-->

Senin, Desember 25, 2023

MITOLOGI YUNANI: SUMBER INSPIRASI AJARAN KEKRISTENAN

"mitologi yunani"

Mitologi Yunani merupakan salah satu warisan budaya dunia yang penuh cerita mistis dari masa lampau khususnya berkaitan adat kebiasaan masyarakat Yunani kuno.

Cerita ini sudah sering kita dengar dan cukup menarik diikuti karena berisi cerita dewa –dewi yunani kuno yang menjadi sesembahan mereka di masa itu.

Saking menariknya, bahkan ada sejumlah nama para dewa atau dewi dijadikan nama sebuah program pemerintah, misalnya program antariksa pemerintah amerika serikat, nama pesawatnya Apollo adalah nama dewa musik, cahaya dan ilmu pengetahuan dari mitologi yunani.

Baca juga

santo paulus: kehidupan masa muda hingga kematiannya

Pun dalam  ajaran kekristenan, karena wilayah yunani pernah dikunjungi oleh santo paulus dalam misi  penyebaran ajaran Kristen, maka tampak ada kemiripan kisah yesus kristus dan Hercules anaknya dewa zeus, keduanya dianggap manusia setengah dewa.

Terlepas dari soal kemiripan tadi, kisah para dewa-dewi yang ada dalam lingkaran  mitologi yunani ini, kini beberapa situs sejarahnya diakui sebagai  warisan budaya dunia yang berharga.

Beberapa diantaranya dari situs bersejarah itu masih  kerap dikunjungi para wisatawan seluruh dunia,  misalnya situs sejarah di pulau delos yunani, seperti kuil Apollo dan kuil hera diyakini pada masa lampau menjadi tempat pemujaan masyarakat yunani kuno.

Pada jamannya, setiap dewa atau dewi dianggap punya ciri khas dan kemampuan tertentu  sehingga satu dan lainnya tidak akan pernah sama karakteristiknya. Mereka mewakili dan melambangkan aspek tertentu dalam setiap kehidupan manusia dan bahkan juga  alam semesta. 

Siapa saja dewa-dewi dalam mitologi yunani itu dan apa saja kelebihan mereka masing-masing. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini penjelasannya.  

Kumpulan dewa-dewi yunani kuno

1. Dewa Zeus

Dewa zeus merupakan sosok dewa yang dianggap paling kuat dari semua dewa dalam mitologi yunani dan bahkan dia didaulat sebagai rajanya para dewa. 

Oleh karenanya ia menguasai langit dan menjadikan petir sebagai simbol kekuasaannya. Tidak cuma itu, dewa zeus juga dianggap ayah dari sosok manusia yang bernama Hercules.

Dalam berbagai tayangan film, hercules diceritakan sebagai sosok manusia kuat seperti bapaknya zeus, dan dianggap manusia setengah dewa.

Terlepas dari anaknya hercules itu, dewa zeus ini dianggap sebagai pelindung atas hukum, ketertiban serta keadilan.

2. Dewi Hera

Hera merupakan seorang  ratu bagi para dewi dan sekaligus juga  istri dari dewa zeus. Karena ia merupakan pendamping hidup dewa zeus,  maka ia dianggap dewi pelindung atas perkawinan, kelahiran maupun keluarga.  Bangsa yunani kuno sering memujanya dan dijadikan simbol kesetiaan serta  keibuan.

3. Dewa Poseidon

Bangsa yunani kuno memandang dewa poseidon sebagai  dewa penguasa laut  sehingga punya kemampuan mengendalikan lautan beserta semua isi didalamnya. Digambarkan, dewa Poseidon mampu menggerakkan ombak setinggi berapapun ia inginkan, begitu kisahnya yang sering ditayangkan dan bahkan diangkat menjadi judul sebuah film berjudul Poseidon.

4. Dewi Athena

Dewi keempat ini sesuai dengan nama ibu kotanya yunani yaitu Athena. Mungkin ini juga menjadi alasan negara yunani memilih nama Athena sebagai nama ibu kota negaranya.  Ia dianggap sebagai dewi kebijaksanaan, dewi perang, karenanya didaulat sebagai pelindung kota Athena.   

5. Dewa Apollo

Dibidang musik, pemanah, matahari,  ilmu pengetahuan, dewa Apollo merupakan dewa pelindungnya. Ia dikenal juga sebagai dewa nubuat sehingga banyak orang sering menyembah kepadanya untuk meminta ramalan masa depan.Dijaman yunani dan romawi kuno dewa appolo ini sering disembah karena statusnya sebagai anak dari dewa zeus.

