-->

Sabtu, Januari 13, 2024

5 AJARAN YESUS WAJIB DIIKUTI UMAT KRISTEN

"ajaran yesus" Ajaran yesus  diyakini  sebagian besar oleh umat nasrani mengandung ajaran kasih sayang sehingga itu mereka para pengikutnya begitu membanggakannya. 

Sepanjang ajaran itu membawa kebaikan pada umat manusia dalam arti   ada sifat tolong menolong dalam perbuatan itu bukan menyangkut akidah maka itu sah saja. 

Akan tetapi sudah mafhum di ketahui umum, ajaran yesus lainnya justru tidak dijalankan oleh umat nasrani  padahal itu tercantum jelas dalam bible.

Baca juga

yesus juru selamat umat manusia, benarkah ?

Apa saja ajaran yesus yang tidak dijalankan para pengikut kristus ?

Beberapa ajaran Yesus 

Jika kita membaca bible mulai dari kitab wahyu hingga sampai pada kitab kejadian maka mungkin anda akan terkejut. Pasalnya, dalam bible  ada beberapa ayat yang mengandung ajaran yesus tapi tidak dijalankan umat nasrani padahal mereka mengaku sebagai pengikut yesus.

Berikut beberapa ajaran yesus di maksud dalam bible

1. Yesus di sunat

Ajaran yesus soal sunat ini ada dalam injil lukas 2:21 bahwa yesus disunat setelah 8 hari kelahirannya. Perintah bersunat ini muncul dalam kitab imamat 12:3 (dan pada hari kedelapan haruslah dikerat daging kulit khatan anak itu). Adanya perintah ini, lalu kemudian orang tua yesus melaksanakan sunat  kepadanya.

Pun dalam kitab kejadian 7:9-14 menceritakan soal ini, ringkasnya firman Allah kepada abaraham bahwa abraham dan keturunannya harus memegang perjanjian dengan Allah dan di buktikan dengan disunat pada semua anak laki-laki.

Namun apa yang di contohkan oleh yesus itu, ternyata hingga sekarang para umat kristen tidak melaksanakannya. Paulus melarang melakukan  sunat bagi pria kristen, itu tertera jelas dalam galatia 5:2 "sesungguhnya, aku paulus berkata kepadamu jikalau kamu menyunatkan dirimu kristus sama sekali tidak akan berguna bagimu. 
 
2. Tidak boleh makan babi

Daging babi merupakan makanan favorit sebagian besar umat kristen dikecualikan bagi umat kristen advent, keyakinan  mereka melarang  makan daging babi itu. Larangan untuk makan babi merupakan ajaran yesus juga, ada dalam kitab imamat pasal 11:7-8, ulangan 14:8. 
 
Intinya  dalam isi 2 kitab tersebut daging babi itu dilarang keras untuk dimakan dan bahkan disentuh pun bangkainya tidak dibolehkan. Ironisnya, hewan babi ini malah dipelihara dan diperdagangkan oleh umat kristen sendiri.

Lantas ajaran siapa yang menghalalkan untuk makan babi ini bagi umat kristen ?

Setelah ditelusuri, ternyata ini ajaran paulus dalam suratnya pada jemaat korintus 6:12 bahwa segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.
 
Pun ada juga umat kristen menggunakan injil matius 15:11 sebagai dasar mereka memakan daging babi, "dengar dan camkanlah, bukan yang masuk kedalam mulut yang menajiskan orang melainkan yang keluar dari mulut yang menajiskan orang.
 
Ada juga pendapat dari umat kristen mengatakan yang dilarang  dalam kitab imamat dan ulangan adalah berlaku untuk daging babi hutan saja sedangkan daging babi hasil budidaya di bolehkan. 

Lantas, apa bedanya daging babi hutan dan daging babi peliharaan ?

Mengutip dari laman a-z.animal.com, perbedaan di antara kedua jenis babi ini hanya ditemukan secara fisik saja, yaitu
  1. Babi peliharaan lebih berat  dari pada babi hutan 
  2. Warna babi hutan cenderung berwarna hitam sedangkan babi peliharaan berwarna putih atau merah
  3. Taring babi hutan lebih besar dan kalau babi peliharaan taringnya lebih kecil
  4. Tubuh babi peliharaan lebih besar sedangkan babi hutan tubuhnya cenderung kecil
Artinya disini bahwa babi hutan dan babi peliharaan sesungguhnya hewan yang sama karena 4 perbedaaan diantara keduanya terjadi karena soal habitat di mana 2 hewan itu hidup. Jadi tetap dilarang untuk di konsumsi bagi umat kristen.

