-->

Jumat, November 15, 2019

4 ALASAN PENTING BISNIS STARTUP HARUS MEMILIH STARTUP ACCELERATOR AGAR SUKSES

bisnis startup
Berbisnis model startup tampaknya sudah dijadikan pilihan terbaik umumnya para kaum muda. Sebenarnya bisnis startup ini merupakan sebuah identitas yang disematkan  pada  suatu usaha  yang  baru didirikan,  namun belakangan, sebuah usaha yang menggunakan platform teknologi informasi dalam kegiatan usahanya dikatakan  oleh sebagai sebuah bisnis startup. 

Diungkapkan oleh  Indonesia Digital Creative Industry Society bahwa perkembangan startup sampai akhir tahun 2018 sudah mencapai jumlah  992 buah.

Ini membuktikan bahwa dewasa ini bisnis model startup sudah menjadi trend kaum milenial apalagi di kalangan kaum mudanya.

Mungkin ada pertanyaan yang menggelitik dari pembaca, apa saja model bisnis startup itu yang di minati para wirausaha  pemula itu ?

Nah, saya perjelas disini beberapa jenis bisnis startup yang cukup pesat merajai dunia maya dan sudah cukup dikenal luas oleh masyarakat, seperti :

1. Bidang permainan (games)

Contohnya adalah megaxus, gameLeveIOne, gamechanger, everidea  dan SemiSoft.

2.Bidang perumahan (property)

Startup yang begitu populis di Indonesia bagi yang memerlukan informasi seputar rumah adalah rumah123.com dan atau rumah.com

3. Bidang perdagangan (e-commerce)

Jenis startup yang masuk pada bidang ini contohnya shopee, olx, bukalapak, tokopedia, kecipir, agromaret, tanihub dsb

4. Bidang investasi (pasar modal/sekuritas)

Contoh startup bidang sekuritas adalah sinarmas sekuritas , trimegah sekuritas, telefast sekuritas dan masih banyak lagi.

Pembaca, perlu kita semua ketahui bahwa sebagai sebuah perusahaan rintisan seperti sudah saya utarakan sebelumnya, dalam bisnis model startup ada 6 tingkatan yang biasa digunakan untuk menilai tingkatan sebuah bisnis startup  yakni cockroach, pony, centaurs, unicorn, decacorn, dan hectocorn.

Penilaian itu  lazim disebut valuasi yaitu sebuah   nilai ekonomi yang melekat pada sebuah bisnis. Bagi sebuah bisnis startup cara menilainya dengan adalah dengan menggunakan 6 ukuran: 

1. Jumlah competitor

2. Jumlah dan besaran  transaksi dicapai

3. jumlah pelanggan

4. Nilai teknologi produk yang digunakan

5. Kualitas tim
6. Jumlah pesaing

Peran startup accelerator dalam bisnis startup

Lepas dari  enam ukuran itu, pertanyaan yang tak bisa ditampik bagi seorang wirausaha  adalah bagaimana agar bisa sukses dalam bisnis startup  itu ?

Ada dua pemicu yang menjadi faktor tumbuh berkembangnya bisnis startup ini, pertama apa yang disebut dengan inkubasi, kedua adalah startup accelerator.  
 
Anda perlu dan wajib hukumnya untuk mengikuti dua hal tersebut, karena keduanya memiliki hulu  yang sama, mendorong bisnis startup berkembang lebih pesat lagi,  melalui penyempurnaan produk yang dijual, atau melalui skema dan design model bisnis startup yang dipakai.

Pembaca, dilihat dari segi waktu pelaksanaannya, antara  program incubator dan startup accelerator sangat berbeda. 
 
Bagi yang memilih mengikuti program inkubator startup, selama 6 sampai dengan 18 bulan anda akan diberikan pelatihan-pelatihan   intensif seputar ide-ide  bisnis startup, melakukan rekayasa design bisnisnya terhadp ide itu maupun menyiapkan design produk yang siap dijual. 

Baca juga

Lain halnya dengan program accelerator startup, program dilangsungkan hanya kurang lebih tiga bulan. Sumber penyebabnya, karena menu programnya lebih mengutamakan bisnis startup  yang telah mempunyai sebuah produk. 
 
Artinya, startup accelerator hanya sebuah jalan untuk mempermulus sebuah produk dari bisnis startup untuk siap dijual ke pasar.  

4 alasan penting bergabung dengan accelerator Startup

Menciptakan sebuah bisnis startup yang sempurna semuanya, bukan sebuah pekerjaan mudah bagi yang melakukannya secara sendirian. Tapi akan berbeda hasilnya, ketika bisnis startup itu dikerjakan oleh banyak orang, apalagi oleh sebuah tim yang professional. 
Untuk  itulah, ada 4 alasan bagi wirausaha pemula startup mengapa harus bergabung dan ikut dalam pelatihan startup accelerator.

1. Mendapat dukungan yang secara terpadu
Saat bisnis startup sedang meredup, merupakan alasan yang sangat bagus sekali untuk minta bantuan melalui program startup accelerator.  Para mentor yang ada  akan memberikan arahan secara menyeluruh dan terpadu berdasar pengalaman dan pengetahuan mereka tentang hal-hal yang terkait bisnis startup yang anda miliki

2.Daftar lengkap kegiatan

Walau dalam program startup acceselerator, sekilas terlihat begitu singkat, hanya 3 bulan , namun waktu yang singkat itu diisi penuh sesak  dengan berbagai kegiatan yang menguntungkan bisnis startup Anda miliki . Menu kegiatan program startup acceselerator sangat beragam dan bersifat praktek , seperti pertemuan dengan mentor, sesi umpan balik, presentasi dan demo , cara membangun jejaring

3. Memberi akses ke pemodal

Alasan  ketiga,    bahwa    dalam  program   startup acceselerator mereka akan membantu anda selaku pelaku bisnis dengan jalan memberikan ruang akses  secara langsung dengan seorang investor . Cara yang biasa mereka lakukan adalah  dengan mengundang investor  untuk menonton presentasi

4 . Manajemen risiko

Sebagai sebuah bisnis, tentu resiko rugi adalah hal yang paling ditakuti oleh seorang pebisnis, tidak terkecuali dalam bisnis startup. Namun risiko itu harus bisa dikelolah dengan baik sehingga bisa berubah dan mendatangkan penghasilan bagi bisnis startup. 
Nah alasan keempat   mengapa harus bergabung  dalam   program  startup     accelerator sebagaimana diutarakan oleh Rehan Yar Khan, managing partner di Orios Venture Partners, melalui tulisannya tentang Entrepreneur India,  bahwa startup dapat sukses bila  pengembangan produk, harga, teknologi, operasi, layanan pelanggan, pemasaran, keuangan dan manajemen SDM dapat dikelolah secara terpadu.

Penutup, demikian beberapa pokok-pokok pikiran penting tentang bisnis startup dan semoga ini menjadi bahan pertimbangan bagi yang serius menekuni bisnis startupnya. 

Baca juga
Bagikan artikel ini