-->

Kamis, Agustus 10, 2023

7 REKOMENDASI MOTOR LISTRIK MURAH DI INDONESIA

"motor listrik murah"

Perkembangan teknologi di Indonesia sudah tersebar hingga ke berbagai sektor salah satunya adalah sektor otomotif kendaraan motor listrik. Indonesia memiliki sumber daya alam nikel yang melimpah sehingga  menjadi potensi yang besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Di sinilah faktor yang membuat pemerintah berinisiasi melakukan percepatan pemanfaatan listrik sebagai pengganti kendaraan motor yang menggunakan BBM. Pasalnya,   kendaraan motor listrik dinilai  menjadi solusi yang tepat untuk mengurangi dampak polusi di Indonesia.

Trend Motor Listrik di Indonesia

Tahukah kamu pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya mendorong pembelian motor listrik bagi seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Upaya ini dilakukan agar masyarakat pada umumnya secara bertahap akan beralih menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan pribadinya.

Indonesia bahkan sudah menggaet beberapa perusahaan besar untuk bekerja sama dan berinvestasi di Indonesia. Sebut saja Tesla, perusahaan teknologi milik Elon Musk beberapa tahun terakhir melirik Indonesia dengan potensi sumber daya alam nikelnya yang mendukung pembuatan baterai skala besar. 

Tidak hanya itu saja, salah satu perusahaan terkemuka Hyundai juga dikabarkan kini tengah melakukan tawaran kerja sama terkait bisnis kendaraan listrik di Indonesia. Semua percepatan ini dilakukan agar masyarakat Indonesia dapat merasakan kemudahan dengan mengendarai kendaraan motor listrik.

Kendaraan Listrik untuk Semua Kalangan Masyarakat

Kabar gembira untuk kamu yang sedang mencari motor baru di tahun 2023 ini. Motor listrik dapat menjadi salah satu motor yang direkomendasikan sebagai motor barumu di tahun 2023 ini.

Dengan membeli motor listrik, kamu berkesempatan untuk mendapatkan motor listrik baru dengan subsidi pemerintah. Pastikan kamu sudah sesuai persyaratan dan terdaftar sebagai pembeli motor listrik yang telah mendapatkan subsidi dari pemerintah ya.

Baca juga

Anda penerima subsidi motor listrik atau tidak ?

Pemerintah kini sedang menargetkan agar terjualnya 50 ribu motor listrik di Indonesia. Maka dari itu pemerintah pun menerapkan berbagai kebijakan salah satunya adalah dengan memberikan subsidi senilai tujuh juta rupiah bagi masyarakat Indonesia.

Keuntungan Mengendarai Motor Listrik

Motor listrik dinilai dapat memberi keuntungan bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya harganya yang terjangkau, hemat bahan bakar, namun juga turut membantu mengurangi polusi gas di Indonesia. 

Seperti yang kita tahu Indonesia menjadi paru-paru dunia karena hutannya luas tersebar di penjuru Indonesia. Maka dari itu adanya motor listrik ini justru mendukung percepatan pengurangan emisi gas yang berdampak buruk bagi alam dan kelangsungan hidup manusia.

Ada beberapa keuntungan kalau anda menggunakan motor listrik,  diantaranya sebagai berikut.

1. Hemat Bahan Bakar 

Dengan menggunakan motor listrik, kamu tidak perlu lagi membeli bahan bakar minyak (BBM).  Motor listrik didesain menggunakan baterai yang mampu membawa motormu hingga berpuluh-puluh kilometer  jauhnya dengan kecepatan tertentu. Kamu juga dapat mengisi daya baterai di rumah atau tempat pengisian daya baterai motor yang ada di kotamu.

2. Mendapat Subsidi Motor Listrik Senilai 7 Juta Rupiah 

Kamu juga akan mendapatkan subsidi dari pemerintah senilai 7 juta rupiah bagi yang ingin membeli motor listrik tahun ini. Subsidi ini diberlakukan agar semakin banyak masyarakat Indonesia yang beralih menggunakan motor listrik. 

Subsidi ini sudah diberlakukan mulai bulan maret hingga desember 2023 nanti. Persyaratan untuk mendapatkan subsidi motor listrik pun cukup mudah, kamu hanya menyiapkan beberapa identitas sebagai syarat untuk menerima subsidi kendaraan listrik.

