-->

Selasa, Januari 02, 2024

AJARAN ISLAM INI WAJIB DIKETAHUI PARA MUALAF

"ajaran islam"

Ajaran islam memiliki spektrum  begitu luas yang semuanya telah di sampaikan dalam al-quran dan dicontohkan dalam praktek kehidupan sehari-hari  oleh nabi Muhamad SAW.  

Mungkin anda mualaf yang baru meyakini ajaran islam itu benar, pasti kadar ilmunya masih sedikit sekali sehingga itu butuh belajar lebih banyak lagi. Isi artikel ini akan  berupaya menyajikan informasi terkait pokok-pokok ajaran islam sesungguhnya berdasar dalil dalam al-quran dan hadist nabi Muhamad SAW.

Isi kitab suci Al-quran 

Secara umum ajaran islam dalam al-quran tidak saja mengatur cara beribadah pada sang pencipta namun berisi juga :

1. Perintah, larangan bagi manusia,  

2. Berbagai pengetahuan modern saat ini dan di masa mendatang, 

3. Kisah kehidupan para nabi di masa lampau  

4. Bagaimana kehidupan akhirat nanti saat berada  neraka dan di surga

Luasnya cakupan isi al-quran ini tentu, sejatinya sebagai muslim  harus dipelajari secara perlahan-lahan. Pasalnya, kita sudah dikarunia akal sehat oleh Allah SWT sebagai modal buat belajar.

Baca juga

Pilih cara belajar mengaji super cepat ini, 100% working  

Saat kita sudah tahu apa saja perintah dan larangan dari Allah SWT kepada manusia maka itu menjadi panduan buat manusia meniti jalan lurus mencapai Surga. Kalau tidak mau ikuti panduan itu, maka digaransi bakal  berakhir hidupnya di neraka. 

Perintah dan larangan itu, contohnya jangan membunuh, jangan berzina, jangan mencuri, bersikap santun pada semua orang dan masih banyak lagi.

Pun soal pengetahuan modern, jika sudah tahu apa saja pengetahuan modern dalam al-quran baik sudah terbukti dan belum di masa sekarang, maka akan menambah keyakinan bahwa Allah itu ada dan merupakan sumber segala ilmu.

Begitu pula kisah kehidupan nabi masa lampau, kalau tahu kehidupan mereka masa lalu maka kita akan punya gambaran jelas apa saja perintah yang allah telah titipkan pada para nabi masa itu, apa saja hukuman Allah SWT berikan pada manusia yang menentang ajaran disampaikan para nabi. 

Dengan begitu, kita tidak akan mengulangiya kejadian pahit masa lalu dan selanjutnya taat dan patuh mengikuti panduan perintah dan larangan dalam al-quran.

Soal cerita kehidupan akhirat nanti, walau sulit dibuktikan kebenaran surga dan neraka itu secara ilmiah, namun berdasar logika akal sehat berkaitan pengetahuan modern dalam al-quran yang telah terbukti kebenarannya, maka kita akan yakin bahwa kehidupan abadi periode selanjutnya sesudah meninggal pasti terjadi.      

Pokok Ajaran Islam

Mengingat luasnya informasi dalam al-quran seperti disampaikan tadi. Sebagai muslim atau baru menjadi muslim (mualaf), maka ajaran islam menekankan kita sebagai manusia untuk selalu : 

1. Menuntut ilmu

Ada banyak sekali ayat al-quran berbicara soal menuntut ilmu ini, tentu musababnya karena semua manusia sudah diberikan akal sehat yang bisa digunakan untuk berpikir. 

Lewat akal sehat ini, manusia bisa belajar semua hal dan selanjutnya  mengembangkannya menjadi  ilmu pengetahuan yang bisa membawa manfaat bagi hidup manusia di muka bumi.

Albert Einstein seorang fisikawan tersohor mengatakan ilmu tanpa agama adalah buta, agama tanpa ilmu lumpuh. Disini beliau punya pandangan ilmu dan agama perlu berjalan bersama-sama.

Allah SWT tentu berkeinginan manusia ciptaannya setelah punya ilmu itu, bukan untuk menjadi sombong namun harapannya semakin patuh dan taat kepada-Nya. Selanjutnya manusia akan sadar akan kebesaran sang pencipta jagat raya walau tidak terlihat.

Ada banyak sekali  surah dalam al-quran yang berbicara soal menuntut ilmu ini, misal surat Al-Mujadalah ayat 11,  

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majelis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Surat Al Alaq ayat 1-5,

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan qalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Surat Al Ankabut ayat 43,

Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buat untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu.

