-->

Rabu, Februari 14, 2024

SEJARAH GPS DITEMUKAN DAN FUNGSINYA

sejarah gps

GPS (global positioning system) merupakan teknologi super canggih yang sudah banyak dikenal masyarakat. Bayangkan seorang bisa diketahui keberadaannya ada di wilayah mana,  cuma dengan memakai teknologi GPS ini.

Ini merupakan teknologi muktahir yang sudah banyak digunakan dalam urusan apa saja, tidak saja berkaitan dengan pemetaan namun bahkan hingga urusan handphone yang hilang,bisa diketahui secara cepat.

Dalam postingan ini akan diuraikan asal usul bagaimana GPS ini sampai bisa ditemukan.

Sejarah singkat GPS di temukan

Ditemukannya GPS berbarengan dengan ditemukannya lebih dulu internet. Mereview ulasan saya di artikel soal internet, bahwa ringkasnya internet digunakan pertama kali oleh departemen pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969. 

Baca juga

Sejarah perkembangan internet di dunia

Empat tahun sesudah ditemukannya internet, kemudian di tahun 1973 barulah ditemukan teknologi GPS ini  oleh Roger Lee Easton. Saat itu GPS dimanfaatkan buat keperluan militer amerika dan diberi nama NAVSTAR GPS (navigation system with time and ranging global positioning system).

10 tahun sesudahnya, tepatnya ditahun 1983 oleh Presiden Amerika saat itu Ronald Reagen mengijinkan teknologi GPS bisa digunakan oleh masyarakat luas.

Mengapa penggunaan GPS harus mendapat ijin dari presiden amerika  ?

Ini berkaitan dengan satelit yang saat itu hanya dikuasai oleh pihak militer amerika serikat. Tanpa satelit, teknologi GPS hanya menjadi sampah yang tidak punya fungsi apa-apa. 

Sejalan dengan meningkatnya arus pengguna  GPS ini maka di tahun 2005 oleh presiden Amerika Bill Clinton  jumlah satelit  mulai ditambah, data terakhir dirangkum dari berbagai sumber jumlah satelit ini di tahun 2020 sudah ada diangka 31 buah.  

Manfaat teknologi GPS

Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan manusia dengan adanya teknologi GPS, beberapa diantaranya  

1. Transportasi

Lewat GPS para pengemudi baik itu supir mobil,  para pelaut dan bahkan seorang pilot pesawat terbang  dapat mengetahui rute yang mereka tempuh, berapa jaraknya, dan lamanya waktu yang dibutuhkan. 

Google salah satu contohnya, sebagai search engine paling populer saat ini, tak luput menggunakan GPS  dalam fiturnya google map.

2. Membuat peta

Pun dalam urusan pemetaan tanah atau wilayah tertentu, GPS sangat membantu sekali dalam mengukur luasan area, menentukan batas-batasnya. 

3. Ilmu pengetahuan

Saat ini di bidang pengetahuan, teknologi GPS banyak digunakan pada berbagai alat pemantauan. Semisal alat pendeteksi gempa atau tsunami, alat pemantau aktivitas gunung berapi, pemantauan cuaca.

4. Aktivitas olahraga dan wisata

Kalau  anda seorang olahragawan pencinta alam yang senang dengan aktivitas di alam terbuka maka tepat kiranya alat GPS dijadikan teman karibnya. Sudah banyak petualang alam liar  yang memanfatkan GPS guna mendukung hobinya menelusuri daerah belum terjamah. Tentunya ini dimaksudkan biar mereka tersesat dan tahu persis jalan untuk pulang ke rumahnya.

Itulah ulasan singkat seputar GPS  yang saya rangkum dari beberapa sumber terpercaya.

Baca juga

2 peralatan canggih pendeteksi gempa dan tsunami

Bagikan artikel ini