-->

Rabu, Oktober 25, 2023

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER DI DUNIA (LENGKAP)

"sejarah perkembangan komputer"

Sejarah perkembangan komputer di dunia meniti rentang waktu yang sangat panjang mulai era 40an hingga masa sekarang. Mesin pintar bernama komputer   mengalami pasang surut dari awalnya menggunakan piranti super jadul hingga memakai perangkat  bisa dibilang sangat canggih.

Menelusuri sejarah perkembangan teknologi komputer, tak dipungkiri mencerminkan juga berkembangnya daya pikirnya manusia  karena mampu berpikir mencari celah jalan keluar mengatasi masalah yang ada di era itu.

Ditemukannya perangkat komputer beririsan dekat lewat jalur matematika, karena tokoh-tokoh dibalik  perkembangan komputer didunia dalam riwayat sejarahnya, sebagian besar berlatar pendidikan matematika.  

Baca juga

Penjelasan revolusi industri 4.0 menurut para ahli

Merujuk penjelasan  Kamus  Besar Bahasa Indonesia, dikatakan disana komputer merupakan alat  elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara teliti menurut instruksi  diberikan dan menyajikan hasil pengolahannya serta dapat menjalankan sistim multimedia.

Sumber ide Membuat komputer

Berkembangnya  teknologi komputer telah turut pula membawa efek perubahan kehidupan manusia. Mula-mula komputer   hanya dipakai untuk menghitung saja, pasalnya, dari nama komputer  saja  yang disadur dari  bahasa Latin dan inggris yakni computare  atau  to compute. Keduanya ini bermakna menghitung karena itu ditemukannya alat hitung adalah bagian dari sejarah perkembangan komputer mula-mula.

Nah, alat hitung itu menurut sejarah namanya abacus sebagai sumber ide awal ditemukannya komputer. Dilansir dari  laman  kemendikbud.go.id, dijelaskan bahwa abacus sudah digunakan sehari-hari oleh masyarakat bangsa romawi dan yunani saat menghitung layaknya kalkulator di jaman sekarang.   Nanti belakangan di tahun 1642 seorang pakar matematika blaise pascal asal   Perancis berhasil membuat kalkulator otomatis.

Dari penemuan kalkulator inilah dalam sejarah perkembangan komputer, terbersit ide mengembangkan penemuannya ke dalam mesin canggih lagi, tidak   cuma  dipakai buat berhitung tapi bisa digunakan buat keperluan lainnya.

Kemudian tahun 1672  hasil temuan  pascal itu  dikembangkan lebih lanjut oleh ahli matematika berkebangsaan jerman, Gottfried Wilhelm Leibniz. Gottfried menambah sistem bilangan biner ke dalam mesin kalkulator temuan pascal sehingga bisa  menghitung model  perkalian serta  pembagian.

2 abad sesudahnya di tahun 1800,   seorang pakar matematika juga asal negara inggris  George Boole mengembangkan bilangan biner  temuan gottfried menjadi pola matematika, belakangan populer namanya disebut aljabar Boolean.

Lebih lanjut, menukil isi buku terbitan kemendikbud tahun 2020 (modul kelas XII)  berjudul  dunia di ujung jari,  ringkasnya  sejarah perkembangan komputer  diawali tahun 1820. Lewat karyanya  berjudul difference engine, seorang pakar matematika  Charles Babbage asal negara  Inggris membuat mesin penghitung ukuran raksasa.

Atas kreativitasnya, beliau dinobatkan menjadi bapak komputer, sebagai sumber ide utama lahirnya pemikiran membuat mesin yang bisa di program oleh manusia.

Sejarah Perkembangan komputer antar generasi

1.  Komputer generasi pertama

 

Dalam sejarah perkembangan lebih lanjut, komputer generasi pertama dibuat oleh Konrad Zuse asal  jerman. Komputer ini ukurannya sangat besar dengan bobot 30 ton tinggi 2.4 meter dan panjang 30 meter. 

 

Bisa dibayangkan, seandainya komputer generasi pertama ini masih digunakan hari ini, maka hanya segelintir orang saja mau menggunakannya. Pasalnya ukurannya itu lho seukuran rumah tinggal. 

 

Oh iya, komputer generasi pertama di buat tahun 1937 bernama atanasoff berry guna keperluan menyelesaikan sistem persamaan linear. Kemudian  berlanjut diciptakannya  komputer colossus guna keperluan  khusus militer memecahkan kode rahasia militer Jerman.  