Lebih mengejutkan lagi ternyata, bahasa babi hutan dalam kitab imamat dan ulangan merupakan sebuah kata sisipan. Dalam bible terbitan tahun 1949, tidak ada kata babi hutan hanya ada kata "babi".

3. Yesus berpuasa

Berpuasa merupakan ritual agama islam yang kerap dilakukan setiap tahun di bulan ramadhan. Namun dalam agama kristen ini juga menjadi ajaran yesus,  tampak jelas dalam injil matius 4:1-2 diceritakan bahwa yesus ketika itu di bawa roh ke padang guna di goda iblis dan yesus melakukan puasa selama 40 hari dan 40 malam.

Berpuasa merupakan sebuah cara untuk menahan godaan iblis bagi umat muslim dan itu sudah dicontohkan oleh yesus seperti dikatakan pada injil matius tadi. Faktanya, sebagian  besar umat kristen tidak menjalankan ajaran yesus ini.
 
4. Berdoa dengan bersujud dan menghadap kiblat
 
Perkara berdoa merupakan bagian terpenting dari ritual ibadah agama apapun. Umat kristen sendiri berdoa dengan cara kedua telapak tangannya dipertemukan (dikunci). Apakah cara berdoa begini merupakan ajaran yesus, ternyata tidak. Coba baca injil matius 26:39 berikut ini
 
Maka ia maju sedikit lalu bersujud dan berdoa, kata-Nya ya bapa-ku jikalau sekiranya mungkin biarlah cawan ini lalu dari padaku, tetapi janganlah seperti yang kukehendaki melainkan seperti yang engkau kehendaki. 

Pun dalam mazmur 5:8 dikatakan "tetapi aku, berkat kasih setia-Mu yang besar aku akan masuk ke dalam rumah-Mu, sujud menyembah kearah bait-Mu yang kudus dan takut akan engkau.
 
Jadi yesus itu kalau berdoa dengan cara bersujud, kepalanya ditundukkan mencium bumi seperti biasa dilakukan umat muslim saat sholat.

5. Yesus melepas alas kaki 
 
Rumah ibadah adalah sebuah rumah suci di mana pada tempat ini kita akan melakukan pertemuan dengan pencipta jagat raya lewat sebuah kegiatan ritual keagamaan. Karena merupakan rumah suci maka seharusnya untuk masuk kedalamnya harus dalam keadaan suci pula.

Salah satu cara menjaga kesucian itu adalah dengan cara melepas alas kaki kita sesaat sebelum masuk. Pun bagi umat kristen, sebelum masuk ke gereja, alas kakinya entah sepatu atau sendal jepit tidak boleh dipakai seperti ajaran yesus dalam kitab keluaran 3:5.
 
"lalu ia berfirman janganlah datang dekat-dekat, tanggalkanlah kusutmu dari kakiku sebab tempat di mana engkau berdiri itu adalah tanah yang kudus.

Apakah ajaran ini sudah dipraktekkan umat kristen  saat masuk ke gereja ? Jawabnya, tidak sama sekali. Sepatu berbagai merk yang saat datang ke gereja, mungkin sempat menginjak kotoran kucing di jalan akan turut serta di bawa ke dalam rumah ibadah.

Ajaran islam mengikuti ajaran yesus

kelima ajaran yesus yang diulas tadi hanya sebagian kecil saja, dan  kelima ajaran itu dipraktekkan semua oleh umat muslim. Ironisnya, umat kristen yang mengaku sebagai pengikut ajaran yesus justru tidak melakukannya sama sekali dan bahkan cenderung mengikuti ajaran paulus.

Misal halal makan daging babi, minuman alkohol, tidak disunat adalah sebuah ajaran dari paulus sedangkan yesus sendiri tidak pernah mengajarkan hal-hal itu. Secara logika akal sehat, kalau begitu jangan pernah menganggap yesus itu tuhan, posisi itu harusnya di jabat oleh santo paulus. 

Dalam  ajaran islam, bersunat, tidak makan daging babi, berpuasa, sujud dan melepas alas kaki saat masuk ke rumah ibadah wajib dilakukan. Artinya penganut ajaran islam sesungguhnya pengikut setia yesus, musababnya tidak melanggar apa yang yesus ajarkan dan malah mempraktekkannya.

Butuh pola pemikiran terbuka untuk menerima fakta ini,  mau disangkal dengan alasan apapun tidak akan menjawab adanya perbedaan antara ajaran yesus dan praktek yang mengaku sebagai pengikut kristus.

Baca juga

Santo paulus: kehidupan masa muda hingga kematiannnya (lengkap)

Artikel Terkait

Bagikan artikel ini