-->

Jumat, Agustus 30, 2024

7 DEWA MITOLOGI MESIR YANG SERING DISEMBAH

mitologi mesir

Mitologi mesir merupakan legenda dunia yang hingga sekarang masih terus saja dibicarakan oleh para arkeolog, ahli sejarah, budayawan, pencandu wisata sejarah.

Tak dapat disangkal, sebagai warisan budaya dunia paling tua, mitologi mesir sangat akrab dengan cerita soal dewa dewinya hingga saat ini.

Adalah raja firaun yang merupakan sosok pemimpin mesir saat itu yang kerap memimpin upacara menyembah dewa dan dewi mesir tersebut.

Saking fenomenalnya. ritual penyembahan dewa dan dewi itu maka tak mengherankan diangkat kisahnya dalam sebuah film aksi fantasi berjudul "gods of Egypt" di tahun 2016 yang disutradai oleh alex proyas.

Hilangnya  Ritual penyembahan dewa-dewi

Akan tetapi sekitar  abad ke 13 sebelum masehi (tahun 1391 - 1271 SM), budaya dan kebiasaan menyembah dewa dan mesir di masyarakat mesir mulai perlahan hilang. 

Musababnya karena nabi musa begitu menentang keras aksi dan kebiasaan penyembahan itu dengan menggunakan berhala patung dewa dan dewi.

Cerita berlanjut, nabi musa dan pengikut setianya di buru oleh raja firaun dan bermuara dengan ijin  Allah  kepada nabi musa membelah laut saat terpojok oleh pasukan raja firaun.

Diperkirakan para ahli sejarah, masyarakat mesir  berhenti total menyembah dewa dan dewinya nanti di abad ke 6 masehi, akibat pengaruh ajaran kekristenan yang mulai berkembang pesat saat itu.

Baca juga

paganisme: ajaran agama pagan dan ajaran kristen apakah sama ?

Namun walau ritual penyembahan itu hilang di masyarakat mesir, namun ternyata konsep  ajaran trinitasnya "tritunggal thebes" dipakai dalam ajaran kekristenan hingga kini.

Lantas siapa saja dewa dan dewi  dalam mitologi mesir yang sering disembah pada masa lampau itu, yuk simak terus ulasannya berikut ini.

Dewa - dewi sesembahan orang mesir

1. Dewa osiris

Dalam mitologi mesir, dewa osiris ini dianggap penting karena berhubungan dengan kematian. Menurut cerita legenda yang dirangkum dalam beberapa sumber sejarah,  osiris ini adalah salah seorang raja mesir yang dibunuh saudara kandungnya seth, kemudian dewi isis yang tidak lain istrinya  sendiri membangkitkan lagi  lewat kekuatan gaib.

2. Dewi Isis

Sama halnya dengan dewa osiris, dewi isis sering juga di sembah oleh masyarakat mesir kala itu karena kedudukannya sebagai istri sah dari dewa osiris seperti tadi diceritakan.

Dinobatkan juga sebagai sosok dewi kematian, karena berhasil membangkitkan lagi sang suami dewa osiris dari kematiannya.

Proses kematian dan kelahiran dewa osiris inilah yang kemudian menjadi ritual penyembahan pada dewi isis pada masyarakat mesir karena dianggap sebagai dewi pelindung kematian.

3. Dewa horus

Figur dewa yang ketiga ini, merupakan anak kandung dari dewa osiris dan dewi isis yang lahir setelah kebangkitn kembali dewa osiris dari kematiaannya.

Dilambangkan  dengan simbol sosok manusia berkepala elang, dewa horus dipercaya sebagai dewa langit, dewa perang dan pemburu. 

Hal menarik, bahwa raja firaun saat itu berkuasa menganggap dirinya  sebagai jelmaan dari dewa horus ini. 

4. Dewa seth

Karena membunuh saudarany sendiri dewa osiris, sosok dewa seth dalam mitologi mesir dikenal punya karakter antagonis, yakni suka membawa kehancuran.

Dalam peristiwa pertempuran balas dendam dewa horus, dewa seth berhasil dikalahkan dengan kehilangan buah kemaluannya. Walau untuk itu juga dewa horus  membayar dengan kehilangan matanya yang berhasil di copot dewa seth.

5. Dewa Ra

Sosok dewa kelima ini dalam mitologi mesir, dipercaya  sebagai dewa pencipta bumi dan seisinya termasuk manusia. Konon katanya dalam kepercayaan mesir kuno, manusia itu diciptakan dari keringat dan air mata dewa Ra.

Sungguh sangat tidak masuk akal sehat dan agak sinting ya..

Dewa Ra banyak disembah masyarakat di wilayah heliopolis (sebelah timur kota Kairo saat ini), karena dianggap sebagai dewa terbesar yang menguasai langit dan bumi.

6. Dewa anubis

Dewa keenam ini digambarkan punya sosok fisik manusia namun kepalanya berbentuk kepala anjing.  Dalam mitologi mesir, dewa anubis yang melakukan pembalseman pada dewa osiris saat mati terbunuh, karena itu dianggap sebagai dewa kematian.

Orang mesir memberi simbol kepala anjing pada dewa anubis, sebab hewan ini sering berkeliaran di pemakaman.

Itulah 6 dewa-dewi Mesir yang disembah  masyarakat mesir kuno di masa lampau yang hingga kini dijadikan sumber inspirasi dari dunia hiburan, walau itu masih menjadi tand tanya besar, fakta atau hanya sebuah mitos belaka.

Baca juga

mitologi yunani sumber inspirasi ajaran kekristenan

Artikel Terkait

Bagikan artikel ini