-->

Minggu, Oktober 15, 2023

WARISAN BUDAYA DUNIA JARANG DIKETAHUI ORANG

WARISAN BUDAYA DUNIA Warisan Budaya Dunia merupakan salah satu informasi penting wajib diketahui sebab bagian   paling berharga dari peradaban umat manusia mencakup warisan bertema budaya, sejarah maupun alam. Badan PBB UNESCO menetapkan , Warisan Budaya Dunia harus dilindungi serta  dilestarikan agar boleh dinikmati  generasi sekarang atau generasi berikutnya.

Baca juga

Wisata alam Kabupaten Bolaang Mongondow

Jenis-Jenis Warisan Budaya Dunia

1.   Warisan Budaya Alam

Merupakan jenis warisan budaya dunia tentang  cagar alam dengan   nilai ekologis estetis luar biasa. Contohnya yakni taman nasional galapagos di Ekuador, Great Barrier Reef di Australia,  hujan tropis pulau Sumatra  Indonesia. Warisan budaya dunia bertema alam tidak hanya segi keindahan alamnya bisa dinikmati, tetapi terpenting buat  kelangsungan  ekologi planet bumi.

2.   Warisan Budaya

 Warisan Budaya Dunia seperti ini berhubungan aspek budaya manusia, semisal situs arkeologi, monumen bersejarah, atau kota bersejarah. Contohnya piramida giza di Mesir, kota kuno Roma di Italia, dan Kuil Angkor Wat Kamboja. Seluruh warisan budaya itu  mencerminkan prestasi manusia dahulu pada bidang seni, arsitektur, teknologi.

3.   Warisan Budaya Campuran

Yaitu menggabungkan aspek  budaya serta alam. Contohnya Taman Nasional Machu Picchu di Peru, di mana situs arkeologi Machu Picchu terletak dalam landskap alam  menakjubkan  merangkul keterkaitan erat antara manusia dan lingkungannya.

Contoh Warisan Budaya Dunia Terkenal

1.   Piramida Giza, Mesir

Piramida Giza sudah dikenal luas sebagai  salah satu keajaiban dunia arkeologis  paling ikonik. Terletak di padang pasir Mesir, piramida ini dibangun sekitar 4.500 tahun silam sebagai makam bagi firaun-firaun Mesir kuno. Struktur piramida diketahui  memiliki tiga piramida utama: Piramida Agung, Piramida Khafre, dan Piramida Menkaure.

2.   Great Wall of China, Tiongkok

Tembok Besar Tiongkok merupakan salah satu keajaiban dunia  paling luar biasa. Tembok besar merupakan  sistem pertahanan raksasa,  membentang melintasi Tiongkok guna melindungi Tiongkok dari invasi suku-suku nomaden di utara.

Dibangun selama berabad-abad, pasalnya karena   menghabiskan  jutaan batu bata. Selain menjadi simbol  keuletan masyarakat Tiongkok,  pemandangan sekitarnya pun bisa dibilang sangat  indah.

3.   Machu Picchu, Peru

Machu Picchu, situs arkeologi Inka berlokasi pada ketinggian pegunungan Andes Peru. Tempat ini menjadi terkenal di seluruh dunia karena keindahan alamnya di padu kemegahan arsitektur Inkanya.

Dibangun pada abad ke-15, Machu Picchu merupakan kota suci  tersembunyi dikelilingi   jajaran pegunungan, akibatnya  sulit ditemukan bangsa eropa selama berabad lamanya. Keberadaannya baru bisa ditemukan penjelajah Amerika Serikat, Hiram Bingham  tahun 1911.

4.   Kota Kuno Roma, Italia

Kota Kuno Roma adalah kumpulan situs bersejarah  mencakup Colosseum, Forum Romawi, dan Pantheon. Kota ini  bekas ibu kota Kekaisaran Romawi dimana jaman dulu dijadikan  pusat politik, budaya, dan agama.

Adapun colosseum adalah amfiteater klasik buat  pertunjukan gladiator dan acara hiburan lainnya. Forum Romawi adalah pusat dialog   politik petinggi kerajaan  Roma kuno.

Terakhir bangunan pantheon berbentuk bulat seperti  kuil  dimana jaman dahuu digunakan sebagai pusat penyembahan dewa. Kini bangunan pantheon itu digunakan sebagai gereja.

