-->

Minggu, Juli 14, 2024

BENARKAH IMAM MAHDI ITU AKAN DATANG ?

imam mahdi Imam  mahdi merupakan sosok misterius yang banyak ditunggu kaum muslimim seluruh dunia, pasalnya rasululah sendiri yang bersabda sebagaimana termuat dalam beberapa hadits sahih.

Semisal, dalam hadits tirmidzi nomor  2230  "dari abdullah (Bin mas'ud) rasulullah bersabda tidak hancur dunia (kiamat) hingga menguasai arab seorang laki-laki dari keturunanku yang namanya sama dengan namaku"

Jadi kemunculan imam mahdi erat kaitannya dengan kedatangan hari kiamat, dimana hal ini menjadi salah satu ciri khas penting sebelum peristiwa hari kiamat itu benar-benar terjadi.

Baca juga

Kisah hidup lengkap Nabi Muhammad SAW dari lahir hingga wafat

Perlu digarisbawahi disini, imam mahdi bukanlah sebuah nama namun julukan yang diberikan kepada seseorang yang bakal memimpin umat muslim. Nama beliau akan sama dengan nama rasulullah sendiri yaitu Muhammad.

Julukan Imam mahdi  sendiri secara jelas disebutkan rasulullah sebagaimana termuat dalam hadits sahih Abu Daud  11:375 dan Al Hakim 4:557  bahwa "al mahdi adalah keturunanku, lebar dahinya dan mancung hidungnya. Ia memenuhi bumi dengann kejujuran dan keadilan sebelumnya dipenuhi dengan kedzaliman dan penganiayaan. Ia akan berkuasa selama tujuh tahun"

Dari dua hadits ini cukup gamblang rasululah mengambarkan situasi yang terjadi sehingga  imam mahdi itu harus muncul. 

Tentu tidak lain guna memimpin kaum muslimin dalam memerangi  berbagai kedzaliman dan penganiayaan yang terjadi pada umat islam.

Muncul  berbagai pertanyaan di benak kita, dari negara mana imam mahdi akan muncul dan bagaimana tanda-tanda kedatangannya ?

Secara khusus tidak ada hadits sahih yang menyebutkan secara persis di mana imam mahdi berasal. 

Akan tetapi kalau mengikuti sabda rasulullah  bahwa imam mahdi itu berasal dari keturunan nabi sendiri maka bisa di pastikan al-mahdi akan muncul  dari mekkah atau medinah.

Pun soal tanda-tanda kedatangannya, saya merunut dari dua hadits yang sudah disampaikan tadi diawal, yaitu ada kedzaliman dan penganiayaan, maka dapat kita analisis bahwa keadaan umat muslim saat itu benar-benar kepayahan, mendapat aniaya luar biasa.

Mungkinkah peristiwa genosida tentara israel di palestina  memenuhi syarat kondisi sehingga imam mahdi itu bakal  muncul ?

Saya tidak mau berspekulasi soal hal ini, namun kalau dicermati kehidupan masyarakat palestina saat ini sungguh sangat  memiriskan. Aksi brutal tentara israel banyak dipertontonkan dan sungguh sangat biadab dan jauh dari namanya perikemanusiaan bagi warga palestina.

Sebagai penutup, hanya Allah SWT yang tahu kapan imam mahdi muncul,  namun satu hal yang bisa dipastikan, berita kedatangannya yang disabdakan Nabi Muhammad SAW, saya menyakini bukanlah isapan jempol semata, namun benar-benar akan terjadi.

Baca juga

Sejarah munculnya konflik palestina israel

Bagikan artikel ini