-->

Jumat, November 24, 2023

DOKTRIN TRITUNGGAL, APAKAH SEBUAH KESESATAN IMAN ?

Doktrin Tritunggal merupakan sebuah doktrin iman yang selalu di ajarkan dalam pengajaran kekristenan. Intinya doktrin ini menawarkan keselamatan kepada anak manusia biar bisa masuk surga. Namun disisi lain doktrin tritunggal telah mematik kontroversi di kalangan penganut di luar agama Kristen, dianggap ajarannya tidak masuk akal sehat.  

Benarkah doktrin tritunggal itu tidak masuk akal sehat sama sekali ?

Tulisan ini akan berupaya mengungkap kebenaran sejarah awal doktrin tritunggal itu bisa muncul berdasar referensi sejarah.

Sejarah doktrin tritunggal muncul

Perdebatan soal doktrin tritunggal tidak pernah usai, sudah berlangsung sejak awal abad ke 2 masehi hingga masa sekarang ini. Istilah tritunggal ini muncul pertama kali di tahun 213 masehi dan di perkenalkan oleh seorang bapak gereja  bernama tertulianus di negara afrika lewat tulisannya berjudul Against Praxeas (melawan praxeas).

Siapa sebenarnya tertulianus ini ? kenapa ide doktrin tritunggal bisa terlintas dalam pikirannya ?

 

Bapak gereja tertullianus adalah sosok apologetik berasal dari sebuah kota bernama Karthago terletak di Afrika.  Nama lengkapnya  Quintus Septimus Florens Tertullianus,  diperkirakan lahir tahun 160 masehi dari keluarga bukan pemeluk Kristiani.

 

Tertullianus sangat mahir dan menguasai  bahasa Yunani serta  bahasa Latin karena pernah  lama bekerja di kota Roma.   Kala itu banyak penganut ajaran Kristen yang memiliki latar belakang silsilah  Yunani suka  berdebat menyangkut keilahian Kristus dan hubungannya  dengan sang Allah Bapa.

 

Baca juga

konsili nicea 325 masehi, jejak sejarah yesus menjadi tuhan

 

Ada pemikiran saat itu yang dimotori ireneus, beliau memandang sosok yesus dari segi kemanusiaan atau fisiknya saja yakni firman menjadi manusia. Tertulianus sendiri punya pandangan agak berbeda  melihat sisi keilahian yesus kristus.

 

Atas 2 perbedaan penafsiran ini, maka  tertullianus berupaya keras mencari jalan tengah menyatukan 2 pendapat ini dalam sebuah kepercayaan baru yakni una substantia tres personae atau ditafsirkan satu substansi tiga hakikat pribadi.

Jadi sesungguhnya doktrin tritunggal muncul sebagai jawaban atas 2 perbedaan penafsiran di abad ke 2 masehi. Walhasil ide brilian itu bisa diterima dan terbukti doktrin tritunggal digunakan penganut agama Kristen.

100 tahun sesudahnya, tepatnya  tahun 325 masehi dalam sebuah forum konsili nicea doktrin tritunggal ditetapkan  menjadi doktrin resmi gereja oleh raja romawi yang berkuasa saat konstantinus lewat sebuah dekrit tesalonika.

 

Pemahaman Doktrin tritunggal 

 

Secara harafiah, dalam kamus besar bahasa Indonesia makna doktrin diartikan sebagai ajaran tentang asas suatu aliran politik atau keagamaan. Doktrin juga berarti pendirian segolongan ahli ilmu pengetahuan, keagamaan, ketatanegaraan.

 

Berangkat dari arti ini, maka doktrin tritunggal bisa disetarakan dengan arti dalam kamus besar bahasa Indonesia, sebagai sebuah ajaran atau pendirian dari para ahli agama.  

 

Kemudian arti tritunggal, jika mengunakan referensi bible sendiri sebetulnya tidak ada secara eksplisit pernyataan itu diseluruh ayat yang ada. Namun sinyal adanya doktrin trinitas atau tritunggal di tafsirkan dari beberapa ayat dalam bible.

1. Injil matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

2.Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: “ya Abba, ya Bapa!” (Galatia. 4:6)

Point utama doktrin tritunggal adalah yesus dianggap sebagai tuhan pencipta langit dan bumi beserta isinya, yang turun ke bumi menjadi manusia dalam 3 pribadi berbeda yaitu bapa, putra dan roh.

Misteri adanya sang pencipta jagat raya coba dinarasikan keesaannya dalam tiga pribadi sekaligus. Doktrin tritunggal nyata  sebuah penafsiran manusia, jika mengikuti alur sejarah lahirnya istilah tritunggal.

 

Tokoh sentral paulus yang mula-mula melempar wacana posisi yesus sebagai tuhan di kota roma, kemudian diaminkan raja romawi berkuasa kala itu dengan turut serta menjadi pengikut ajaran kristus demi menjaga keamanan kerajaannya.

 

Ternyata tertulianus yang saat itu bekerja di kota roma  ikut juga percaya ajaran paulus, malah memperkuatnya dengan menawarkan konsep tritunggal.

Makanya, saat di cari istilah trinitas atau tritunggal dalam bible, sampai rambut rontok pun tidak akan pernah ditemukan. Namun di tafsirkan sendiri tertulianus lewat surat-surat paulus pada jemaatnya  di beberapa kota dikunjungi. Misalnya jemaat di kota roma, Galatia, efesus, filipi, korintus.

 

Baca juga

santo paulus, kehidupan masa muda hingga kematiannya

 

Bagaimana ceritanya  sampai paulus bisa mengajarkan sebuah ajaran yang di klaim berasal dari ajaran yesus ? Pokok bahasan ini sudah saya ulas dalam artikel  saya lainnya

 

Kalaupun ada muncul keraguan atas ajaran paulus, maka satu-satunya argumentasi penganut agama Kristen biasanya mereka akan bilang bahwa ajaran paulus itu muncul karena di ilhami roh kudus. 

 

Benarkah seperti itu ?

 

Baca kembali sejarah, bagaimana  situasi saat itu, budaya dan tradisi paganisme  begitu pesat berkembang di lingkup kerajaan romawi. Inilah yang menjadi sumber ide paulus untuk  memasukkan dalam ajarannya dan bersembunyi dengan label pengikut setia yesus kristus.

 

Lantas, layakkah surat-surat paulus dalam perjanjian baru dianggap sebagai firman tuhan ?

 

Faktanya, dalam dokumen codex sinaticus  yang ditemukan, tidak ada satupun ayat bicara tentang doktrin tritunggal atau yesus adalah tuhan. 

 

Kalau di bilang, doktrin tunggal adalah kesesatan iman, tak bisa ditampik dan disangkal lagi boleh dikatakan ya sebuah iman yang tidak masuk akal sehat dan ternyata hanya sebuah penafsiran tertulianus semata.

 

Mari gunakan akal sehat yang allah telah berikan, telisik secara cermat sejarah abad 1 hingga ke 4 masehi karena kuncinya ada di sana.  

Baca juga

paganisme, apakah ajaran agama pagan dan agama kristen itu sama ?

Bagikan artikel ini