-->

Selasa, Desember 26, 2023

KELAHIRAN YESUS: 25 DESEMBER BENARKAH ?

"kelahiran yesus", "25 desember"

Kelahiran yesus setiap tahunnya di peringati para umat kristiani tepat di tanggal 25 Desember. 

Namun sejumlah pakar sejarah beranggapan tanggal 25 desember itu bukan tanggal kelahiran yesus kristus. Lantas tanggal berapa sebenarnya kelahiran yesus ?

Sampai sekarang ini kapan kelahiran yesus itu masih penuh misteri, bahkan diperdebatkan di dialog lintas agama. Sejumlah ahli yakin, yesus dilahirkan antara tahun 4 dan 6 sebelum masehi didasarkan pada kisah pembantaian bayi raja herodes agung.


hari kelahiran yesus versi para ahli

Beberapa ahli berpendapat, misal Peter Richardson dan Amy Marie Fisher lewat bukunya berjudul "Herod: King of the Jews and Friend of the Romans", mengatakan bahwa raja Herodes wafat di tahun 4 sebelum masehi
Walau untuk itu juga ada pendapat sebaliknya dari sejarawan lain bahwa tahun 4 sebelum masehi bukan tahun kematian raja herodes. Kemudian sejarah pembantaian bayi yang berumur dibawah 2 tahun di jaman raja herodes itu tidak ada bukti kuat yang mendukung, itu cuma sebuah spekulasi saja, begitu dikatakan seorang pakar alkitab Reza Aslan di bukunya 'Zealot: The Life and Times of Jesus of Nazareth'.

Menariknya juga, ada ahli lain mencoba membuat hubungan bintang betlehem dengan kelahiran Yesus. Di sebuah artikel Quarterly Journal of the Royal Astronomical Society yang terbit tahun 1991, seorang astronom Colin Humphreys mengungkap bahwa bintang betlehem adalah sebuah komet yang menurut para pengamat astronomi Tiongkok terjadi di tahun 5 sebelum masehi.

Lantas, dari mana tanggal 25 Desember bisa ditetapkan sebagai hari kelahiran Yesus Kristus?

Sejumlah peneliti sejarah mengatakan gereja Katolik Romalah yang memilih tanggal 25 Desember sebagai hari kelahiran yesus kristus. Alasannya, karena pada tanggal itu merupakan titik balik matahari musim dingin dan Saturnalia, kemudian dirayakan dalam festival pesta rakyat guna menghormati dewa saturnus.

Diakui seorang astronom David Allen melalui tulisannya Solstice Determination at Moon, asal Australia, bahwa 25 desember merupakan tanggal di mana para pengamat bumi sebelah utara dapat mendeteksi adanya pergerakan matahari ke arah utara setelah titik baliknya pada pertengahan musim dingin.

Lebih lanjut masih dalam artikel yang sama, david mengungkap juga bahwa, tanggal 25 Desember ditetapkan sebagai hari kelahiran yesus pada kalender kristiani nanti di abad ke-4 Masehi oleh raja romawi, Konstantin. Raja romawi ini berusaha membaurkan agama kristen yang sudah mulai banyak jumlah penganutnya, dengan agama mithraisme serta adat kebiasaan festival pemujaan pada Sol Invictus.

Hal serupa dikatakan, Ignacio Gotz lewat tulisannya "Jesus the Jew: Reality, Politics, and Myth-A Personal Encouter" yang terbit pada tahun 2019 membeberkan fakta bahwa pihak Gereja berusaha agar adat kebiasaan masyarakat romawi masa itu yaitu festival pagan digabungkan dengan festival musim dingin pagan lainnya. Jadilah tanggal 25 Desember dipilih sebagai hari kelahiran Yesus.

Namun apapun pendapat para ahli itu, saya punya pendapat berbeda bahwa tanggal 25 Desember tidak pernah dimuat pada salah satu ayat dalam bible. Artinya ini datangnya bukan dari firman tuhan namun dari manusia masa itu, yang dilatarbelakangi kepentingan demi stabilisasi keamanan kerajaan romawi di masa kepemimpinan raja konstantin.

Hari kelahiran yesus versi bible

Dalam bible, ayat-ayat yang memuat indikasi kelahiran yesus kristus banyak diceritakan dalam berbagai ayat pada injil matius dan Lukas walau dengan cerita versi berbeda.

Misal injil matius 2:1-5 menceritakan soal datangnya orang majus yang bertujuan mencari dan menyembah raja yang baru lahir, kemudian berniat untuk memberikan berbagai hadiah yang mahal.

Berbeda ceritanya dengan injil Lukas 1:1-37, yang menceritakan proses awal bagaimana kehamilan maria bisa terjadi dan berakhir dengan kelahiran yesus.

Namun kedua injil ini tidak persis mengatakan kapan kelahiran yesus, tanggal dan bulan berapa ia dilahirkan. Satu-satunya petunjuk dalam bible yang bisa memperkirakan kelahiran yesus hanya ada pada injil Lukas 1:39-56.

Disini diceritakan soal kedatangan maria yang lagi mengandung ke rumah saudaranya elisabeth sesaat setelah sebelumnya dikunjungi malaikat jibril. Ketika maria datang itu, Elisabeth dalam kondisi hamil yohanes pembaptis dengan usia kandungan 6 bulan.

Pada peristiwa ini, bisa disimpulkan jarak antara kelahiran yesus dan kelahiran yohanes pembaptis ada selisih waktu 6 bulan. Tidak diketahui pasti juga, berapa usia kandungan maria saat datang berkunjung itu, namun yang pasti yohanes pembaptis lahir lebih dulu dari yesus.

Lalu kapan yohanes pembaptis itu dilahirkan ?

Petunjuk tentang kelahiran ini, berangkat dari informasi yang ada pada 1 tawarikh 24:7-18. Pada 9 ayat tawarikh itu, singkatnya diceritakan soal zakaria ayahnya yohanes yang mendapat tugas di bait allah di jaman raja herodes.

Ada pendapat ahli mengatakan bahwa tugas zakaria itu dilaksanakan pada bulan siwan atau tepatnya antara bulan mei-juni dalam kalender masehi sekarang ini. Nah kalau benar usia kandungan elisabeth 6 bulan di bulan juni itu, maka kelahiran yohanes pembaptis itu antara bulan maret atau april di tahun berikutnya.

Diawal tadi di katakan usia yesus dan yohanes berselisih 6 bulan, (lukas 1:39-56) maka kalau yohanes lahirnya di bulan maret maka kelahiran yesus 6 bulan sesudahnya yaitu jatuh di bulan September atau oktober.

Kalau begitu, kenapa 25 desember yang dipilih sebagai kelahiran yesus ? Sedangkan dalam literasi sejarah bible sendiri tidak ada petunjuk yang mengarah pada tanggal dan bulan tersebut.

Inilah kejanggalan, harus direnungi ulang karena bisa dipastikan ada sesuatu yang disembunyikan telah terjadi dimasa lampau dibalik tanggal 25 desember itu.

Baca juga
mitologi yunani: sumber inspirasi ajaran kekristenan

Artikel Terkait

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,