Pun hal senada dalam beberapa hadist sahih, Nabi Muhamad SAW  sudah menyampaikan soal menuntut ilmu ini, misalnya

a. HR. Muslim 

barang siapa yang menempuh jalan menuntut ilmu  maka allah mudahkan jalannya menuju surga    

b. HR ibnu majah nomor 224  

Menuntut ilmu wajib  atas semua muslim.    

2. Kesabaran

Bersikap sabar adalah salah satu pokok ajaran islam dimana bagi setiap muslim perlu memiliki sifat sabar ini. Allah menegaskan soal kesabaran ini dalam Al Baqarah ayat 153 “sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” maka laksanakan sholat pada waktunya dan jangan tergesa-gesa.

Pun dalam Al Baqarah ayat 45 allah SWT memerintahkan hal yang sama “Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu

Mengapa kesabaran ini harus dipunyai oleh setiap muslim ?

Sebab, Allah sudah memberikan signal kepada kita manusia  lewat wahyunya dalam surat al baqarah:155-157 bahwa

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka Itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.

Jadi setiap muslim akan mendapat ujian dalam bentuk apapun, karena inilah bentuk kasih sayang dan cara allah mencintai manusia. Siapa yang sabar menjalani semua ujian yang allah berikan dalam kehidupan ini  maka surga adalah balasannya.   

 

3. Mengasihi semua ciptaan tuhan

Islam sebagai sebuah agama rahmatan lil alamin atau memberi rahmat pada seluruh dunia. Maksudnya disini Allah SWT tidak hanya memberi rahmat pada manusia saja tapi tumbuhan dan hewan termasuk di dalamnya yang diberi rahmat.

Ajaran islam ini tentu memberikan tuntunan kepada umat muslim agar selalu berbuat baik kepada semua ciptaan Allah SWT, jangan membuat kerusakan karena akan jauh dari rahmat allah.

Surat Al A’raf ayat 56:

Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah Amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik”.

Dalam sebuah hadits sahih Tirmidzi nomor 2049, Nabi Muhamad SAW bersabda "Orang-orang yang mengasihi akan dikasihi oleh Ar-Rahman, berkasih sayanglah kepada siapapun yang ada dibumi, niscaya Yang ada di langit akan mengasihi kalian.

Semut pun sebagai binatang paling kecil harus disayangi, jangan disemprot dengan baygon karena mungkin bersarang di rumah kita. Apalagi sesama manusia sebagai mahluk ciptaan-Nya, seharusnya kita lebih saling mengasihi dengan cara

a. Tidak mencela atau mengumpat  

b. Tidak berbicara keburukannya  

c. Saling membantu ketika ada kesusahan  

d. Berbicara dengan lemah lembuh  

e. Saling menghormati dan menghargai 

f. Jangan berprasangka buruk

Di bagian ini saya ingin menegaskan, bahwa jika ada pandangan diluar bahwa ajaran islam itu identik dengan kekerasan dan teroris maka itu anggapan keliru. Justru sebaliknya, ajaran yang isinya penuh kasih sayang.

Terjadinya peristiwa pemboman di mana – mana bukanlah ajaran islam, itu hanya oknum saja dan lewat media dipublikasikan sebagai ajaran islam.

 

4. Percaya dengan semua ciptaan dan perintah Allah SWT

Ajaran islam keempat ini menjadi pondasi keimanan umat muslim yang diistilahkan rukun islam dan rukun iman.

Rukun iman meliputi  

a. Percaya akan adanya Tuhan pencipta alam semesta    

b. Percaya keberadaan malaikat  

c. Percaya adanya berbagai kitab suci telah Allah turunkan  

d. Percaya adanya berbagai utusan Tuhan, yaitu para nabi.  

e. Percaya akan datang hari kiamat nanti

Adapun rukun islam terdiri atas  :

a. Bersyahadat saat mau memeluk agama islam  

b. Beribadah shalat lima kali dalam sehari    

c. Membayar zakat 2.5%    

d. Berpuasa di bulan suci ramadhan  

e. Beribadah haji ke Kota Mekkah bila mampu keuangan dan fisiknya.

Inilah esensi ajaran  Islam sebagai tuntunan yang  mengarahkan hidup setiap orang guna menuju surga seperti Allah SWT telah janjikan.     

 Baca juga

Adab islam : sebuah jalan menuju surga

Artikel Terkait

Bagikan artikel ini