6. Dewi Artemis

Artemis dalam mitologi yunani kuno  dikenal sebagai dewi perburuan, hewan liar, alam liar, perawan serta perbukitan.  Ia  juga  dianggap pembawa serta  menghalau penyakit pada kaum perempuan, termasuk pula dewi penolong  pada  proses kelahiran wanita.  Dewi artemis adalah putri dewa zeus, saudara kembar dari dewa Apollo.    

7. Dewa Hermes

Kalau urusan membawa pesan pada manusia itu adalah tugasnya dewa hermes. Ia memakai  sandal bersayap ketika melaksanakan tugasnya. Tugas lainnya, melindungi perjalanan, perdagangan   serta  berkomunikasi dengan dunia bawah.

Dewa hermes  diyakini  juga  sebagai dewa atletik karena ditemukannya beragam olahraga  semisal balap, gulat maupun tinju. Oleh karenanya dewa hermes akan memberi perlindungan pada   olahragawan, membantu mereka apabila  terluka. 

8. Dewi Afrodite

Aphrodite merupakan  dewi kecantikan, cinta, dan keindahan karena dikenal memiliki banyak kekasih. Ia  dewi paling cantik dari semua dewi yang ada dalam mitologi yunani. Dalam kepercayaan romawi kuno, dewi afrodite dibilang  dewi venus 

Dilansir dari Wikipedia, dalam sebuah puisi (theogonia) karya hesiodos yang di tulis pada abad ke 7- 8 sebelum masehi, diceritakan dewi ini lahir dari kelaminnya uranus.

9. Dewa Ares

Ares  merupakan  dewa perang serta berhubungan dengan segala macam  kekerasan. Dia memiliki keberanian dalam bertempur karena itu diyakini menjadi dewa pelindung para perajurit yang lagi berperang.

Sosoknya di kenal haus darah, menguasai segala macam persenjataan perang, penyerangan, pertahanan maupun  pemberontakan.     

Itulah profil singkat dewa  dewi dalam mitologi Yunani yang hingga sekarang masih banyak diceritakan. Walau sepintas cerita masa lalu itu tidak masuk akal, namun begitulah mitos yang sudah terlanjur berkembang biak di tengah masyarakat yunani.

Mitologi yunani dalam ajaran kekristenan

Kalau dibandingkan dan ditelaah dengan teliti, kisah hidup yesus kristus hampir sama persis dengan kisah hidup Hercules anaknya dewa zeus. 

Mungkin ini menjadi sumber inspirasi santo paulus selaku tokoh utama pendiri agama Kristen, mengingat masa itu beliau pernah singgah di  wilayah yunani guna memperkenalkan ajaran kekristenan.

Apa saja kesamaan yesus dan hercules itu, berikut penjelasannya  

1. Kelahiran  

Yesus diyakini para umat Kristen lahir dari roh Allah yang menyelinap ke kandungan   seorang perempuan di bumi Maria namanya, kemudian dilahirkan berwujud manusia.      

Pun soal dewa zeus diyakini menikah dengan  Alcmene, lantas melahirkan sosok manusia yang di beri nama Hercules. Disini kemiripannya, keduanya dianggap manusia setengah dewa dan atau manusia setengah tuhan  

2. Mujizat 

Bahwa sepanjang perjalanan hidupnya, yesus kristus banyak melakukan berbagai perkara hebat dan luar biasa, misalnya membangkitkan orang mati, menyembuhkan orang buta, memberi makan 5000 orang hanya dari 2 potong roti dan ikan, menghentikan badai dan sebagainya.    

Hal sama pada kehidupan Hercules, oleh karena statusnya anak dewa zeus maka dianugerahi kekuatan luar biasa melebihi manusia normal.   Disini kemiripannya, keduanya melakukan hal-hal luar biasa di luar batas kemampuan manusia.    

3. Kematian 

Proses matinya Yesus melalui serangkaian penyiksaan dari prajurit romawi dan terakhir disalibkan pada sebuah tiang kayu, kemudian ia mati, dikuburkan selanjutnya bangkit lagi di hari ketiga.    

Pun hercules berlaku  demikian, matinya karena sebab diracun, lantas bangkit lagi dan berubah wujud menjadi sosok dewa.

Cerita kedua tokoh ini menjadi sumber inspirasi para produser film, semisal walt Disney   sempat merilis sejumlah film karyanya bertema tentang Hercules, begitupun kisah hidup Yesus. 

Baca juga

warisan budaya dunia, jarang diketahui orang

Artikel Terkait

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,