-->

Minggu, Desember 10, 2023

MASA PANEN YANG TEPAT TANAMAN ORGANIK, BEGINI CIRI-CIRINYA

"masa panen, tanaman organik" Masa panen situasi paling di nanti para petani, karena itu artinya mereka dapat penghasilan dan sekaligus menutup biaya produksi yang sudah dikeluarkan saat mulai bercocok tanam. 

Untuk itu, Anda harus tahu persis kapan yang pada tanaman organik biar tidak merugi sama sekali.

Panduan Masa Panen

Sayuran dan tanaman organik lainnya akan terasa sangat nikmat ketik masa panen dilakukan pada saat yang tepat. Apabila Anda panennya terlalu dini, tanaman tersebut belum secara optimal bertumbuh sehingga tentu cita rasanya agak berbeda. 

Sebaliknya , jika masa panen dilakukan terlalu lama biasanya tanaman tersebut akan terasa pahit dan keras. Untuk itu, Anda harus tahu kapan tanaman organik.  

Baca juga  

produk organik sebuah peluang bisnis menjanjikan

1. Sayur Akar (root vegetable)

Sayur akar atau rootvegetable umumnya merupakan sayuran yang dimanfaatkan pada bagian akarnya. Contoh dari tanaman ini adalah kentang, wortel, lobak dan jenis sayur akar lainnya. Para petani bisa memanen jenis tanaman ini ketika ukuran dari sayuran sudah sesuai dengan apa yang diinginkan.

Petani juga bisa melihat tanda bahwa tanaman tersebut sudah masuk masa panen adalah dengan melihat tekstur dari kentang atau wortel tersebut. Biasanya teksturnya sudah mengeras tetapi tidak terlalu keras untuk dimakan secara langsung. Sudah teksturnya terlalu lembek maka sayuran tersebut tidak bisa dipanen dan harus menunggu selama beberapa saat kembali.

 Usahakan ketika memanen rootvegetables tidak terkena air sama sekali. Apabila terkena air maka harus dikeringkan dengan cara diangin-anginkan agar tidak membusuk. Penyimpanan bisa dilakukan pada tempat  gelap dan cukup dingin agar tetap terjaga teksturnya

2. Sayur daun (leafy vegetable)

Sayuran daun lebih banyak dibudidayakan pada sektor pertanian karena penanamannya yang lebih mudah. Selain itu tanaman sayur sendiri juga memiliki masa panen yang lumayan singkat jika dibandingkan dengan root vegetables ataupun fruit vegetable. Untuk itu Anda harus mengetahui kapan sayuran daun dapat dipanen guna mendapatkan cita rasa yang baik .

Untuk jenis selada atau bayam, panen bisa dilakukan jika daun tersebut sudah sesuai dengan yang diinginkan ukurannya. Rata-rata masa panen kedua sayuran tersebut adalah 30 hari setelah pindah tanam. Proses panennya setelah 30 hari harus dilakukan  segera agar selada tidak berubah menjadi keras dan pahit.

3. Sayur Buah (fruit vegetable)

Di dunia tanaman ada pula sayur buah yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk sayur-mayur. Sayuran buah seperti tomat, terong, cabai, dan sayuran buah lainnya bisa dipanen ketika menunjukkan tingkat kematangan  diinginkan.

Misalnya saja pada  sayur buah seperti tomat dan cabai , masa panen ketika warna buahnya sudah merah. Jangan biarkan buah tanaman tersebut terlalu lama di pohonnya karena membuat buahnya menjadi busuk secara alami karena telah melewati masa panennya .

Penting untuk para petani memonitor setiap tanaman agar tahu memperkirakan secara tepat tanaman tersebut sudah masuk masa panen atau tidak . Ini juga memastikan bahwa hasil panen memiliki cita rasa dan nutrisi yang optimal buat dikonsumsi. Anda bisa melihat masa panenuntuk tanaman organik di bagian belakang kemasan benih yang dibeli.  Baca juga

Tips memilih benih unggul tanaan organik

Bagikan artikel ini