-->

Jumat, Februari 02, 2024

JENIS DAN CARA DAFTAR QRIS UNTUK PELAKU BISNIS / INDUSTRI KECIL

"daftar qris"Apakah kamu seorang pelaku bisnis atau pelaku industri kecil dan lagi mencari-cari qris untuk usahamu ? kalau iya, berikut mimin akan ulas sedikit tentang seputar tentang qris dan siapa saja lembaga perbankkan yang menyiapkan layanan qris ini.

QRIS belakangan cukup ramai di bicarakan dan sering kali di tawarkan kepada para pelaku industri kecil. Ini   tidak lain adalah sebuah singkatan Quick Response code Indonesian Standard dengan menggunakan kode QR.   Layanan pembayaran QRIS ini di inisiasi pertama kali Bank Indonesia tahun 2019.

Apa sih manfaat QRIS ini ?

Belum banyak sih orang yang tahu persis manfaat kalau menggunakan QRIS karena ini termasuk hal baru. Ada dua manfaat   yang bisa   kita dapat terutama sekali sebagai seorang pelaku usaha industri kecil.

Manfaat Bagi pelaku usaha industri kecil dan pelanggan

Memperkuat citra usaha dengan layanan non tunai Terhindar dari peredaran uang palsu. c) Tidak perlu kas tunai untuk mengembalikan uang jika transaksi d) Mempermudah memantau semua transaksi usahanya  e) Berpeluang untuk mendapat kredit usaha dari bank konvensional Bagi pelanggan:

Sedangkan untuk pelanggan, manfaat memakai QRIS ini adalah

a. Transaksi bisa lebih cepat  karena tidak repot menunggu uang kembalian

b. Dilindungi dari transaksi curang, karena diawasi langsung secara digital oleh bank Indonesia

Istilah dalam QRIS

Sebelum lebih jauh mengulas soal QRIS ini, ada baiknya kita harus tahu dulu istilah yang dipakai dalam layanan QRIS ini, biar tidak bingung.

Baca juga

2 Langkah membuat NPWP pribadi

MDR

Adalah Merchant Discount Rate (MDR) atau ongkos yang dikeluarkan seorang pelaku usaha (merchant) sebesar 0.7 persen. Ongkos atau biaya ini akan dibebankan pada setiap transaksi, semisal kalau ada seseorang yang membeli sebungkus rokok dengan harga Rp.20.000 dan di bayar menggunakan QRIS, maka uang yang masuk rekeningmu tidak sebesar Rp. 20.000 itu, tapi akan dikurangi Rp.140, sisanya baru masuk ke rekening.

MDR ini bisa dikatakan sebagai uang sewa karena sudah menggunakan jasa QRIS dalam transaksi jual beli.

Layanan QRIS di berikan oleh suatu bank dengan melihat asset dan dan omzet yang pelaku industri kecil miliki yaitu:

1. UMI (Usaha Mikro)

Pelaku industri kelompok ini asetnya kurang lebih Rp 50 Juta ke bawah dan omzet transaksinya itu kurang lebih dibawah Rp 300 juta/tahun.

2.UKE (Usaha Kecil)

Pelaku industri kelompok ini asetnya kurang lebih Rp 50 s.d 500 juta dan omzet transaksinya itu kurang lebih diatas Rp 300 juta s.d 2.5 milyar

3. UME (Usaha Menengah)

Pelaku industri kelompok ini asetnya kurang lebih Rp 500 – 10 Milyar dan omzet transaksinya itu kurang lebih diatas Rp 2.5 s.d 50 milyar

4. UBE (Usaha Besar)

Pelaku industri kelompok ini asetnya kurang lebih diatas Rp 10 milyar dan omzet transaksinya itu kurang lebih Rp 50 milyar a/tahun.

QRIS Terbaik bagi pelaku industri kecil

Menentukan mana layanan QRIS terbaik untuk pelaku industri kecil sangat relatif tergantung kebutuhan pelaku usaha itu sendiri. Berikut sejumlah bank di Indonesia yang menyediakan layanan QRIS yaitu 

1. Bank Permata

Bank permata menyediakan dua jenis QRIS yaitu

  • QRIS Statis, adalah jenis QRIS yang cuma menampilkan data-data pelaku bisnis adapun jumlah yang harus dibayar mesti diinput langsung pelaku bisnis sendiri.
  • yang menampilkan seluruh data baik itu pelaku usahanya dan juml ah rupiah yang harus di bayar. Jenis ini lebih mempercepat suatu transaksi dan sangat di sukai pelaku bisnis.

Bagi yang tertarik untuk memakai QRIS permata, bisa mendaftar online di https://qr.permatabank.com/portal-merchant/register.

Kelebihan dari QRIS bank permata 

a. Jarang melakukan maintenance aplikasinya.

b. Jarang aplikasinya bermasalah.

c. Fitur-fitur cukup komplit

d. Pencairan transaksi bagi pelaku bisnis UMI bisa 2 kali dalam 1 hari

e. Biaya MDR bagi pelaku industri kecil (UMI) 0 persen. Gratis

2. Bank Maybank

Kelebihan kalau kita gunakan QRIS Maybank adalah 

  • Real time settlement maksudnya saat transaksi uang akan langsung masuk rekeningmu.
  • Ada notifikasi transaksi melalui short messenger dan imel.  
  • Transaksi bersifat lokal saja, hanya berlaku di wilayah Indonesia
  • Proses registrasi sederhana melalui websitenya https://form.maybank.co.id/QRMerchant
  • Jarang sekali ada maintenance.
  • Biaya MDR 0 persen bagi pelaku industri kecil (UMI)

Alternatif penyedia layanan QRIS

Tidak hanya dua bank tersebut yang menyediakan layanan QRIS di Indonesia, ada juga beberapa marketplace atau startup yang memfasilitasi layanan QRIS ini :

1. MBL (mitra buka lapak)

2. Mitra Shopee

3. Mitra Usaha Gojek

4. Dana Bisnis

Semoga informasi ini bisa ada manfaatnya bagi pelaku bisnis atau pelaku industri kecil.

Baca juga

Bagikan artikel ini