3. Menjaga Lingkungan 

Kendaraan yang menggunakan energy gas bumi, dapat mengakibatkan polusi yang tidak baik terhadap lingkungan sekitar. Dengan beralih menggunakan kendaraan listrik, kamu dapat berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam. Tidak hanya lingkungan yang sehat tetapi kamu juga turut membantu keberlanjutan hidup hingga ke generasi selanjutnya.

4. Gratis Pajak Kendaraan Bermotor dan BBNKB 2025 

Dengan menggunakan motor listrik, kamu berpeluang untuk mendapatkan gratis Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan BBNKB di Tahun 2025. Kebijakan ini dikeluarkan oleh pemerintah untuk mempercepat pembelian motor listrik di Indonesia.

5. Pengendara Motor Listrik Bebas Ganjil Genap 

Keuntungan lainnya yang dapat dirasakan dengan menggunakan motor listrik adalah penerapan bebas ganjil genap bagi pengendara motor listrik. Kamu tidak perlu khawatir lagi jika hendak melewati jalan yang terdapat aturan ganjil genap.

6. PPN 1% 

Adanya penerapan PPN 1% bagi pemilik kendaraan motor listrik tentunya menjadi keuntungan tersendiri. Kamu mendapat pajak yang terjangkau dengan performa kendaraan yang berkualitas. Harapannya dengan penerapan PPN 1% bagi motor listrik ini mampu menjangkau lebih luas lagi konsumen yang teratrik untuk membeli kendaraan motor listrik di Indonesia.

7 Merek Motor Listrik Termurah di Indonesia

Masih bingung dalam memilih motor listrik yang mau dibeli, berikut ini 7 motor listrik termurah yang dapat kamu beli di Indonesia di tahun 2023.

1. Motor listrik Gesits

Gesits merupakan salah satu motor listrik yang diproduksi di Indonesia. Kamu dapat membeli motor ini dengan harga senilai Rp28,97 Juta. Motor listrik dengan merek Gesits ini juga akan mendapat subsidi 7 juta rupiah dari pemerintah bagi pembelian motor di tahun ini. Gesits baru mengeluarkan satu jenis merek kendaraan saja yaitu tipe Gesits G1.

Motor listrik Gesits memiliki daya motor 5KW dengan jenis baterainya 72 Volt/20 Ah. Kamu membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam untuk mengisi daya baterai. 

Untuk baterai tunggal dapat menempuh jarak berkendara hingga sekitar 50 kilo meter. Sedang untuk baterai ganda dapat menempuh jarak sampai 100 kilometer. Desain motor yang modern dan didominasi dengan warna merah dan hitam ini dapat menjadi salah satu referensi motor listrik yang dapat kamu beli di tahun ini.

2. Motor listrik Volta
Motor listrik selanjutnya adalah Volta, kendaraan listrik ini juga merupakan produksi karya anak bangsa. Volta telah mengeluarkan dua jenis motornya yaitu Volta Virgo dan Volta 401. Untuk motor listrik dengan tipe Volta Virgo dibanderol dengan harga Rp15,4 Juta rupiah per unitnya.

Sedangkan kendaraan listrik dengan tipe Volta 401 dijual seharga Rp15 juta rupiah. Meskipun harga kedua motor ini memiliki kecendrungan harga yang sama, namun Volta Virgo memiliki ukuran motor yang lebih besar dengan didominasi warna merah. Sedangkan Volta memiliki 401 tampilan motornyayang lebih slim, dengan didominasi warna hitam.

PT Volta Indonesia Semesta menerapkan Battery Replacement System alias Sistem Ganti Baterai (SGB). Dengan baterai 60V20Ah Lithium-ion sudah memiliki tenaga 1,5 KW. Untuk pengisian daya baterai sendiri dapat dilakukan selama 6-8 jam lamanya. 

Motor listrik merek Volta juga mendapatkan subsidi pemerintah dari setiap pembeliannya karena produksinya yang dilakukan di Indonesia.

