-->

Sabtu, Juni 22, 2024

INILAH SIKSA KUBUR BAGI ORANG KAFIR, PERCAYALAH!!

Siksa kubur  sepotong kalimat  yang  kerap dibicarakan bagi orang-orang yang percaya akan datangnya kematian bagi setiap manusia. Bagi umat muslim, sejatinya siksa kubur ini sudah  menjadi doktrin yang susah beranjak dalam batok kepala, karena sering menjadi topik dalam dakwah para ulama.

Akan tetapi bagi pengikut ajaran kristen, siksa kubur  tidak dibahas sama sekali dalam kitab biblenya, sehingga dianggap tidak akan pernah terjadi.

Penyiksaan hanya terjadi di neraka bagi orang yang tidak menerima yesus kristus sebagai juru selamatnya. Bisa di baca dalam  beberapa injil berikut 

1. injil matius 10:28 

dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi tidak berkuasa membunuh jiwa, takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa  maupun tubuh di dalam neraka.

2. Injil lukas 12:5

Aku akan menunjukkan kepada kamu siapakah yang harus kamu takuti. Takutilah Dia yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan ke dalam neraka. Sesuangguhnya aku berkata kepadamu takutilah Dia.

Kalau begitu  maka muncul pemikiran orang yang wafat dianggap cuma tidur guna menunggu datangnya hari kiamat. Jadi seolah-olah mereka yang meninggal cuma transit saja di bawah tanah menunggu keberangkatan ke surga karena percaya yesus sebagai juru selamat.

Soal benarkah yesus itu juru selamat sudah saya ulas lengkap dalam artikel sebelumnya   yesus itu juru selamat seluruh umat manusia, benarkah ?

Berbeda halnya dikalangan umat muslim, siksa kubur itu akan terjadi bagi orang-orang kafir yaitu orang orang yang sombong dan tidak menyekutukan keberadaan sang pencipta Allah SWT dengan mahluk lain. 

Dalil kuat soal siksa kubur ini ada dalam beberapa surat dalam al-quran dan hadists nabi, salah satunya yaitu

1. As-Sajdah : 21

Dan pasti kami timpakan kepada mereka sebagian siksa yang dekat, yakni di dunia berupa   bermacam musibah sebelum azab yang lebih besar di akhirat nanti agar mereka kembali ke jalan yang benar.

2. Hadits muslim nomor 292

Diceritakan ibnu abbas, Rasulullah pernah melewati dua kuburan kemudian beliau bersabda kedua penghuni ini sungguh sedang mendapat azab. Dan tidaklah keduanya diazab karena melakukan dosa besar. Adapun salah satunya karena berbuat  adu domba dan yang kedua karena tidak membersihkan air kencingnya.

Dalam sebuah kitab at Tadzkirah yang ditulis Imam Qurtubi  dengan penerbitnya matktabah darul minhaj pada halaman 355, siksa kubur spesial bagi orang-orang kafir (penganut ajaran kristus, hindu, budha dst)  akan terjadi dengan mendapat hantaman dari malaikat dengan tongkat besi  hingga menyala api setiap kali mereka tidak bisa berkata Allah tuhanku. Siksaan ini terus terjadi hingga kiamat datang.

Pun dalam beberapa hadits sahih rasulullah pernah bersabda soal siksa kubur bagi  orang kafir yaitu akan mendapat serangan dari ular tinnin. Ular ini khusus di siapkan allah SWT bagi orang kafir , di mana setiap ularnya punya 7 kepala.

Jenis siksa kubur lainnya, rohnya akan gentayangan  seperti diceritakan dalam quran surah Al-Hajj ayat 31 Allah SWT berfirman (Beribadahlah) kepada Allah dengan ikhlas, dan barang siapa mempersekutukan sesuatu dengan Allah maka seolah-olah ia jatuh dari langit lalu disambar burung atau diterbangkan angin ke tempat yang jauh. Rohnya lantas dikembalikan ke badan.

Baca juga

Tanda kiamat: mungkinkah matahari terbit dari sebelah barat ?

Artikel Terkait

Bagikan artikel ini