-->

Selasa, Desember 31, 2019

PENGERTIAN, JENIS, MANFAAT DAN CARA PASANG SERTIFIKAT SSL DI BLOG


"sertifikat SSL"
Berbagai terapi coba diterapkan seorang pemilik situs untuk mendongkrak traffic websitenya. Salah satunya   dengan memasang sertifikat SSL. 

Apa sebenarnya sertifikat SSL itu ?  

Pengertian sertifikat SSL

SSL merupakan kependekan   secure sockets layer (lapisan socket keamanan) yaitu sebuah sertifikat digital  yang  melindungi  website atau situs dari gangguan dari pihak pencuri.

Baca juga

Perlindungan dilakukan dengan cara tidak memberikan akses langsung baik itu membuka url situs atau bahkan mendownload data   tersedia. 

Jadi saat, and klik url website tertentu, saat itulah terbuka jalur perpindahan data antara server di mana website itu menyimpan datanya  dengan komputer atau perangkat lainnya yang anda gunakan.

Jalur terbuka ini, harus diamankan agar aman dan mudah di bobol. Nah  cara mengamankannya yakni meletakan algoritma terenkripsi disertifikat ssl itu.    

Buat apa punya website yang tampilannya aduhai tapi tingkat keamanannya hanya setipis kertas tisu. Mudah robek hanya dengan satu dua sentuhan jemari anak usia 2 tahun.  

Mungkin anda pernah punya pengalaman membuka sebuah situs dan tiba-tiba muncul pesan url not secure, ini pertanda kuat bahwa alamat situs itu tidak aman dikunjungi  dan biasanya ada peringatan kepada anda untuk melanjutkan atau cukup sampai disitu saja, dan balik kanan kembali. 

Ciri utama website atau situs yang sudah memasang sertifikat SSL, bisa dilihat pada alamatnya dipojok kiri atas bertuliskan https:// bukan http://. Jadi ada tambahan huruf “s” sesudah tulisan http yang berarti secure atau aman. Kemudian disertai juga dengan tanda gemboknya  sebelum https. Coba anda perhatikan alamat blog saya ini di sudut kiri atas. 

Kenapa website itu harus pasang sertifikat SSL, apa manfaatnya ?   

Manfaat sertifikat SSL

Sertifikat tanah dan sertifikat SSL jika di pikir-pikir manfaatnya  sama saja. Yang berbeda, satu bersifat fisik dan satunya bersifat digital. Salah satu manfaat dari kedua sertifikat itu adalah memastikan kepemilikan   penguasaan sesuatu benda. 

Kegunaan lain sertikat SSL meliputi  :

1.Menginformasikan kepada pengunjung url tidak palsu atau valid.  
2.Melindungi  data sensitif yang tersimpan di situs itu dari pencurian  
3.Membantu menaikan rangking situs di search engine

Jenis sertifikat SSL 

Secara umum, ada 3 jenis sertifikat SSL di dunia ini :

1.Sertifikat SSL Extended Validation (EV)

  Merupakan jenis sertifikat SSL peringkat paling atas dari semua sertifikat SSL lainnya.  Jenis sertifikat ini banyak digunakan oleh sebuah situs e-commerce karena cara kerjanya memberikan pengamanan berlapis, tidak hanya pada alamat websitenya namun juga semua transaksi  jual beli di situs e-commerce tersebut.

2.Sertifikat SSL Domain Validation (DV)

  Sertifikat SSL  ini hanya khusus diperuntukan untuk melindungi domain tertentu saja. Jadi perlindungan data diberikan dengan meng-enkripsi pemilik domain itu saja.   

3.Sertifikat SSL Organization Validation (OV)

Sertifikasi SSL ketiga ini diberikan hanya untuk suatu organisasi/badan tertentu dan diberi kode tanda warna hijau pada icon gemboknya. Sebagai contoh lihat pojok kiri atas alamat blog ini,terlihat gemboknya berwarna hijau.   
Penyedia sertifikat SSL
Disadari saking pentingnya sertifikat SSL ini dalam lalu lintas data, beberapa tahun belakangan jumlah yang menggunakan sertifikat SSL semakin meroket tajam. Apalagi dengan berkembangnya mode bisnis startup telah turut memacu naiknya permintaan sertifikat SSL ini.  

Untuk skala global atau tingkat dunia, saya mengindentifikasi sedikitnya  8 perusahaan terkemuka menjual sudah sertifikat SSL.

1.   Comodo  
2.   Geo trust  
3.   DigiCert  
4.   Global Sign  
5.   Symantec 
6.   Thawte 
7.   Iden Trust 
8.   Entrust

Soal harga jual sertikat,  di bandrol mulai   harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah dengan masa pakainya cuma setahun. 

Di negara Indonesia sendiri,   penyedia sertifikat SSL terbilang bertumpuk, seperti :

1.   Dewaweb  
2.   Exabytes 
3.   Hostinger 
4.   Dedoho 
5.   Niagahoster 
6.   Sslindonesia 
7.   Domainesia 
8.   Idwebhost 
9.   Warungssl 
10. Gudangssl

Nah silahkan anda pilih sendiri mau beli  yang mana, dan semuanya juga tergantung kesiapan anggaran anda punyai. 

Khusus bagi pemilik situs platform blogspot atau wordpress seperti blog saya ini, kabar baiknya tidak perlu merogoh uang pribadi membeli sertifikat SSL ini karena sudah disediakan secara gratis, tinggal diaktifkan saja. Berikut caranya

1.Buka dashboard akun blog 
2.Pilih setelan 
3.Klik menu dasar  
4.Aktifkan  pengalihan https dengan memilih ya

Itulah beberapa informasi penting tentang sertifikat SSL yang bisa bagikan pada posting saya ini.   

Baca juga 

Bagikan artikel ini