-->

Kamis, Agustus 31, 2023

MENGENAL ARTIFICIAL INTELLIGENCE BIDANG PENDIDIKAN, KESEHATAN

"ARTIFICIAL  INTELLIGENCE"
Pernahkah kamu mendengar tentang istilah Artificial Intelligence? Bagi kamu yang suka nonton film fiksi, pasti tidak asing lagi dengan Artificial Intelligence atau yang biasa disebut AI. Teknologi yang tengah ramai diperbincangkan beberapa tahun terakhir ini, bisa berperan di berbagai bidang termasuk pendidikan dan kehidupan sehari-hari kita. 
Bisa dibilang AI itu seperti sahabat pintar yang bisa membantu kita di banyak situasi, mulai dari nyari resep masakan sampai analisis data yang rumit. Yuk, kita mengenal lebih jauh tentang AI beserta contohnya di dunia pendidikan hingga kehidupan sehari-hari! 

Artificial Intelligence itu seperti apa? 

Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk meniru kecerdasan manusia. Kemampuan ini memungkinkan komputer mempelajari data, mengenali pola, membuat keputusan, dan menyelesaikan tugas-tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia. 
 
Menurut Avron Barr dan Edward E. Feigenbaum (1982), Artificial Intelligence adalah sebagian dari komputer sains yang mempelajari dan merancang sistem dengan tujuan memiliki karakteristik berpikir seperti manusia. Teknik-teknik dalam AI mencakup machine learning, melibatkan pembuatan model matematika yang memungkinkan komputer belajar dari data, serta neural networks yang meniru jaringan saraf otak manusia. 

Baca juga
 
 
AI telah mengalami perkembangan pesat selama beberapa tahun terakhir, dengan kemampuannya semakin kompleks dan makin menyatu dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari AI adalah meningkatkan kinerja komputer dalam berbagai bidang, seperti penerjemah bahasa, pengenalan wajah, prediksi tren, dan masih banyak lagi. 
 
Dengan kemampuan tersebut, AI dapat digunakan untuk memberikan solusi pada berbagai masalah kompleks di dunia nyata. Dilansir dari teachthought.com, artificial intelligence memiliki peran dapat membentuk dan menentukan pendidikan di masa depan. 

Contoh Artificial Intelligence di Bidang Pendidikan 

Pernah gak kepikiran bahwa teknologi AI bisa merubah cara kita belajar? Nah, berikut ini beberapa contoh Artificial Intelligence yang berperan di bidang pendidikan. 
 
1. Sebagai guru virtual 
 
Artificial Intelligence (AI) itu seperti alat pintar yang bisa dipakai untuk belajar, serta sebagai guru virtual yang bisa kamu ajak ngobrol tentang pelajaran. Sebagai platform belajar online yang bisa mengenal cara belajar kamu, menyesuaikan materi dan latihan agar tidak bosan belajar. Sehingga saat kamu lagi belajar online dan menemukan kesulitan, AI bisa memberitahu cara belajar yang lebih pas buat kamu. 
 
2. Mengoreksi tugas secara otomatis 
 
AI bisa membantu dalam mengoreksi tugas secara otomatis, sehingga bisa menghemat waktu guru dan memberikan umpan balik dalam sekejap kepada siswa. Begini cara kerjanya, kamu memberi akses ke kunci jawaban yang benar, kemudian AI akan menganalisis jawaban yang kamu berikan. Menggunakan algoritma untuk memeriksa kesesuaian jawaban dan apabila ditemukan kesalahan AI bisa memberi tahu perbaikannya. 
 
3. Media pembelajaran yang menarik 
 
Cara belajar setiap orang pasti berbeda, dengan bantuan AI kamu bisa mendeteksi metode pembelajaran yang cocok untukmu. Apakah kamu lebih suka belajar dari video, teks, atau berinteraksi langsung? AI bisa cari mencari gambar dan video yang bagus untuk menunjang belajar, sehingga belajar jadi seru dan gak bikin ngantuk. 
 
4. Membantu guru menganalisis data 
 
Selain bisa dimanfaatkan oleh siswa, Artificial Intelligence (AI) juga bisa membantu guru untuk menganalisis data perkembangan para muridnya. Dari sini, guru bisa tahu cara mengajar yang lebih efektif hingga bagian pelajaran yang mungkin belum belum dipahami murid dan perlu diulang. 
 
