-->

Rabu, Desember 20, 2023

YESUS MENIKAH: MENURUT PENELITI DOKUMEN LAUT MATI, SERTA AYAT BIBLE SENDIRI

"yesus menikah" Yesus menikah ? sebuah pertanyaan sederhana dan sedikit konyol pernah ditanyakan seorang warganet, mengingat status yesus itu sendiri hingga hari ini masih  dianggap tuhan dikalangan  umat kristen. 

Seandainya  benar pernikahan yesus itu pernah terjadi tentu ini hal agak aneh dan janggal, tuhan kok menikah dengan mahluk ciptaannya sendiri.

Namun agar tidak menjadi tafsir liar, kita perlu menyelidiki benar tidaknya peristiwa yesus pernah menikah dengan menggunakan sumber referensi terpercaya.

Dokumen Fragmen Papirus kuno

Tahun 2010 sebuah telepon  tak dikenal menghubungi sejarawan Harvard Divinity School Karen King, beliau di minta  membantunya buat menerjemahkan sebuah dokumen kuno miliknya. 

Baca juga

konsili nicea 325 masehi: jejak sejarah yesus menjadi tuhan

Awalnya Karen tidak tertarik dengan permintaan penelepon tak dikenal itu, namun tak patah semangat penelepon itu terus menerus menghubunginya. Bahkan untuk memperkuat permintaannya, sang penelepon gelap memberi sebuah surat pada Karen King  bertanda tahun 1980.

Isi surat  itu berisi dugaan  Profesor Gerhard Fecht  fakultas Egyptology dari University  Berlin, beliau  meyakini fragmen kuno miliknya adalah bukti kemungkinan besar Yesus menikah.

Pemilik fragmen mengaku pada Karen king, sejarah bagaimana sampai fragmen itu bisa ia miliki  bahwa ia telah membeli lima papirus tahun 1999 dari seorang kolektor. Menurut sang kolektor  mereka mendapat dokumen itu   sekitar tahun 1960 di wilayah Jerman Timur.

Kembali ke topik awal, lantas, di bulan Desember 2011 karen king mengundangnya secara resmi untuk datang membawa dokumen kuno miliknya ke universitas Harvard. 

Selanjutnya di tahun 2012, bersama  temannya Anne Marie Luijendijk seorang profesor agama dari  Princeton University, mereka membawa dokumen tersebut  ke ahli dunia kuno Roger Shaler Bagnall di Universitas Colombia  buat proses pemeriksaan lebih lanjut.    

Hasil  pemeriksaan Roger Shaler Bagnall pada cara tinta menembus,  tulisan tangannya,  kuat dugaan dokumen papirus kuno itu adalah asli. Sesudahnya barulah dilakukan pemeriksaan secara serius  menyangkut penanggalan radiokarbon dan studi tinta oleh para ahli  di 3 universitas berbeda, universitas Colombia, Harvard dan Massachusetts.

Hasilnya, fragmen papirus berukuran  telapak tangan orang dewasa itu (1.5 x 3 inci) diduga di tulis pada abad kedua masehi. Diyakini di buatnya di mesir karena menggunakan bahasa koptik, yaitu sebuah bahasa yang sering digunakan orang Kristen pada masa itu di bawah kekaisaran kerajaan romawi.  

Pun seorang ahli koptik asal Universitas Ibrani  Yerusalem bernama Ariel Shisha-Halevy menegaskan fragmen kuno tersebut valid  berdasar bahasa serta  tata bahasanya.

Yesus pernah menikah 

"yesus menikah"
dokumen papirus

Ada yang menarik dari temuan papirus kuno seperti sudah diteliti para sejarawan tadi, pasalnya ada 4 kata yang ada dalam fragmen itu. Bila diterjemahkan berbunyi, "Yesus berkata kepada mereka, istriku."

Kalimat ini menandakan bahwa yesus menikah, walau sebagian pengikut ajaran kristen pasti tidak akan sepakat dengan pernyataan ini. Tapi itulah fakta sejarah yang tidak bisa disangkal.  

Isi fragmen papirus itu cuma memuat  delapan baris parsial tulisan tangan dengan kondisi tintanya memudar, namun tiga kata serta  sejumlah hurufnya masih terlihat cukup jelas.

Meski kondisinya sangat parah, tapi 4 kata yang memberi indikasi yesus menikah sudah cukup menjadi bukti teologi bagi para ahli sejarah kuno masa sekarang ini.

Yesus menikah versi bible

Indikasi kuat bahwa yesus pernah menikah ditemukan juga dalam kitab wahyu 19:7 “Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia  Karena hari perkawinan Anak Domba  telah tiba, dan pengantin-Nya  telah siap sedia”.

Siapa yang dimaksud anak domba dalam kitab wahyu ini ?

Ternyata dalam beberapa kitab dalam bible sendiri mengungkap bahwa anak domba di maksud adalah yesus. Bisa disimak berikut ini

1. Injil Yohanes 1: 29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: ”Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

2. Yesaya  53:7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.

3. Lukas 7:37-38 (maria magdalena membawa buli-buli pualam berisi minyak wangi) sambil menangis ia pergi berdiri dibelakang Yesus dekat kakinya, lalu membasahi kakinya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kakinya dan meminyakinya dengan minyak wangi itu.

Satu lagi tanda-tanda yesus menikah ada dalam injil filipus 49, (download injil) dimana diceritakan yesus sering mencium mulut Maria Magdalena. Walau di kalangan petinggi Kristen menolak keras injil filipus ini karena dianggap apokripa, tapi perlu disadari rasul filipus merupakan salah satu dari 12 murid yesus.

Artinya apa yang ia katakan bersumber langsung dari apa yang ia lihat dan dengar saat bersama dengan yesus. Ada hal janggal disini dan lucu, tulisan matius, markus Lukas dan yohanes yang bukan merupakan murid langsung yesus malah dianggap sebagai injil kanon. Sedangkan tulisan filipus murid yesus malah ditendang.

Jadi, kentara sekali ada upaya menghilangkan sebagian jejak sejarah kehidupan yesus biar sejalan dengan doktrin yesus itu tuhan.

Seorang sejarawan,  pakar teologi dan alkitab sekaligus peneliti dari dokumen naskah laut mati Prof, Dr. Barbara Thiering, yaitu naskah-naskah tertua kekristenan yang ditemukan tahun 1946-1956 di gua-gua sekitar laut mati. Setelah selesai melakukan penelitiannya dalam dokumen laut mati itu, mengungkap  temuannya dalam sebuah buku berjudul jesus the man (yesus manusia).

Temuannya ini tidak begitu mengejutkan bagi umat muslim, tapi menjadi luar biasa bagi penganut ajaran Kristen karena bertentangan dengan apa yang di imani selama ini. 

Dalam buku tersebut sang professor membeberkan bahwa ada bukti-bukti upacara yesus menikah namun disamarkan bahkan dihilangkan pihak otoritas gereja. Titik perhatian yang disorot ada pada injil markus 14:3 dan injil Lukas 7:37-38. Beliau menyatakan bahwa isi kedua injil menjelaskan ritual pernikahan bangsawan yahudi kuno.

Satu hal yang pasti, yesus adalah manusia biasa yang punya hasrat, nafsu selayaknya manusia normal lainnya. Mari berpikir..   

Baca juga

yesus di salib atau yesus tidak disalib, mana yang benar?

Bagikan artikel ini