-->

Kamis, Desember 14, 2023

SERTIFIKAT ORGANIK : MANFAAT DAN LEMBAGA PENERBITNYA


"sertifikat organik", "sertifikasi organik" Sertifikat organik merupakan sebuah pengakuan dari lembaga tertentu yang membenarkan bahwa suatu produk memang memenuhi syarat dan prinsip  organik. 

Kita tidak bisa mengklaim seenaknya saja bahwa produk itu organik atau tidak hanya berdasar pendapat sendiri tanpa didukung sebuah sertifikat organik.

Untuk itu menjadi penting, bagi para petani atau siapa saja yang terjun dalam budidaya tanaman organik buat mengurus sertifikasi organik ini. Lantas, kemana  mau mengurusnya  ?

Lembaga sertifikasi organik

Di Indonesia, ada beberapa lembaga yang berwenang menerbitkan sertifikat organik itu. Lembaga tersebut ada yang miliknya pemerintah Indonesia dan ada juga lembaga independen terakreditasi.

Sesuai aturan yang berlaku di Indonesia, semua lembaga yang memberikan layanan sertifikasi organik wajib di periksa oleh komite akreditasi nasional (KAN). Ini sesuai perintah yang ada dalam Peraturan Menteri Pertanian tentang Sistem Pertanian Organik dan SNI 6729.  

Baca juga

5 cara paling efektif edukasi masyarakat tentang pertanian organik

KAN sendiri sudah mengantongi pengakuan internasional dari APLAC/ILAC MRA (Asia Pacific Laboratory Accreditation Cooperation/ International Laboratory Accreditation Cooperation) dan pengakuan dari PAC/IAF MLA (Pacific Accreditation Cooperation / International Accreditation Forum).

Jadi tidak perlu khawatir, semua lembaga yang menerbitkan sertifikat organik itu sudah pasti memenuhi syarat buat memberikan layanan penerbitan sertifikat organik. 

Perintah ini, berada dalam pasal 9 ayat 1 peraturan menteri pertanian yang tadi, bahwa  Setiap unit usaha yang telah menerapkan Sistem Pertanian Organikdapat mengajukan sertifikasi kepada Lembaga Sertifikasi Organik yang telah diakreditasi oleh KAN.

Siapa saja  lembaga sertifikasi organik di maksud itu ?

a. Inofice  

Alamat kantor,  Jl. Tentara Pelajar No.3 Bogor

b. LeSos

Berlamat di Ngoro Mojokerto 61385

c. BIOcert  

    Alamat : Jl. Perdana Raya Budi Agung Cimanggu Residence Ruko A1. Kedung   Badak, Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat 16165

d. Sucofindo

Beralamat di Graha SUCOFINDO Lt.6 Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780

e. PT. PCU Indonesia

Alamat : Gedung AD Premier Lt. 8 Unit 5-6, Jl. TB Simatupang No. 5, Ragunan, Jakarta Selatan

f. PT. Icert Agritama Internasional

Alamat : Ruko Hollywood Blok F1, Jl. Pangeran Sogiri, Tanah Baru, Bogor 16154

g. Sustainable Development Services (SDS) Indonesia | LSO-008-IDN

Alamat : Jl. Kemiri No.1 Candijati, Arjasa , Jember, Jawa Timur

Ketujuh lembaga sertifikasi organik ini sudah di akui oleh pemerintah Indonesia memenui syarat untuk menerbitkan sertifikat organik bagi para pelaku usaha.

Namun perlu diketahui sertifikat organik yang dikeluarkan itu, tidak semuanya diakui di tingkat internasional. Maksudnya disini, walau sudah punya sertifikat organik sebuah produk, saat ekspor produk itu ke negara tertentu belum tentu negara tujuan ekspor produk bisa menerima sertifikat organik yang kita miliki.

Misal, untuk ekspor produk organik ke uni eropa, maka aturan yang berlaku disana, bahwa lembaga yang menerbitkan sertifikat organik telah memenuhi semua ketentuan yang di atur dalam regulasi uni eropa

Terkadang mereka akan minta sertifikat organik dari lembaga sertifikasi internasional. Berikut daftarnya

1. PT. Icert Agritama Internasional

Perusahaan yang satu ini telah bekerja sama dengan ACT organik negara Thailand sehingga sertikat yang mereka terbitkan diakui oleh negara-negara uni eropa.

 

2. ECOCERT

Merupakan lembaga sertifikasi organik internasional yang berkantor pusat  di negara Perancis.

3. ETKO

Merupakan lembaga sertifikasi berpusat di Izmir, yang memberikan layanan sertifikasi organik  ke luar negeri. Sertifikat organik yang mereka terbitkan diakui di pada negara india, pakistan, rumania, bulgaria, ukraina,  kazakhstan, rusia, georgia, moldova dan korea.

Manfaat sertifikat organik

Mengantongi sebuah sertifikat organik yang berasal dari proses budidaya tanaman organik sangat dianjurkan, karena banyak manfaat bisa kita peroleh.

1. Memberikan sebuah jaminan pada pasar bahwa proses budidaya produk  itu sudah sesuai  prinsip pertanian organik 

2. Memberikan perlindungan pada konsumen atau  produsen dari bahaya penipuan

3. Meningkatkan pendapatan bagi petani karena produk organik biasanya mahal

4. Memperluas akses pasar hingga ke negara luar


Empat manfaat ini, memberikan dampak pada semua pihak sehingga semuanya diuntungkan,  tidak ada seorang pun yang dirugikan.  

Baca juga

produk organik: sebuah peluang bisnis menjanjikan

Bagikan artikel ini