3. Motor listrik Selis

Berbeda dengan Gesits dan Volta, Selis memiliki tiga jenis motor listrik sesuai dengan kapasitas baterainya. Jenis kendaraan Selis yaitu Go Plus, E-Max dan Agats. Untuk motor lisrik Selis Go Plus single Lithium dibandrol dengan harga Rp26 juta rupiah, sedangkan double lithium seharga Rp34,9 juta. 

Selanjutnya Motor Listrik Selis E-Max dengan baterai lithium dijual seharga Rp16,9 juta rupiah dan untuk motor dual lithium dijual seharga 23,9 juta. Merek terakhir yaitu Agats dijual senilai Rp14,9 juta. Selis memiliki ciri khas motornya yang didominasi berwarna putih dan hitam.

Motor Selis tipe E-Max dilengkapi dengan Baterai SLA 60 Volts 25 AH dengan tenaga penggerak 1200 Watt. Dengan jenis baterai tersebut motor tipe E-Max mampu menempuh jarak 120 Km jika terisi penuh. Motor ini juga memiliki kecepatan hingga 50 Km/jam.

4. Motor listrik ECGO-2

Merek motor listrik selanjutnya adalah ECGO-2. Motor ini pertama kali muncul di GIIAS 2019.  Kendaraan ini mampu melaju hingga maksimal 60 km/jam dengan jarak tempuh kendaraan hingga 70 km. Uniknya motor listrik ini juga menerapkan konsep sewa baterai ke pembelinya. 

Harga sewa baterai tiap unitnya mencapai hingga Rp95 ribu setiap 30 harinya. Untuk harga motornya sendiri dijual dengan kisaran harga mencapai Rp 11 juta per unitnya.

5. Motor listrik viar Q1

Pernah lihat abang ojek online mengendarai motor listrik pada saat mengantarkan pesanan online-mu? Yap, merek motor listrik yang sering kamu lihat itu adalah Viar Q1. Motor listrik ini menggunakan jenis baterai Lithium-Ion 60v 23 Ampere dengan tenaga penggerak 800 Watt. 

Kamu memerlukan waktu sekitar 4 sampai 5 jam hingga baterai terisi penuh. Motor listrik memiliki jarak tempuh 60 kilometer dengan kecepatan 60 km/jam. Kamu dapat membeli motor ini dengan harga Rp 18 jutaan per unitnya.

6. Motor listrik united T1800

Merek motor selanjutnya adalah United T1800 CM. Motor ini memiliki dua unit baterai yang mampu menempuh jarak maksimal hingga 130 km. Berdasarkan infor resmi yang diberikan, motor listrik ini dilengkapi dengan 3 kecepatan yang bisa disesuaikan, yaitu 50km/jam, 60km/jam, 65km/jam, dan 70km/jam. 

Untuk harganya sendiri cukup variatif yaitu United T1800 Standar dibanderol Rp 27,5 juta dengan satu baterai. - Sedangkan T1800 CM sebesar Rp 33,5 juta dan T1800 TM sebesar Rp 34,25 juta dengan dua baterai.

7. Motor listrik Alva one

Selanjutnya adalah motor listrik dengan merek Alva One, kendaraan dengan daya maksimal sekitar 4,8 KW ini setara dengan 5,7 PS (5,5 Tk) dan torsi maksimum 46 Nm. Untuk baterainya sendiri sudah dilengkapi dengan baterai lithium berkapasitas baterai 60 V 45 A (2,7 kWh).

Kamu membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mengisi daya baterai hingga penuh dengan minimum daya listrik 1300 kWh di rumah. Harganya sendiri sekitar Rp 34,9 juta on the road (OTR) Jakarta. 

Beberapa merek motor di atas dapat menjadi salah satu rekomendasi motor listrik yang dapat kamu beli di tahun 2023 ini. Dengan membeli sepeda motor dengan harga termurah kamu dapat menikmati fasilitas motor yang berkualitas. Kamu juga berpeluang mendapatkan subsidi sepeda motor senilai 7 jutaan saja jika sesuai dengan persyaratan yang diberlakukan. 

Banyaknya pilihan motor listrik dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Pilihlah motor listrik dengan spesifikasi dan tentunya sesuai budget yang dimiliki .

Bagikan artikel ini