5. Simulasi interaktif 
 
Dengan AI, kamu bisa memperoleh simulasi interaktif pembelajaran yang praktis. Misalnya, pada bidang sains dan matematika, AI bisa membuat simulasi tentang reaksi kimia, pergerakan planet, atau bahkan model matematika yang kompleks. Sementara itu, di bidang seni memungkinkan kamu untuk menciptakan karya seni digital atau merancang model 3D. 
 
6. Pembelajaran bahasa 
 
Kamu yang lagi belajar bahasa asing seperti bahasa inggris, bisa memanfaatkan AI untuk membantu untuk latihan bicara, berkomunikasi atau memberikan feedback. Hal ini akan sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa. 
 
Artificial Intelligence bukan sekadar teknologi, melainkan mitra pendidikan yang membawa inovasi baru. Dengan AI, pembelajaran jadi lebih personal, efisien, dan interaktif. 
 
Berdasarkan penelitian Tjahyanti, menyatakan bahwa Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) tidak selalu memiliki berdampak negatif akan menggantikan peran manusia. Walaupun memang ada beberapa pekerjaan yang bisa saja digantikan oleh AI, namun kehadirannya juga membawa pekerjaan atau profesi baru salah satunya data scientist. 

Contoh Artificial Intelligence dalam kehidupan sehari hari 

Sudahkah kalian sadar bahwa teknologi Artificial Intelligence sudah masuk ke dalam hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari? Berikut beberapa contoh bagaimana AI mengubah cara kita menjalani kehidupan sehari hari. 
 
1. Asisten virtual 
 
Teknologi AI telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir dan telah membawa revolusi besar dalam pengembangan asisten virtual. Asisten virtual berbasis AI adalah program komputer yang dirancang untuk membantu penggunanya dalam menyelesaikan berbagai tugas dengan menggunakan analisis data, dan kemampuan pembelajaran mesin. 
 
Kamu pasti pernah mendengar suara ramah pada smartphone saat mengetik atau bertanya suatu hal. Nah, itulah yang disebut asisten virtual berbasis AI. Contoh AI yang bisa digunakan sebagai asisten virtual, meliputi Siri, Google Assistant, dan Alexa. 
 
Ada banyak pekerjaan yang bisa mereka selesaikan, di antaranya membantu dalam menjawab pertanyaan, mengatur jadwal, hingga memberikan informasi dengan suara. Misalnya kamu bertanya, "bagaimana ramalan cuaca besok?". Si Asisten Virtual akan melihat database info cuaca terbaru, lalu balik lagi ke kamu untuk memberi jawaban. 
 
2. Rekomendasi konten di media sosial dan platform streaming 
 
Apakah kamu sadar setiap membuka media sosial atau YouTube, akan muncul rekomendasi konten atau video yang pas banget sama keinginanmu? Hasil rekomendasi tersebut merupakan prediksi AI di balik layar yang mengamati setiap pergerakanmu di media sosial ataupun platform streaming musik dan film. Dengan kata lain, AI ini seperti teman pintarmu yang sangat mengerti apa yang kamu suka.
 
Dia akan belajar dari semua aktivitasmu sebelumnya, seperti postingan, like, atau video yang telah ditonton. Lalu, AI akan membandingkan data kamu dengan pengguna lain yang menyukai hal serupa. 
 
Dari situlah, AI bisa menebak dengan lumayan akurat apa yang mungkin sedang kamu cari. Cara kerja AI di platform streaming juga sama, AI memdata lagu seperti apa yang kamu dengarkan atau film yang sudah ditonton. Jadi, playlist musik atau film yang direkomendasikan pada beranda platform streaming bener-bener sesuai dengan suasana hati kamu. 
 
3. Kendaraan otomatis 
 
Teknologi AI juga telah memainkan perannya dalam pengembangan kendaraan otonom atau dikenal dengan kendaraan otomatis tanpa kemudi. AI digunakan untuk memungkinkan kendaraan tersebut melakukan tugas-tugas seperti pengenalan lingkungan, pengambilan keputusan real-time, dan mengendalikan pergerakan kendaraan. 
 
Salah satu contoh merek mobil yang telah menerapkan teknologi ini adalah mobil listrik Tesla, mereka menggunakan sensor seperti kamera, radar, lidar, dan ultrasonik untuk mengenali jalan, sampai menghindari kendaraan lain. 
 
