-->

Selasa, September 24, 2024

TELAAH SEJARAH ASHABUL KAHFI DALAM NASKAH LAUT MATI

 ashabul kahfi, naskah laut mati
Kisah  tujuh  pemuda Ashabul Kahfi adalah kisah yang sangat terkenal di kalangan umat Islam, umat Yahudi dan Nasrani. Kisah ini dalam Alquran   diceritakan pada  surat Al Kahfi yang berarti penghuni gua.

Kisah ini ternyata juga dapat ditemukan pada manuskrip naskah laut mati yang merupakan penemuan arkeologi terbesar abad 20. Diantara  900 manuskrip yang ditemukan itu pada beberapa gua  barat, salah satunya berisi kisah  tentang ashabul kahfi.
 
Baca juga
Fakta terselubung kelahiran yesus kristus (veri quran dan bilbe)

Naskah naskah laut mati atau kerap disebut juga  dead sea scroll tersebut juga menguak takbir sejarah kekristenan awal,  sejarah Yahudi abad 1 masehi,   serta  isyarat mengenai kebenaran Alquran.
 
Secara garis besar, ada empat kisah dalam surah al-kahfi pada al-quran, yang pertama adalah kisah tentang Ashabul Kahfi itu sendiri, kemudian yang kedua tentang kisah pemilik dua kebun,  ketiga kisah tentang Nabi Khidir dan Nabi Musa dan yang terakhir kisah tentang Zulkarnain.   
 
Sebagaimana kisah-kisah sejarah dalam Alquran,  surat Al Kahfi ini menceritakan tentang seorang Pemuda yang mengalami persekusi dari kaumnya sendiri bukan dari kekuatan luar bukan dari penjajah tetapi dari kaumnya sendiri.
 
Muncul sebuah pertanyaan di benak kita, lantas, bagaimana hubungannya antara kisah Ashabul Kahfi dengan naskah Laut Mati ?
 
Naskah Laut Mati ini sebenarnya ditemukan di tahun 1947 di tepi barat yang dahulu bagian dari kerajaan Yordania muslim atau bahkan dari wilayah usmaniyah.
 
Ditemukan tanpa sengaja oleh seorang pengembala kambing, di 11 gua  dengan total dokumen kuno sebanyak 900 gulungan.

Dokumen itu tidak pernah sekalipun tersentuh oleh manusia karena hasil uji karbon c 14 dari arkeolog, dipastikan usianya sudah 2000 tahun yaitu antara abad ketiga sebelum masehi hingga abad satu masehi.  
 
Kita tahu bahwa masa abad ketiga sebelum masehi dan abad satu msehi merupakan  masa-masa  paling berpengaruh dalam sejarah manusia. 
 
Sebabnya, karena ada peristiwa  kelahiran Nabi Isa atau Yesus hingga peristiwa penyalibannya. Jadi   ini salah satu fase yang sangat kritis dalam peradaban barat bahkan seluruh manusia .

Naskah Laut Mati ini diduga kuat oleh banyak peneliti bersinggungan dengan fase di mana yudaisme dan Kristiani berpisah, karenanya dokumen ini sempat ditutupi selama 7 tahun atau dari tahun 1947 sampai 1950.  
 
Alasannya, menurut Profesor robertson Man dan juga Michael beijin dan beberapa peneliti independen mengatakan bahwa di dalam dokumen naskah laut mati itu ada hal yang dapat menggugah atau merobohkan pondasi satu teologi agama tertentu.

Peneliti yang awal-awal meneliti naskah Laut Mati itu hanya sekitar 8 orang tetapi mereka menamakannya the international team padahal yang terlibat hanyalah Vatikan dan segelintir dari cendekiawan yudaisme

Nanti setelah mendapat tekanan dari para cendekiawan muslim internasional termasuk profesor robertson man, akhirnya mereka diperkenankan terlibat dalam penelitian.

Ternyata dalam dokumen naskah laut mati itu, terdapat isyarat surat ashabul alkahfi. Ingat naskah Laut Mati selama 2000 tahun tidak pernah terjamah sejak abad satu masehi hingga abad ke 20 saat ditemukan pertama kali.  
 
Jadi ada kesejajaran informasi soal ashabul alkahfi yang ada dalam al-quran dengan naskah laut mati. Ingat al-quran sendiri baru diturunkan abad ke 6, jadi ada jeda 600 tahun dengan dokumen naskah laut mati.

Jadi sudah diceritakan dalam naskah laut mati keberadaan kelompok ashabul Kahfi ini yang ternyata hidup di zaman abad 1 Masehi dan mereka adalah orang-orang yang mendukung dakwahnya Nabi Isa Alaihissalam.

Ketika naskah Laut Mati itu ditemukan mulai banyak penafsiran-penafsiran terutama dari kalangan Yahudi dan kalangan Kristiani.

Dan bagi kalangan kristiani, setelah mereka tahu isi naskah laut mati, akhirnya dilarang untuk di baca pengikut ajaran kristen, karena bisa merontokkan ajaran trinitas.
 
Umat muslim punya keyakinan apapun yang tertulis dalam Quran pasti bisa dikonfirmasi dengan dokumen kuno sebelum kemunculan al-quran semisal manuskrip naskah laut mati ini. 
 
Tidak hanya naskah laut mati ini yang menceritakan tentang ashabul kahfi namun, terdapat juga dalam dokumen paling kuno sebelum naskah laut mati yaitu

1. Manusskrip kode msz,
2. Saintilis Bird kodenya NSS 4 ditemukan di perpustakaan Rusia,
3. Gloria martium

Kalau ada kelompok orientalis mengatakan Rasulullah muhammad menjiplak kitab terdahulu, apakah masuk akal ?

Mengingat, ada jeda 600 tahun sejak al-quran turun dengan naskah dokumen laut mati ini, dan dari mana rasulullah tahu, sedangkan di sisi lain beliau tidak bisa membaca dan menulis.

Jadi Islam datang  sesungguhnya untuk menyempurnakan dan mengoreksi berbagai peristiwa masa lalu yang terkadang bercampur spekulasi sesat.
 
Baca juga
 

Artikel Terkait

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,