-->

Kamis, September 19, 2024

PERISTIWA ISRA MIRAJ HANYA DONGENG, BENARKAH ?

isra miraj

Peristiwa Isra miraj merupakan sebuah peristiwa yang dianggap cuma dongeng belaka  umat di luar islam. Pasalnya bangunan mesjid aqsa sebagai titik pijak keberangkatan   nabi muhammad SAW baru di bangun tahun 715 masehi sedangkan rasululah wafat di tahun 632 masehi.

Secara fakta memang betul mesjid aqsa baru dibangun tahun 715 masehi oleh khalifah Marwan khalifah dari bani Umayyah, lantas bagaimana mungkin cerita mesjid aqsa  itu bisa muncul di dalam Quran. 

Baca juga

Mujizat al-quran: pengetahuan modern dalam al-quran

Apakah itu  berarti Quran yang tertulis kata-kata Minal Masjidil Harami Ilal Masjidil Aqsa (surat al-isra ayat 17) itu  baru ditambahkan setelah tahun 715 masehi.

Memang sejak dulu ketika Quran diturunkan,  selalu   ada orang-orang yang mencoba meragukan isi al-Quran.  Memang Quran yang kita yang kita pegang sekarang dalam bentuk  cetakan utuh, sebenarnya  baru diterbitkan abad 21 masehi.

Nah kalau kita  sodorkan kepada orang yang meragukan Quran tadi itu dia pasti akan balik bertanya sama, itu kan Quran cetakan sekarang cetakan abad 21,  jelas didalamnya ada kata-kata Minal Masjidil Haram Masjidil Aqsa karena masjid aqsanya   sudah ada sejak tahun 715 masehi.

Karena itu pasti dia minta cetakan al-quran sebelum tahun 715 masehi karena beranggapan ayat terkait mesjid aqsa pasti tidak ada  

Untuk memenuhi permintaan orang yang meragukan peristiwa isra miraj itu, kita telusuri jejak sejarah ada tidak quran tulisan tangan abad ke 7 itu?

Salinan-salinan Quran kuno sebelumnya hanya  ditulis manual dengan tangan,  belum di cetak menggunakan mesin seperti sekarang ini.

Kita tahu bersama mesin cetak baru ditemukan abad ke-19 oleh Guten bark, berarti  dari  abad ke18  hingga sampai abad yang ke 7 itu,  bentuk al-quran  semuanya  berbentuk tulisan tangan di atas kulit domba.

Saat ini, salinan-salinan kuno al-quran itu tersimpan rapi  berbagai kampus di Eropa,  tersimpan juga di berbagai museum internasional di Eropa seperti negara perancis (bibliothegue nationale de france), perpustakaan nasional rusia, universitas birmingham inggris.

Sebelum disimpan, manuskrip kuno al-quran itu sudah diperiksa dengan menggunakan karbon c14 guna mengetahui umur dokumen tersebut secara akurat. 

Semua manuskrip quran ini diperiksa oleh profesor marks dan profesor yoham yang berlatar belakang non muslim, mereka yakin manuskrip ini  berasal  dari abad ke 7 masehi atau se jaman dengan saat nabi muhammad masih hidup.

Bahkan ada manuskrip quran yang tahun 645 masehi yang diberi kode registrasi Dam 0127.1 di  sebuah museum.

Kembali lagi ke pertanyaannya, benarkah   ayat-ayat berkaitan dengan ungkapan Minal Masjidil HaramiIlal Masjidil Aqsa tidak tercantum dalam manuskrip kuno al-quran abad ke 7 itu ?

Itu dugaan keliru, karena  manuskrip quran abad ke 7 itu atau tepatnya tahun 645 masehi telah mencantumkan ungkapan yang berkaitan peristiwa isra miraj rasulullah. 

Biar lebih jelas, simak video  berikut ini ya 

Baca juga

Sejarah penyusunan al-quran (lengkap)

Jadi  peristiwa isra miraj itu bukan hanya sebuah cerita fiksi belaka atau sebuah dongeng, namun benar-benar telah terjadi  di masa kehidupan nabi muhammad SAW.  

Artikel Terkait

Bagikan artikel ini