk blog wallpaper adalah salah satu cara yang dapat kita ambil dan terapkan untuk menambah jumlah pengunjung blog.

Pola ini mengandalkan pada kekuatan jumlah foto atau gambar yang disisipkan di sebuah artikel. Cara membuat blog wallpaper ini cuma 6 langkah sederhana.

Soal topik apa yang akan ditulis dalam posting artikel, maka sangat disarankan berbentuk how to (bagaimana untuk membuat).

Ini bertujuan untuk membidik para pengunjung blog yang fungsi otak kirinya jauh lebih kuat di banding kanan.

Baca juga
Cara Meningkatkan Jumlah Pembaca, pengunjung Blog Dengan Cuma Memberi Komenta

Share artikel to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg

No comments:

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...