5.   Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat

Merupakan salah satu cagar alam paling ikonik,   terletak di negara bagian Wyoming, Amerika Serikat. Tempat ini  rumah bagi beragam ekosistem alam, termasuk geiser, mata air panas, dan hewan liar.

Taman ini juga memiliki alam liar mengesankan, contohnya taman Grand Canyon of the Yellowstone dan Old Faithful, yang merupakan salah satu geiser paling terkenal di dunia. Yellowstone adalah contoh luar biasa dari kekayaan alam dunia.

6.   Situs Warisan Alam Kepulauan Galapagos, Ekuador

Kepulauan Galapagos merupakan salah satu situs Warisan Budaya Dunia ikonik  karena  beragamnya ekosistem didalamnya seperti kura-kura Galapagos dan iguana laut. Penelitian di Galapagos telah memberikan wawasan yang berharga tentang evolusi dan ekologi agar bisa melindungi spesies-spesies langka ini.

7.   Situs Warisan Budaya Dunia Kota Kuno Kyoto, Jepang

Kyoto termasuk kota juga  penting dalam sejarah  budaya Jepang. Dikenal sebagai ibu kota Jepang selama lebih dari seribu tahun, Kyoto adalah rumah bagi banyak kuil, istana,  kebun bersejarah yang menggambarkan seni arsitektur, taman Jepang tradisional, dan ritual budaya seperti teh Jepang.

8.   Pusaka Kebudayaan dan Alam Borobudur, Indonesia

Candi Borobudur adalah situs Buddha terbesar di dunia yang terletak di Indonesia. Candi ini merupakan contoh cemerlang dari arsitektur Jawa kuno,  berisi aneka relief  menggambarkan kisah Buddhis. Selain itu, kawasan sekitarnya  kaya dengan beraneka tradisi seni.

Pentingnya Warisan Budaya Dunia

1.   Pemeliharaan Identitas Budaya

Warisan Budaya Dunia memiliki peran sentral dalam pemeliharaan dan pelestarian identitas budaya suatu bangsa atau masyarakat. Melalui warisan budaya, nilai-nilai, tradisi, bahasa, dan kepercayaan dapat dilestarikan dan diteruskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Ini membantu masyarakat local  tetap terhubung dengan akar budaya nenek moyangnya,sehingga terjaga   dari pengaruh budaya luar.

2.   Pariwisata dan Ekonomi

Situs Warisan Budaya Dunia sering menjadi magnet pariwisata paling kuat. Kedatangan wisatawan ke berbagai situs budaya bisa  membawa manfaat ekonomi signifikan bagi daerah sekitarnya. Wisatawan menghabiskan uang untuk akomodasi, makanan, souvenir, dan layanan lainnya, menciptakan pekerjaan dan peluang bisnis lokal.

3.   Mempromosikan Dialog Antar budaya

Warisan Budaya Dunia mempromosikan pemahaman dan dialog antar budaya. Portal situs ini sering kali menjadi titik temu orang-orang dari berbagai latar belakang budaya serta  bangsa di dunia guna  berbagi cerita   budaya mereka. Dalam jangka panjang pertemuan begitu  bisa  membantu dalam membangun hubungan  lebih kuat antar negara di dunia.

4.   Edukasi dan Penelitian

Warisan Budaya Dunia juga memiliki nilai penting dalam pendidikan dan penelitian. Mereka dijadikan pusat  pengetahuan  tak ternilai menyangkut sejarah, arsitektur, seni, dan budaya manusia jaman dulu. Institusi pendidikan dan penelitian biasanya  menggunakan situs  sebagai sumber belajar bagi banyak orang.

Studi tentang warisan budaya dunia dapat memberikan pemahaman lebih dalam tentang peradaban manusia jaman dahulu  sehingga mampu merangsang inovasi dalam berbagai bidang.

Dengan pelestarian dan penghargaan terhadap Warisan Budaya Dunia, kita tidak hanya menjaga akar-akar identitas budaya, tetapi juga menciptakan peluang  pertumbuhan ekonomi, terciptanya dialog antar budaya.

Sejatinya warisan budaya dunia begini merupakan  cemin  keragaman manusia disekitar  kita. Mari kita jaga warisan budaya dunia khususnya di Indonesia agar penerus kita berikutnya masih bisa menelusuri jejak sejarah.

Baca juga

Tempat wisata instagramable di indonesia

Bagikan artikel ini