 

Sejarah perkembangan komputer terus bergeliat, tidak hanya untuk kebutuhan khusus seperti tadi dijelaskan, tapi mulai juga diperuntukkan buat hal umum lainnya. Tahun 1946 lahirlah computer ENIAC di philadelpia amerika serikat. Konstruksi komputer generasi pertama ini cukup raksasa, musababnya menggunakan tabung vakum seukuran satu ruangan buat menyimpan datanya.

 

2.  Komputer Generasi Kedua 

 

Isitilah komputer generasi kedua muncul tahun 1951 setelah berkembangnya pemakaian transitor agar menggantikan pemakaian tabung vakum di era komputer generasi pertama seperti tadi sudah dibahas.

 

Pemakaian transitor pada komputer  berakibat  ukuran komputernya lebih minimalis tampilannya, hemat menggunakan energy serta murah harganya. Selain transitor, di masa komputer generasi kedua  turut juga  diperkenalkan penggunaan memori magnetik.

 

Tak mengherankan operasi komputer masa itu sudah mulai cepat dibanding versi lawas sebelumnya. Untuk tujuan komersil, tahun 1953 IBM  merilis komputer buatannya seri IBM 650 serta  IBM 700.  

 

3. Komputer generasi ketiga

Evolusi sejarah perkembangan komputer di generasi ketiga, bermula tahun 1964 karena ditahun tersebut jack billy memperkenalkan penggunaan chip integrated circuit (sirkuit terpadu) kedalam mesin  komputer. Ide brilian ini muncul karena melihat versi komputer  sebelumnya cepat panas, tidak tahan bila dipakai agak lama sedikit.  

 

Chip buatan Billy, memiliki fungsi menampung semua  fungsi komponen dalam papan mesin komputer pada satu sumber saja berukuran kecil dan tipis. Atau dengan lain kata chip  buatan billy  menjadi otaknya peralatan elektronika berisi jutaan transitor.

 

Sebagai pengetahuan tambahan, contohnya chip mikro prosesor intel pentium 4  dengan gelombang frekuensi hingga 3.8 Ghz, jumlah transitor didalamnya kurang lebih dikisaran 125 juta. 

 

4.  Komputer generasi keempat

 

Sesudah komponen chip IC digunakan, maka perkembangan selanjutnya komputer mulai memakai silicon mikro prosesor. Inilah tonggak sejarah dimulainya komputer generasi keempat di tahun 1971.


Cikal bakal lahirnya produk silicon sebenarnya sudah dimulai tahun 1958 melalui tangan dingin tukang listrik amerika Jack Kilby dan Robert Noyce selaku inisiatornya.


Berkat karya spetakulernya, kilby  diganjar hadiah nobel di tahun 2000 dan temuannya diberi label IEEE milestone.


Merujuk jajak pendapat di laman cnn.com dengan responden  119 pembaca, atas pertanyaan penemuan terpenting di dunia, 24 persen masyarakat mendaulat silicon adalah penemuan paling penting, dilanjutkan dinomor urut duanya world wide web (www) sebanyak 20%. 


Sejak itulah, komputer  diproduksi dalam mode tampilan lebih kecil sehingga dapat dibawa kemana-mana saat mau bekerja dan diistilahkan sekarang dengan sebutan laptop atau notebook

 

Komputer generasi kelima 

Nah versi terakhir komputer di era digital saat sekarang ini, disebut generasi kelima. Tanda awalnya, adalah kemunculan very large scale integration (VLSI)  di awal era 80an.  

 

Perbedaan mencolok dari buatan generasi keempat ke bawah cuma pada daya tampung transitornya. Chip mikroprosesor berbasis VLSI memiliki daya tampung hingga milyaran transitor. 

 

Era kedepan diperkirakan perkembangan komputer akan lebih semarak lagi. Beberapa wacana  pakar semikonduktor untuk mengganti transitor berbahan silicon sebagai bahan dasar pembuatan chip sudah mulai digagas. Adalah bahan indium gallium arsenide  atau InGaAs  menjadi alternatif pengganti transitor silicon.

 

Alasannya, transistor InGaAs lebih menjanjikan buat digunakan pada aplikasi logika daya rendah berkecepatan tinggi di masa depan


Baca juga

 

kupas tuntas kecerdasan buatan (artificial intelligence)

Bagikan artikel ini