-->

Jumat, Oktober 27, 2023

JEJAK SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET DI DUNIA

"sejarah perkembangan internet Sejarah perkembangan internet beriringan dengan perjalanan panjang perkembangan komputer. Tak ditabukan, masa sekarang ini kehidupan manusia di seluruh pelosok penjuru dunia tak bisa dipisahkan dari pengaruh internet.

Internet memberikan segalanya kepada kebutuhan manusia baik langsung atau tidak langsung. Mulai dari urusan sekedar mengobrol, belajar, mencari pekerjaan, hiburan atau urusan lainnya, pokoknya internet telah memberikan informasi tanpa batas.

 

Saking luasnya informasi tersaji lewat jaringan internet, membuat orang terkadang betah duduk seharian di depan layar monitor komputernya hingga membuatnya lupa mencari nafkah buat keluarganya.

 

Badan pusat statistik membeberkan hasil surveinya, bahwa tahun 2021    62,10 persen warga Indonesia sudah memakai jaringan internet. 

 

Perkembangan internet mula-mula 

 

Sejarah perkembangan internet, jejaknya berawal dari negeri paman sam Amerika Serikat 1969 saat dimana perkembangan komputer di dunia sudah masuk pada fase keempat. Mula-mula idenya cuma menghubungkan antar komputer   yang berdekatan biar bisa saling berkomunikasi sekaligus juga  

mengakses informasi.

 

Hubungan antar komputer ini digagas  pertama kali menurut sejarah, ialah departemen pertahanan amerika serikat dengan kode proyek arpanet (advanced research project agency network). Jelas tujuannya buat keperluan militer saja, dimana diusahakan informasi tidak dipusatkan di satu tempat tapi menyebar ke komputer di tempat lain.

 

Baca juga

 

Sejarah perkembangan komputer di dunia

 

Sejarah mencatat, proyek Arpanet ini mendulang decak kagum hingga beberapa institusi perguruan tinggi mulai tertarik memakainya. Mulanya komputer dihubungan ke 4 perguruan tinggi yakni Stanford research institute, santa Barbara, Utah university, university California, namun belakangan universitas lainnya ikut-ikutan juga daftar mau menggunakan jaringan tersebut.

 

Mengingat ada dua kepentingan berbenturan dalam satu jaringan yaitu buat urusan militer dan pendidikan, maka diputuskan Arpanet di pilah jadi dua, yaitu milnet atau Arpanet baru. Gabungan kedua inilah menurut sejarah diberi nama darpa internet, dan disederhanakan lagi sebutannya menjadi internet.

 

Dalam sejarah perkembangan internet ditemukan, signal kemunculan internet dengan didahului ditemukannya sistim komunikasi digital yaitu telegraf. Ini merupakan cikal bakal rintisan jalan ditemukannya internet. 

 

Mesin telegraf sebenarnya sudah ada di abad 19 dengan design mengirim data secara elektromagnetik namun ironisnya hanya buat dua perangkat saja melalui sambungan seutas kabel.

 

Seandainya kabel putus, karena tertimpa pohon tentunya urusan pengiriman datanya bakal repot. Makanya di periode berikutnya, para Ilmuan mulai berpikir bagaimana caranya mengirim data tanpa kabel. 

 

Di beberapa literatur sejarah, diceritakan J.C.R. Licklider dalam karya ilmiahnya 1960an, mulai mengenalkan konsep Man Computer Symbiosis. Konsep tersebut meletakan pondasi kuat jaringan komputer yang terhubung satu dan lainnya lewat pita komunikasi dilengkapi fitur media penyimpanan serta pencarian otomatis. 

 

Dua tahun sesudahnya, licklider dapat tawaran dari Jack Runia untuk ditahbiskan menjadi direktur Information Processing Techniques Office,pada project darpa seperti sudah saya bahas sebelumnya . 

 

Terdokumentasi dalam sejarah, misi utama project darpa adalah membangun sebuah jaringan komputer di antara tiga komputer utama departemen pertahanan amerika serikat, terletak diketinggian pegunungan Cheyenne.

Belakangan akibat project darpa mencetuskan pemikiran pengembangan lebih mutakhir lagi lewat ide Arpanet tahun 1969. Setahun kemudian, pemikiran ini berhasil diwujudkan dengan menghubungkan kurang lebih 10 komputer berbeda lokasinya pada tahun 1970. 

 

Beriringan sejarah perkembangan internet, ditahun 1972 Roy Tomlinson memperkenalkan program email buat berkomunikasi secara elektronik. Tahun berikutnya jaringan arpanet mulai dilirik universitas college di London, seolah tak terbendung lagi perkembangan internet benar-benar melejit bak roket apollo menuju bulan.

 

Dalam rentang waktu 15 tahun berikutnya sejak 1973 hingga 1988, sejarah mencatat 100.000 komputer berhasil dihubungkan. 

 

Sejarah perkembangan internet modern

 

Dalam catatan sejarah, dilansir dari sumber resmi laman w3c.org, puncak dari sejarah perkembangan internet terjadi di tahun 1990. Kala itu sir tim burners lee mengajukan sebuah proposal berjudul manajemen informasi ke CERN. 

 

Setelah saya membaca versi asli proposal itu, isinya secara umum menjelaskan detail konsep pangkalan data dan piranti lunak enquire berbasis hypertext dilengkapi design flowchart bagaimana informasi dapat dibagi antar komputer. 

 

Oh iya, perlu diketahui CERN (Conseil europĂ©en pour la recherche nuclĂ©aire) merupakan organisasi eropa yang melakukan riset nuklir. Sudah barang tentu anggotanya ratusan peneliti yang suka berkecimpung dengan data-data. 

 

Nah, tawaran pangkalan data burners lee itu maksudnya hasil penelitian disimpan dalam format html (hypertext markup language). Untuk menulisnya memakai aplikasi buatannya bernama enquire. Ini akan mempermudah pembagian data antar peneliti itu lewat komputer terhubung. 

 

Selanjutnya dokumen dikumpulkan dan disatukan berbentuk dokumen multimedia yang diistilahkan www (world wide web). Ringkasnya, www menjadi gerbang penghubung antar dokumen di setiap komputer dengan format sama html.

Atas temuannya www, sir tim bunerss lee dinobatkan tahun 1999 oleh majalah time menjadi salah satu pemikir hebat abad 21. Beliau akhirnya mendirikan konsorsium world wide web dan diangkat menjadi direktur didalamnya.


Jenis sambungan internet

 

Setelah jaringan internet mulai digunakan di berbagai tempat belahan dunia, perkembangan selanjutnya tak terpisahkan dalam sejarah adalah diperkenalkan berbagai jenis koneksi internet yaitu

 

a. Sambungan internet dengan kabel

1.  Dial up

2. ADSL ( Asymmetric Digital Subscriber Line )

3. LAN

4. TV Kabel

 

b.  Sambungan internet tanpa kabel

Untuk kategori sambungan jenis tanpa kabel, terdiri atas 3 macam saja yakni


1.    GPRS

2.    WIFI

3.    Akses Satelit

 

Kedua jenis sambungan internet ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Namun kalau anda mengejar kecepatan akses, maka direkomendasikan gunakan saja akses lewat satelit. 

 

Sejalan  mulai santernya penggunaan teknologi 5G di kota besar beberapa tahun belakangan, akses internet berbasis satelit di duga akan marak dipakai beberapa tahun ke depan.

 

Apa itu teknologi 5G, bagaimana sejarah perkembangannya simak ulasannya berikut ini

 

Baca juga

Penjelasan lengkap seputar teknologi 5G

Bagikan artikel ini