-->

Sabtu, Juli 29, 2023

CARA MENGATASI MASALAH ERROR 404 DAN 301 DI BLOGSPOT/BLOGGER

"mengatasi error 404 dan 301 blogspot"
Terjadinya error 404 dan 301 di platform blogspot sudah menjadi menu santapan yang kerap di alami para blogger. Ini biasanya di ketahui saat dilakukan pengecekan kesehatan blog menggunakan beberapa aplikasi online semisal ahref.

Lantas apa penyebabnya terjadi error 404 dan 301 itu ?

Sumber terjadinya error 404 dan 301 di blogspot

Ini sebuah pengalaman pribadi saya sendiri dalam mengurus blog, yang awalnya kesehatan blog saya sehat wal’afiat tiba-tiba saat dilakukan pengecekan melalui ahref, sudah dipenuhi dengan kode warna warni (kuning, merah) dengan caption 404 dan 301.

Panik sudah pasti terjadi, karena saya tahu persis ini kalau dibiarkan saja akan membuat traffic blog saya akan drop. Banyak postingan tidak bisa di crawl dan bahkan di blok robot.txt.

Setelah coba saya amati dari url masing-masing error itu jelas ada perbedaan. Untuk url error 301 tampilannya selalu merujuk pada alamat blog lama dan alamat blog yang baru saat terakhir digunakan. Contohnya :

Alamat blog lama saya

http://kabela-kabela.blogspot.com

alamat blok baru saya

https://kabela-kabela.blogspot.com

Lihat bedanya cuma dengan adanya tambahan huruf s saja di url blog. Persoalan sepele memang, tambahan huruf s pada url blok saya, bisa muncul karena saya memasang sertifikat security atau SSL.

Baca juga Kumpulan cara blogger meningkatkan trafik blog

Pengertian, jenis dan cara memasang sertifikat SSL

Jadi, akibatnya url blog lama beserta dengan content isinya yang sudah terindeks oleh robot txt, dianggap kosong dan tidak ada isinya.

Lain soal dengan masalah error 404, sebab terjadinya error ini akibat saya menghapus beberapa artikel yang kurang berkualitas begitu saja di dashboard akun blogspot. Rupanya, judul postingan ini masih tetap terindeks oleh google namun contentnya sudah raib dihapus.

Saya berpikir untuk meminta penghapusan url postingan yang terindikasi error 404 melalui google console, namun ternyata tidak memberikan banyak pengaruh pada kesehatan blok.

Kenapa bisa begitu ?

Sebab, url postingan yang saya hapus itu masih menggunakan alamat blok yang lama sebelum sertifikat SSL di pasang, dan saat error 404 itu muncul di alamat url blok yang baru setelah sertifikat SSL di install.

Alasan mengalihkan error 404 dan 301

Selain memberikan dampak buruk pada penilaian kesehatan blok di mana dinilai penuh dengan penyakit kronis dan tidak layak untuk ditampilkan di halaman google, alasan kita perlu ambil perhatian serius untuk membereskan masalah error 404 dan 301 adalah :

1. Agar seluruh postingan di blog kita bisa dicrawl dan tidak diblok oleh robot.txt. style="font-weight: normal;">

2. Memberikan peluang lebih baik bagi para blogger yang sudah bermitra di google adsense mendapat traffik yang ramai tanpa ada kemacetan sehingga bisa meningkatkan pendapatan.

Intinya disini alasan utama kita mengalihkan error 404 dan 301 adalah minimal mempertahankan jumlah pengunjung organik ke website kita.

Cara mengatasi error 301 dan error 404

Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan untuk proses mengalihkan atau redirect error 301, dan untuk masalah error ini cukup diatasi dengan memasang script pada laman template blog. Letakan script itu persis di bawah tulisan </head>

untuk alamat url https://kabela-kabela.blogspot.com dalam script di ganti dengan alamat url milik anda.

Selain 3 langkah tadi di atas, terakhir yang harus dilakukan adalah lakukan perbaikan satu persatu link internal yang di pasang pada setiap halaman postingan, insya allah masalah errornya bisa tuntas.

Kesimpulan

Intinya dari postingan ini adalah pasang script yang sudah saya sertakan di postingan ini di dasboard akun blogger dan laman template kita.

Sekian ulasan saya tentang cara mengatasi error 404 dan error 301

Bagikan artikel ini