-->

Selasa, Maret 12, 2024

5 RAHASIA TERSEMBUNYI SHOLAT SUBUH BERJAMAAH

sholat subuh berjamaah

Sholat subuh merupakan salah satu sholat fardhu  umat muslim yang sudah ditentukan waktunya oleh Allah SWT dilaksanakan saat matahari belum terbit. 

Selain sholat subuh, ada juga 4  sholat fardhu lainnya yang statusnya sama dengan sholat subuh tadi  namun berbeda dalam waktu dilaksanakan yakni  sholat dzuhur, ashar, maghrib, isya.

Selain berbeda dalam waktu dilaksanakan, 5 sholat fardhu itu masing-masing  memiliki keutamaan tersendiri yang masih sangat jarang orang ketahui. Sholat subuh salah satunya yang memiliki fadilah paling istimewa.

Keistimewaan yang ditawarkan oleh Allah SWT kepada umat muslim, disebabkan perjuangan untuk melaksanakan sholat subuh itu sendiri yang bisa di bilang cukup berat. 

Baca juga

ajaran islam ini wajib diketahui para mualaf

Bayangkan, dalam kondisi mengantuk luar biasa, suasana dingin, mungkin keadaan lagi hujan pula, kita sebagai umat muslim harus melaksanakan ibadah di mesjid atau di rumah. 

Rasullulah sendiri mengakui seperti tercatat dalam hadits al-bukhari, ringkasnya bahwa tidak ada sholat  yang lebih berat dilaksanakan bagi orang munafik daripada sholat subuh dan isya.

Sholat subuh ini cuma 2 rakat saja dilaksanakan dan sekiranya sudah banyak umat muslim tahu  keistimewaan atau keutamaannya maka mereka  akan  berbondong-bondong menuju mesjid buat  melaksanakan  sholat subuh.

Nah berikut keutamaan dari sholat subuh yang dimaksudkan 

1. Disaksikan malaikat

Dalam surat  al-isra ayat 78 telah diberikan signal keutamaan jika kita melaksanakan sholat subuh. Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)

Hal senada  ditegaskan pula rasululah dalam hadits bukhari nomor 137 "dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada sholat fajar (subuh)

2. Nilai pahalanya senilai sholat semalam penuh

Dalam hadits riwayat muslim nomor 656 Rasulullah bersabda Dan barang siapa yang  sholat subuh  berjamaah maka seolah-olah dia telah  sholat seluruh malamnya.

3. Menjadi penghalang ke pintu neraka

Dalam hadits riwayat muslim nomor 634, rasulullah bersabda tidak  akan masuk neraka orang yang melaksanakan sholat sebelum terbitnya matahari (yaitu sholat subuh) dan sholat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu sholat ashar). 

4. Diberikan perlindungan Allah SWT

Setiap umat muslim manapun pasti sangat berharap hidupnya selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT, entah itu kaitannya dengan keselamatan hidup,  kesehatan yang baik,  semua urusan dilancarkan. Kalau benar ini yang diharapkan maka laksanakan sholat subuh berjamaah 

Dalam hadits riwayat muslim nomor 163, rasulullah pernah berkata bahwa Allah SWT akan memberikan jaminan kepada siapapun yang mengerjakan sholat subuh.

5. Berpeluang mendapat pembagian rejeki Allah SWT

Setiap manusia tentu  rejekinya bisa melimpah ruah karenanya tidak heran ada sebagian oknum yang hingga menghalalkan segala macam cara guna berburu rejeki.

Namun tahukah, bahwa Allah SWT  membagikan rejeki kepada manusia hanya diwaktu subuh saja. Jadi siapa yang tidak bangun saat subuh itu, maka hari ini bisa dipastikan rejekinya mangkrak.

Informasi soal rejeki ini disampaikan oleh Ali bin abi thalib, suami dari fatimah Azzahra putri kandung rasulullah SAW, bahwa pernah satu ketika  rasullulah setelah selesai sholat subuh mendapati putrinya tertidur. Saat itu juga langsung dibangunkan rasulullah  dan minta fatimah melihat rejeki Allah SWT yang dselalu dibagikan setelah selesai sholat subuh.

Itulah 5 rahasia tersembunyi bisa diperoleh kalau kita melaksanakan perintah sholat subuh secara berjamaah di mesjid. Yuk jangan tinggalkan sholat, tetap istiqomah melaksanakan semua perintah Allah SWT tanpa terkecuali dan tanpa alasan.

Baca juga

Menelusuri kehidupan penulis kitab sahih al-bukhari, imam bukhari

Artikel Terkait

Bagikan artikel ini