-->

Selasa, Februari 20, 2024

SOTWARE ERP: SOLUSI BUAT EFISIENKAN BISNIS

software erp Software ERP sudah merupakan kebutuhan bagi pelaku bisnis  profesional, apalagi dijaman digital seperti sekarang ini. Sangat mustahil seorang pelaku bisnis hanya mengandalkan ingatannya  saja saat mengelola usahanya.

Terlebih lagi jika bisnis itu  masuk dalam kategori  bisnis kecil, menengah ataupun besar, rasanya sangat diwajibkan sekali untuk menggunakan software ERP. 

Pasalnya, biasanya 3 jenis bisnis tadi sudah menggunakan sumber daya yang cukup banyak semisal bahan bakunya, sumber daya manusia, pemasaran, yang kesemuanya itu perlu dicatat rapi agar mudah menghitung  keuntungan bisnisnya.

Lantas sebetulnya apa pentingnya software ERP ini ?

Mengenal fitur Software ERP

Software ERP (enterprise reasouce planning) merupakan sebuah perangkat lunak yang berisi sejumlah fitur yang saling terintegrasi  satu dan lainnya.  Namun jangan salah dipahami, software ERP ini sebetulnya ada banyak jenisnya tergantung apa yang akan dikelolah secara digital.

Baca juga

Jenis dan cara daftar Qris untuk pelaku bisnis

Contoh sederhananya, bila hendak  mengelola transaksi penjualan suatu produk tentu dibutuhkan software ERP yang fiturnya khusus  terkait dengan pemasaran. fitur itu misal stok produk tersedia, harga produk, varian produk tersedia. Aplikasi tokopedia, shoppee, bukalapak  contoh yang bisa kita lihat.

Pun kalau mau mengelola tenaga kerjanya, maka butuh software ERP yang fiturnya terkait dengan absensi karyawan, jenjang pendidikan mereka, lamanya bekerja.

Kalau untuk perencanaan produksi, maka software ERP yang dibutuhkan harus menyediakan fitur jenis bahan baku yang dipakai, berapa stoknya, berapa harga bahan baku, berapa jumlah produk yang dibuat.

Jadi intinya disini software ERP  dibuat untuk berbagai kebutuhan pelaku bisnis dalam mengelola usahanya seperti : 

1. Pengelolaan aset

2. Keuangan  perusahaan

3. Tenaga kerja

4.  Pengawasan mutu

5. Pengelolaan persediaan

Kalau usahanya baru skala mikro, mungkin belum terlalu dibutuhkan software seperti ini. Namun berbeda halnya kalau usahanya skala mikro, menengah dan besar, perlu dipertimbangkan untuk segera memakai aplikasi software ERP.

Jenis-jenis software ERP

Jika diamati ada banyak sekali software ERP yang sudah  beredar di pasaran, dan bahkan banyak digunakan perusahaan terkemuka di dunia termasuk di indonesia. Contoh software itu ialah 

1. NetSuite ERP

2. Gamatehcno ERP solution

3. Sage Inttact

4. Bright Pearl

5. Oddo ERP

kelima software ERP itu hanya sebagian kecil saja yang bisa saya contohkan dari sekian ratus software ERP lainnya. 

Muncul sebuah pertanyaan di benak kita, adakah pengaruh kalau kita menggunakan software  terhadap efisiensi  pengelolaan keuangan  usaha ?

Mengutip dari jurnal perdagangan industri dan moneter volume 11 tahun 2023 hasil penelitian  yayuk sulistiyowati dari universitas Tribhuwana Tunggadewi, ditemukan fakta bahwa ternyata ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan teknologi software akuntansi  pada efisiensi pengelolaan keuangan usaha mikro kecil dan menengah di kota malang.

Jadi sebisa mungkin sangat disarankan agar para pelaku bisnis selalu berpikir untuk mengefisienkan usahanya  guna mencapai target keuntungan yang maksimal. Salah satu caranya dengan menggunakan software ERP yang sudah saya ulas sebelumnya.

Baca juga

Sejarah perkembangan komputer di dunia

Bagikan artikel ini