-->

Minggu, September 22, 2024

TERBONGKAR, FAKTA TERSELUBUNG KELAHIRAN YESUS KRISTUS ( VERSI QURAN DAN BIBLE)

Kelahiran yesus kristus atau isa almasih menuai perdebatan yang tajam antara 2 penganut ajaran yakni islam dan kristen. Pasalnya ada dua informasi yang berbeda soal tempat dimana yesus kristus itu dilahirkan.

Versi al-qur'an dikatakan Nabi Isa itu lahir di bawah pohon kurma sedangkan   dari penganut agama kristen  di dalam kitab lukas dan matius, menurut mereka Yesus kristus itu lahir di dalam kandang domba (lukas)  adapun  menurut matius dilahirkan di sebuah rumah penginapan.

Bahkan ada seorang apologet  kristen berpendapat bahwa yesus kristus dan isa almasih adalah dua sosok yang berbeda  karena ia melihat dua tempat kelahiran tersebut.

Lantas mana yang benar tempat kelahiran yesus kristus itu ?

Bahwasanya tuduhan Yesus kristus  lahir di bawah pohon kurma itu seperti termaktub dalam  al-qur'an adalah informasi yang keliru kata pengikut ajaran bible.

Seperti yang sudah diketahui umum, kitab suci al-quran itu diturunkan kepada nabi muhammad SAW pada abad ke 7 masehi.  

Sedangkan peristiwa dibicarakan oleh Quran yakni mengenai tokoh yang bernama  Maryam atau Bunda maria, ibunda yesus kristus   peristiwanya terjadi di abad pertama masehi melalui Surat Al Imran ayat 33 dan Surat Maryam ayat 16 sampai 40. 

Ada selisih waktu 600 tahun sejak peristiwa kelahiran yesus kristus terjadi hingga diceritakan dalam al-quran.

Nah dari sini kan kita mulai bertanya-tanya, kenapa  informasi al-qur'an tidak sinkron dengan informasi bible lukas tadi yang sudah ada lebih dulu,  

Injil-injil apokrifa

Kedudukan semua informasi dalam al-quran bersumber langsung dari Allah SWT,  dan informasi itu bisa ditemukan juga dalam kitab-kitab aprokrifa yang sudah beredar di abad pertama namun sayangnya beberapa kitab itu tidak diakui oleh pihak gereja atau di tolak.
 
Kenapa di tolak pihak gereja, sudah saya ulas dalam artikel saya sebelumnya kenapa injil barnabas itu dilarang di baca
 
Yang diterima, diakui dan dipakai penganut ajaran kristen hingga sekarang hanya kitab perjanjian lama di tambah kitab markus, martius, lukas dan yohanes.

Fakta sejarah bahwa pada abad pertama banyak sekali kitab-kitab yang terbit, dan informasi soal kelahiran yesus kristus di bahwa pohon kurma seperti diceritakan dalam al-quran, berada dalam isi kitab pseudo matius. 

Isi kitab ini banyak menceritakan tentang asal muasal bunda maria dan kehidupan masa kecil yesus kristus. Tapi sayangnya, kitab ini masuk kategori  aprokrifa yang ditolak oleh pihak gereja untuk dipakai.
 
Berikut beberapa bible  apokrifa yang ada dalam daftar kepausan gereja untuk di tolak yaitu   Yakobus,  pseudeo matius,   thomas,  kemudian  Ibrani,  Maria, kitab henokh,  termasuk juga  Barnabas.
 
Konon katanyan bible apokrifa itu ditulis tidak di ilhami oleh roh kudus, sedangkan kitab kanonik (markus, lukas matius, yohanes) penulisannya di bimbing oleh roh kudus.
 
Kalau bible   pseduo matius  itu di tolak karena masuk daftar injil apokrifa, maka otomatis informasi kelahiran yesus di bahwa pohon kurma dalam al-quran pun gugur.
 
Menariknya, ada beberapa informasi dalam kitab markus, lukas, matius, yohanes berasal dari sumber bible apokrifa dan itu diterima dan diakui, ini aneh dan janggal serta tidak konsisten.

Misal, bible  yakobus  menyebutkan nama yoahim sebagai ayah dari Bunda Maryam  tapi  nama itu diterima dalam 4 kitab kanonik.  Sedangkan soal kelahiran yesus kristus yang lahir di bawah kurma dalam kitab pseduo matius  di tolak pihak gereja. 

Padahal bible yakobus dan  pseduo matius masuk dalam daftar kitab-kitab apokrifa.
 
Ini ada sesuatu yang misteri, contoh lain adalah surat yudas pasal 1:14 yang ada dalam perjanjian baru, sumber informasinya di ambil dari kitab henokh  yang masuk kategori inil apokrifa. Tuh kan tidak konsisten lagi.
 
Jadi kalau al-qur'an berkata bahwa Isa Almasih atau Yesus Kristus lahir di bawah pohon kurma itu  tidak boleh dikatakan informasi yang keliru.
 
Pun terdapat perbedaan soal tempat kelahiran yesus antara  bible  Matius dan bible Lukas, matius mengatakan di rumah sedangkan lukas bilang di palungan.
 
Kesetaraan informasi   

Berikut beberapa informasi dalam al-quran yang memiliki kesetaraan dengan kitab-kitab aprokrifa, 
  1. Ada dalam Alquran sebuah kisah Yesus membuat burung dari tanah liat dan itu hanya ada juga dalam kitab thomas.
  2. Yesus kristus  dilahirkan di bawah pohon kurma ada di dalam kitab  psudeo matius
  3. Bunda maryam dipelihara di rumah Suci Baitullah di masjid aqsa atau bethamiqedas di Yerusalem,  ada di dalam Kitab  Yakobus.
Jadi, sebenarnya sebelum muncul ajaran kristen melalui aktor utama santo paulus, sudah ada kitab-kitab sebelumnya yang menceritakan tentang kisah kelahiran isa al-masih.
 
Namun kisah itu tidak cocok dengan doktrin ajaran kristen, sehingga perlu di tolak, akan tetapi informasi yang lain malah di terima.   

Mari merenung, berpikir, menelaah misteri di balik sejarah kelahiran yesus kristus yang begitu fenomenal.

Baca juga

Artikel Terkait

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,