-->

Sabtu, Februari 17, 2024

MEMPERBAIKI DI CRAWL SAAT INI TIDAK DIINDEKS

di crawl saat ini tidak diindeks

Di crawl saat ini tidak diindeks merupakan sepotong kalimat yang akan kita jumpai saat kita melakukan ujicoba pemeriksaan di google search console. 

Pada saat kita klik menu halaman, disitulah kita akan melihat berapa banyak artikel yang bisa diindeks google beserta alasannya kenapa artikel lain tidak diindeks.

Masalah di crawl saat ini tidak diindeks  membuat sakit kepala, dan berbagai jurus pun sudah di coba semisal :

1. Meminta indeks ulang 

2. Menambah panjang content artikel 

3. memeriksa dan memperbaiki struktur data

4. Cek ulang script template

5. minta ahli SEO memperbaiki

6. Menambah backlink ke artikel

7. Merubah link internal artikel ke artikel yang sudah terindeks

Namun tampaknya ikhtiar yang sudah dilakukan cuma sia-sia saja, tidak ada perubahan sedikitpun jumlah artikel yang terindeks google. Jadi kalau  sobat ingin melakukan cara yang sama seperti yang sudah saya lakukan, saran saya lebih baik hentikan saja.

Akibat artikel tidak terindeks maka sejatinya tentu saja menyebabkan traffik  blog menurun drastis juga sehingga berakibat  penghasilan lewat google adsense ikut-ikutan merosot tajam.

Untuk itu perlu upaya serius untuk memperbaiki perkara di crawl saat ini tidak diindeks, jangan dibiarkan saja.

Sebab munculnya di crawl saat ini tidak diindeks

Awalnya, artikel blog ini terindeks oleh google namun semenjak terjadi perubahan algoritma google maka otomatis masalah "di crawl saat ini tidak diindeks" langsung muncul begitu saja tanpa diundang.

Entah apa alasan google suka merubah algoritmanya, hingga kini belum saya temukan jawabannya sama sekali. Untuk urusan ini, biarlah itu menjadi rahasia google sendiri.

Namun dari beberapa pemberitahuan google yang masuk ke email, tampaknya ada sinyalemen tidak terindeksnya artikel gara-gara nilai konten artikel yang rendah. 

Untuk bagian ini masih perlu dipertanyakan apakah maksudnya berlaku untuk seluruh artikel tidak terindeks .

Upaya ini sudah coba dilakukan dengan memperbaharuinya namun tetap saja tidak merubah keadaan, semuanya kelihatan tidak baik-baik saja.

Cara memperbaikinya

Kembali lagi ke pokok perkara di crawl saat ini tidak diindeks,  setelah dilakukan beberapa terapi perbaikan masalah  di crawl saat ini tidak diindeks yang akhirnya menemui jalan buntu maka solusi yang saya lakukan terakhir adalah merubah permalink artikel.

Cara ini ternyata cukup ampuh dan dalam hitungan 3 jam artikel sudah muncul kembali di halaman pencarian google. Bisa dibayangkan kalau jumlah artikelnya sudah ratusan, maka dengan terpaksa harus dilakukan satu persatu.

Tentu adanya perubahan permalink akan menyebabkan eror 404, maka itu perlu saya ingatkan beberapa hal sebelum merubah permalink artikelnya

1. Hapus url lama artikel dengan menggunakan fitur google search console

2. Periksa script artikelnya jika anda sering menulis dengan menggunakan world

3. Hapus script bawaan word, biasanya bertanda "mso"

Kalau selesai melakukan 3 hal tadi maka silahkan rubah judul artikelnya dan posting kembali.  

Baca juga

Cara mengatasi eror 404 dan 301 di blogspot

Bagikan artikel ini