Bisa diartikan AI ini seperti otak mobil, yang bisa melihat keadaan sekitar, mikirin rute, hingga mengambil keputusan atas kemudi dengan membandingkan data pelajaran dari masa lalu yang telah diinputkan. 
 
Bukan cuma itu, AI juga bisa berkomunikasi sama mobil-mobil lain. Misalnya, ada mobil lain yang terdeteksi bahaya di jalan, AI akan mengirim sinyal ke mobil-mobil sekitar agar menghindar sehingga risiko kecelakaan jadi berkurang. 
 
4. Penerjemahan bahasa otomatis 
 
Penerjemahan bahasa otomatis menggunakan teknologi AI telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini dapat menjadi alat yang sangat berguna selama liburan ke luar negeri. 
 
Saat ke luar negeri, AI bisa membantumu untuk berkomunikasi dengan menerjemahkan percakapan lisan ataupun teks secara real-time. Ada banyak aplikasi penerjemahan bahasa otomatis di smartphone yang dapat diunduh secara gratis, contohnya Google Translate, Microsoft Translator, atau iTranslate. Kamu bisa menggunakannya untuk membaca peta lokasi, menu restoran, atau berkomunikasi dengan penduduk setempat. 
 
Pada penerjemahan teks, kamu bisa menggunakan kamera untuk menerjemahkan teks ke dalam bahasa yang telah dipilih secara instan. Sedangkan untuk penerjemahan suara, beberapa aplikasi penerjemah bahasa menggunakan teknologi speech to text dan text to speech untuk menerjemahkan percakapan lisan secara langsung. 
 
Selain berguna ketika liburan di luar negeri, aplikasi penerjemah bahasa juga bisa dimanfaatkan untuk belajar bahasa asing. Contoh aplikasinya seperti Duolingo, Babbel, atau Memrise yang menggunakan pendekatan interaktif dengan dukungan AI untuk membantumu belajar hingga berbicara bahasa asing. 
 
5. Sistem pengenalan wajah 
 
Pada smartphone kamu pasti memiliki fitur pengenalan wajah, dengan menerapkan fitur ini kamu dapat membuka kunci perangkat dengan wajah sendiri. Di balik fitur ini, ada teknologi AI yang bekerja untuk membandingkan wajah kita dengan data yang tersimpan untuk memastikan keamanan. 
 
Artificial Intelligence (AI) belajar mengenali perbedaan di wajah manusia menggunakan data foto dan video wajah dari banyak orang. Saat kamu menatap ke kamera, AI akan membaca wajahmu menggunakan kamera itu. Teknologi ini juga bisa diterapkan untuk sistem keamanan yang menggunakan sidik jari, dan check in di bandara. 
 
6. Aplikasi kesehatan dan kesejahteraan 
 
AI berfungsi untuk memberikan informasi tentang kesehatan, serta membantumu dalam menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Terdapat beberapa aplikasi kesehatan yang telah menggunakan AI untuk memantau aktivitas fisik, detak jantung, dan aktivitas tidur. 
 
Berdasarkan data yang telah diperoleh, AI akan menjadi asisten pribadi untuk bantu kamu memantau kesehatan. Bagi pengguna android, kamu bisa menggunakan aplikasi Google Fit dan untuk pengguna iPhone bisa menggunakan aplikasi Apple Health. 
 
Selain itu, teknologi AI juga bisa membantu dokter mendiagnosis penyakit dari gambar hasil pemindaian, seperti X-ray atau MRI. Dokter akan menganalisis gambar itu dengan lebih teliti dengan bantuan AI. 
 
Ada juga aplikasi untuk menunjang kesejahteraan mental, AI akan mempelajari pola bicara atau tulisan kamu. Apabila ada tanda-tanda stres atau depresi, aplikasi ini akan memberi saran yang tepat untuk mengurangi stres. 
 
Jadi, teknologi Artificial Intelligence (AI) bisa membantu asisten virtual hingga mobil tanpa sopir, AI telah menyatu dengan kehidupan kita. Jadi, sekarang kita bisa dengan pasti mengatakan bahwa Artificial Intelligence telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari bidang pendidikan sampai kehidupan kita sehari-hari. 
 
AI telah mengubah sebagian besar cara kita belajar dan hidup. Satu hal yang pasti, teknologi ini akan semakin berkembang di masa mendatang. 
 
Baca juga  

Bagikan artikel ini