-->

Kamis, September 19, 2024

KENAPA MEMBACA INJIL BARNABAS ITU DILARANG ?

injil barnabas

Banyak sekali orang masih bertanya-tanya sebetulnya Injil  Barnabas itu apa sih, 

Kenapa sih Injil Barnabas  menjadi momok tersendiri dalam tanda kutip terhadap orang-orang Kristen sehingga Injil ini harus dijauhkan dari umat bahkan tidak boleh beredar .

Ada rahasia apa dibalik injil barnabas itu ?

Injil barnabas merupakan salah satu dokumen yang masuk dalam teks kuno dan kalau kita bicara mengenai  teks-teks kuno maka kita harus melepaskan diri kita dari doktrin agama yang berkaitan dengan iman

Ini menjadi penting biar kita bisa melihat dokumen injil barnabas apa adanya  dan benar-benar obyektif.

Injil Barnabas  dalam konteks kajian filologi  termaktub dalam satu dokumen yang paling tua yang  disebut De grritum gelasianum 

Baca juga

yesus disalib atau tidak disalib, mana yang benar

Apa itu maksudnya degritum gelasianum ?

Yaitu sebuah keputusan resmi  dari kepausan yang dikeluarkan secara official oleh Paus gelasius.

Paus gelasius itu memerintah sebagai seorang paus pada abad kelima selama 4 tahun mulai dari tahun 492 sampai 496 masehi.

Nah istilah Injil Barnabas itu  tercantum dalam keputusan kepausan itu dengan sebutan evangelium itu barnabai yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi Injil Barnabas 

Lantas, apakah cuma Injil Barnabas saja yang tercantum dalam keputusan resmi gerejawi yang disebut degritum gelasianum  ? 

Tentu saja tidak, masih  ada juga Injil Injil lain yang tercantum dalam dokumen degritum gelasianum di antaranya adalah evangelium yakobi  atau disebut Injil Yakobus, injil thomas dan beberapa injil dalam kategori injil apokrifa.

Dalam keputusan itu,  paus gelasius membuat daftar berisi nama-nama Injil yang dilarang untuk dibaca.

Mengapa  ada  larangan  oleh  pemimpin gereja tertinggi   paus gelasius ?

Larangan terkait membaca injil barnabas sebenarnya sudah ada sejak tahun 382 oleh gereja-geraja barat oleh paus inosen sebelum adanya keputusan kepausan.

jadi, degritum gelasium sebetulnya hanya penegasan ulang  yang melarang umat kristen membaca dan mengakses injil barnabas.

Sebenarnya isi kitab injil barnabas  secara garis besar, sedikitnya menyinggung 4 topik yang beririsan dengan ajaran islam  yaitu

  1. Yang disalibkan itu bukan Yesus tapi yang disalibkan itu adalah Yudas 
  2. Ketika Yesus berdialog dengan perempuan Samaria  ternyata dalam dialog itu ditegaskan Kamu tidak akan menyembah di Gunung ini ataupun di gunung itu tapi kamu akan beribadah di satu tempat  
  3. Yang  disembelih itu bukan Ishak tapi Ismail 
  4. Berbicara  mengenai kerasulan nabi Muhammad SAW

Pertanyaan auto kritiknya,  bagaimana kita bisa tahu empat topik itu yang menjadi alasan kenapa  Injil Barnabas dilarang,  

Ini dapat kita konfirmasi dari Injil Barnabas yang ditemukan  oleh seorang tokoh bernama framerino di  tempat kepausan itu sendiri yaitu pada perpustakaan.

Berarti ada koneksitas di sini,  ada hubungan pelarangan terjadi pada masa paus gelasius pada tahun 492 atau 496 masehi kemudian ternyata teks Injil Barnabas yang sampai kepada kita itu juga ditemukan di perpustakaan kepausan 

Masalahnya injil barnabas itu tertulis dalam bahasa Italia,  bukan tertulis dalam bahasa Suryani atau Yunani,  bahkan juga bukan tertulis dalam bahasa Latin

Bahasa italia di maksud di sini adalah bahasa italia kuno yang biasa di sebut juga bahasa latin. 

Para ahli filologi mengidentifikasi temuan dokumen injil barnabas itu adalah manuskrip  yang berasal dari abad 16 masehi.

Belakangan, berkembang sebuah tuduhan, bahwa injil barnabas itu hasil kreasi orang-orang islam. Mengingat ajaran islam itu sudah eksis sejak abad ke 7 masehi sedangkan injil barnabas nanti di abad ke 16.

Apakah benar tuduhan itu  ?

Menurut  profesor menachem ali, seorang ahli filologi atau perbandingan agama mengungkap bahwa salah satu topik dalam injil barnabas tentang bukan yesus yang disalibkan melainkan yudas ada konektititasnya dengan manuskrip yang ditulis muqatil ibnu sulaiman  di abad ke 7.

Isi manuskrip itu membahas tentang apa yang ditulis  surat ke empat dalam al-quran yakni surat annisa ayat 157  Dan mereka dan juga mereka tidak menyalibkannya   tapi ada orang lain yang disalibkan yakni yudas.   

Pertanyaan berikutnya  dari mana informasi muqatil ibnu Sulaiman mendapatkan data ini yang menyebutkan nama Yudas. Kalau dikatakan sumber informasinya dari Injil Barnabas abad ke 16, apakah itu masuk akal 

Tentu saja tidak,   jaraknya berapa abad tidak mungkin muqatil ibnu  Sulaiman mencantumkan nama Yudas dalam tulisannya sementara itu dokumen Injil Barnabas itu baru eksis pada abad ke-16.

Berarti ada sumber data lain lebih lama yang bukan berbahasa Itali  dan itu sebetulnya adalah Injil Barnabas juga.

Pertanyaannya sekarang adakah Injil apokrifa atau Injil kanonik yang menyebutkan bahwa tokoh yang disalibkan itu Yudas selain Injil Barnabas.

Tidak ada,  berarti tafsir  kitab Injil Barnabas sudah ada  sebelumnya  di gereja-gereja awal abad kelima dan itu dilarang keras di baca. 

Itulah sebabnya kalau pelarangan pembacaan Injil Barnabas oleh Paus gelasius pada tahun 492 sampai 496  tanpa disertai alasan  secara detail, karena bila di baca akan mengguncang iman kekristenan dengan tokoh utamanya yesus kristus. 

Baca juga

Artikel Terkait

Bagikan artikel ini