-->

Rabu, Desember 20, 2023

YESUS JURU SELAMAT SELURUH UMAT MANUSIA, BENARKAH ?

"yesus juru selamat"Yesus juru selamat merupakan doktrin gereja  yang selalu dibawakan pada setiap ibadah para penganut ajaran kekristenan. Juru selamat bisa diartikan juga orang yang diberi tugas menyelamatkan, tentu orang dimaksud mengemban misi penyelamatan itu dalam ajaran kristen adalah yesus kristus.

Secara logika akal sehat, tentu agak aneh seorang manusia bisa menyelamatkan manusia  untuk menuju kehidupan akhirat. Karena itu pada artikel ini akan ditelusuri kebenaran doktrin yesus juru selamat secara ilmiah, benarkah yesus  juru selamat bagi semua umat manusia bila percaya padanya ?

Baca juga

yesus menikah: menurut peneliti dokumen laut mati serta ayat bible sendiri

Munculnya istilah yesus jurus selamat sangat erat kaitannya dengan  sebuah doktrin bahwa setiap manusia yang lahir  sudah memiliki dosa. Entah dia itu wanita, laki-laki, tua, muda,  kaya, miskin semuanya memiliki dosa (lihat roma 3:23). 

Dosa ini berasal dari perbuatan adam dan hawa saat mereka melanggar apa yang dilarang sang pencipta sehingga berakibat mereka berdua di usir dari surga.

Atas perbuatan mereka itu maka manusia keturunannya otomatis dianggap turut memikul dosa yang telah dilakukan saat di surga. Untuk itu setiap manusia butuh suatu keselamatan guna melepaskan diri dari jeratan dosa abadi masa lampau.

Dosa hanya bisa dihapus oleh sang bapa di kerajaan surga selaku pemilik kuasa atas hidup dan matinya manusia. Untuk itu karena proses lahirnya yesus tanpa campur tangan manusia melainkan karena musabab firman tuhan, maka muncul doktrin trinitas (yohanes 1:1). 

Intinya menganggap diri yesus adalah perwujudan dari bapa di surga dalam bentuk manusia yang turun ke bumi guna menyelamatkan manusia.

Akhirnya, muncul istilah yesus juru selamat hingga masa sekarang ini. Siapa yang percaya bahwa yesus itu tuhan maka akan diselamatkan dan bahkan dijamin masuk ke surga.

Kematiannya di atas tiang kayu salib, merupakan bukti akan kasihnya yesus  kepada manusia sehingga rela mengorbankan dirinya guna menebus segala dosa manusia manapun.

Terhadap peristiwa  tersebut, bagi yang percaya bahwa benar adanya yesus telah disalib  maka akan punya keyakinan Yesus kristus  memang Juru Selamat. Tapi yang tidak percaya yesus telah disalib, akan punya pendapat yang bertolak belakang.

Seandainya benar yesus itu juru selamat, sayangnya hal itu tidak berlaku bagi seluruh umat manusia. Yesus sendiri menegaskan hal itu  pada  beberapa ayat dalam injil seperti

1. Injil Matius 15:24  “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. 2. Injil Matius 10:5-6: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari pada Umat Israel.” 3 Injil Yohanes 20:21, “Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”

Tetapi, atas informasi dari beberapa ayat dalam bible itu umat nasrani selalu menolak kalau dibilang Yesus diutus hanya buat  Bani Israel saja. Alasannya,  dalil injil matius 15:24 harus dilihat dari konteksnya  mulai dari Matius 15:20 hingga Matius 15:28.

Tetapi kalau itu dijadikan alasan penolakan   tetap saja konteksnya menggambarkan   Yesus hanya diutus pada domba-domba yang hilang dari Bani Israel, bukan untuk  semua bangsa.

Terlepas  dari yesus buat domba Israel saja, yang terpenting tidak ada satupun ayat dalam bible yang mengatakan yesus  juru selamat.  Ini hanya sebuah anggapan saja, karena beberapa ayat lain dalam  bible justru mengatakan sebaliknya.  

Seperti injil Matius 5:20 berbunyi apabila keagamaanmu tidak lebih benar dari orang-orang yahudi maka engkau tidak akan masuk surga. Pertanyaannya, apa agama murid yesus yang 12 orang itu ? karena mustahil beragama Kristen.  

Sejarah Yesus terangkat ke langit itu terjadi pada tahun 33 masehi, sedangkan agama kristen baru ada  di tahun 95 masehi (Kisah para rasul 11:26). Jadi saat yesus berkata seperti dalam matius 5:20 sesungguhnya keagamaan dimaksud itu agama apa.

Ternyata dalam injil Yohanes 14:27 Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu, damai sejahtera Kuberikan kepadamu; tidak seperti yang dunia berikan, itulah yang Kuberikan kepadamu. Jangan biarkan hatimu gelisah atau takut.

Secara literasi maka injil yohanes ini tidak ada jawabannya, namun kalau merujuk pada bahasa asli bible itu di tulis dalam dokumen codex sinaiticus yaitu bahasa yunani, akan berbeda artinya.

Bahasa aslinya :

ειρηνην αφιημι ϋμιν · ειρηνην τη  εμην διδωμι ϋμι  · ου καθωϲ ο κοϲμοϲ διδωϲιν ϋμιν εγω διδωμι υμιν · μη ταραϲϲεϲθω υμω  η καρδια · μηδε διλιατω ·

Terjemahannya

Assalamu'alaikum, Assalamu'alaikum; Assalamu'alaikum; jangan duduk, Aku damai menyertaimu; jangan biarkan hatimu gelisah;

Nah, dari terjemahan ini nampak jelas bahwa agama ke 12 murid yesus itu sesungguhnya beragama islam, karena hanya umat muslim yang mengucapkan assalamu’alaikum (damai sejahtera).

Jadi injil matius 5:20 sudah bisa menyangkal bahwa doktrin yesus juru selamat kiranya keliru. Tidak ada jaminan sama sekali masuk surga, malah yesus berkata agamanya harus lebih benar dari orang yahudi yaitu islam.

Lebih tegas lagi dalam ulangan 24:16 dikatakan Janganlah ayah dihukum mati karena anaknya, janganlah juga anak dihukum mati karena ayahnya; setiap orang harus dihukum mati karena dosanya sendiri." Artinya, yesus bukan juru selamat yang mati untuk menebus dosa manusia, karena setiap orang bertanggung jawab atas dosanya sendiri.

Pengajaran begini juga persis sama dalam ajaran islam, bisa di baca pada surat al-an-'am:164  Katakanlah (Muhammad), ‘Apakah (patut) aku mencari tuhan selain Allah, padahal Dialah Tuhan bagi segala sesuatu. Setiap perbuatan dosa seseorang, dirinya sendiri yang bertanggung jawab. Dan seseorang tidak akan memikul beban dosa orang lain. Kemudian kepada Tuhanmulah kamu kembali, dan akan diberitahukan-Nya kepadamu apa yang dahulu kamu perselisihkan’.” 

Sejatinya cukup jelas, ada kesamaan pengajaran yesus dan islam, yang berbeda itu ajaran yang datang dari paulus, tokoh utama  di balik berdirinya agama kristen di tahun 95 masehi. 

Baca juga

Santo paulus: kehidupan masa muda hingga kematiannya

Artikel Terkait

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,