-->

Rabu, Agustus 28, 2024

6 TAHAPAN DESAIN PUBLIKASI DIGITAL BIAR SUKSES

publikasi digital

Kesuksesan dari sebuah upaya pemasaran secara online akan dipengaruhi juga dari faktor design publikasi digital yang dilakukan. 

Dan ada banyak aspek yang musti dilibatkan saat anda merancang publikasi digital itu yaitu strategi konten, desain pengalaman pengguna, penggunaan teknologi.

Nah berikut kami ulas sedikit cara membuat publikasi digitaal agar bisa sukses

1. Strategi Konten 

Target Audiens: Tetapkan lebih dulu target audiens secara jelas. Pahami kebutuhan serta  perilaku mereka.

Utamakan kualitas daripada Kuantitas: Fokus untuk membuat konten yang punya kualitas tinggi, menarik, informatif serta relevan.

Rencana Konten: buat jadwal konten diterbitkan, terus menyangkut juga topik dan jenis kontennya  (apa berbentuk artikel, video,  dll.).

Integrasi Multimedia: dalam kontent yang dibuat, pastikan isinya menggunakan aneka campuran antara teks, gambar dan  video. Ini sangat berguna buat memenuhi preferensi audiens yang berbeda.

2. Desain Pengalaman Pengguna

Desain template  Responsif: Pilih  platform domain untuk  publikasi digital  dalam format responsif serta gampang diakses, punya kinerja baik pada semua perangkat  desktop, smartphone atau tablet.

Kecepatan memuat: Untuk mencapai hasil optimal dari kinerja website saat memuat, pastikan tidak menggunakan navigasi yang terlalu banyak. Ini dapat memperlambat kinerja website. Selain itu saat menggunakan gambar, upayakan di kompres dulu sebelum dipakai.

Navigasi: Desain navigasi dalam tampilan websitenya  jelas dan bersesuaian dengan isinya. Jangan navigasinya ditulis A namun ternyata saat diklik pengguna isinya justru B (tidak sesuai).

3. Teknologi

Optimalisasi SEO: Publikasi digital anda dapat memenuhi harapan dengan syarat memenuhi praktek SEO sehingga akan mudah masuk dalam peringkat dalam mesin pencari.  

Lantas apa saja praktek SEO dimaksud itu ? meliputi 

  • Penggunaan kata kunci pada judul (volume pencarian tinggi dengan persaingan yang rendah). 
  • Memasang link internal dan eksternal dalam konten
  • Kerapatan kata kunci dalam konten tidak lebih 3 persen
  • Buat konten dalam mode penulisan artikel pilar
  • Memasang teks Alt pada gambar yang digunakan

Analisis: Website yang anda gunakan buat publikasi digital harus terintegrasi dengan fitur analisis (misalnya Google Analytics). Ini bermanfaat buat memantau perilaku pengguna, dari negara mana pengguna itu berasal,  kinerja konten yang dicapai. 

Keamanan:  Untuk melindungi dari ancaman hacker yang suka menerabas website di masa sekarang ini, maka lakukan perlindungan keamanan tingkat tinggi buat  publikasi digital anda. Caranya dengan dengn memasang sertifikat SSL.

Apa itu sertifikat SSL ? sudah saya pernah jelaskan dalam artikel sebelumnya 

Baca juga

pengertian, jenis, manfaat dan cara memasang sertifikat SLL

4. Pemasaran dan Distribusi

Media Sosial: Bertebarannya media sosial saat ini (facebook, linkedin, instagram) merupakan sarana yang anda harus manfaatkan buat promosi konten yang anda buat.  Anda perlu terlibat secara aktif dengan orang lain dengan menjawab pertanyaan dari  audiens pada publikasi digital yang dilakukan.

Pemasaran melalui Email: Melalui saluran email, kirim berbagai informasi terkait publikasi yang anda lakukan  kepada audiens.

Beriklan: Berbagai platform media sosial menyediakan fitur periklanan berbayar. Nah untuk memperluas jangkauan publikasi digital anda,  gunakan praktek beriklan seperti ini.  

Pemasaran Afiliasi: Teknik pemasaran ini melalui kerjasama dengan pihak lain. Tawarkan kepada mereka untuk melakukan promosi konten anda tentu dengan konsekuensi bagi hasil pendapatan yang diperoleh.

5. Strategi Monetisasi

Memasang iklan sponsor: Salah satu iklan sponsor yang tampil secara otomatis pada sebuah konten publikasi adalah google adsense. Ini bisa anda dapatkan jika mengajukan permintaan ke tim google.

6 . Pertimbangan Hukum 

Hak Cipta dan Lisensi:  Pastikan konten yang dipublikasi itu original (milik sendiri), sehingga saat dipublikasi tidak terindentifikasi di mesin pencari punya kesamaan dengan milik orang lain. Bahayanya, website anda punya skor domain authority dan page authority yang rendah, dan itu berpeluang tidak akan ditampilkan di halaman depan mesin pencari.

Itulah beberapa tahapan design publikasi digital agar bisa sukses, pastikan tidak ada salah satu tahapan yang dilewati ya karena punya pengaruh cukup kuat pada hasil akhirnya.

Baca juga

Panduan menggunakan facebook untuk promosi bisnis

Artikel Terkait

Bagikan artikel ini