-->

Jumat, November 17, 2023

JEJAK SEJARAH MUNCULNYA PERAYAAN HARI VALENTINE

 perayaan hari valentine

Hari valentine atau biasa kawula muda istilahkan dengan hari kasih sayang, hingga kini sangat digandrungi dan dinanti-nantikan para pasangan yang sedang kasmaran. 14 Pebruari dianggap momen sakral dan paling tepat untuk menunjukkan rasa kasih sayang kita pada lawan jenis.

Beragam cara dipilih dan cilakukan untuk mengungkapkan hasrat cinta seseorang, semisal memberi kado isinya coklat, seikat bunga, mengajak makan malam ditempat paling romantis hingga hal-hal lain yang sifatnya kejutan.

Sejarah Hari valentine

Dilansir dari beberapa sumber terpercaya, diketahui hal ikhwal munculnya hari valentine bermula di kota roma. Valentine adalah nama seorang imam agama katolik di kota Roma pada abad ke 3 masehi, lengkapnya   santo valentine.

Kala itu, kerajaan romawi di pimpin oleh kaisar Claudius II dimana situasi keamanan lagi bergejolak. Kerajaan romawi sering mendapat ganguan keamanan dari bangsa gothic yang tinggal di sekitar lat hitam.

Situasi yang serba kacau itu, mengharuskan sang kaisar membuat kebijakan melarang para pria muda untuk menikah atau bertunangan dan mewajibkan mereka ikut wajib militer atau menjadi bagian dari tentara romawi.

Keputusan ini dirasa sangat tidak adil bagi santo valentine sebagai pemimpin umat  gereja katolik saat itu. Diam-diam beliau melakukan perlawanan dengan tidak mengindahkan  keputusan sang kaisar claudisius II. Pernikahan demi pernikahan terus saja beliau laksanakan dan alhasil perbuatannya diketahui raja.

Akibat perbuatan santo valentine itu, kaisar Claudius mengganjarnya dengan hukuman mati lewat cara di penggal kepalanya.

Nah, sebelum tiba pada hari pelaksanaan eksekusi mati itu, santo valentine sempat di penjara beberapa pekan. Masa dalam jeruji penjara itulah, beliau berkenalan dengan seorang gadis buta, anak dari seorang kepala sipir penjara kerajaan.

Perkenalan beliau dengan gadis itu, membuahkan butir-butiran cinta dan santo valentine berusaha keras untuk menyembuhkan buta yang di derita sang gadis pujaan. Atas ikhtiarnya, gadis itu bisa sembuh dan menjelang detik detik terakhir sebelum menerima eksekusi mati, santo valentine menitip sebuah surat lewat ayahnya.

 

Baca juga 

 

Konsili nicea 325 masehi,  jejak sejarah yesus jadi tuhan

 

Menariknya, di bagian frasa penutup surat itu tertera sepenggal kalimat pendek penutup “from your valentine”. Inilah yang menjadi medan magnet, mengapa hari valentine tidak saja lewat macam-macam dirayakan namun selalu dibarengi untaian kata mesra di balik sebuah surat.

 

Hari valentine menjadi sebuah legenda diseluruh penjuru dunia, tak dapat disangkal menjadi sebuah perayaan kaum muda mudi  paling dinantikan setiap tahunnya.

 

Lantas, mengapa tanggal 14 pebruari dipilih sebagai hari valentine ?

 

Tanggal 14 tersebut adalah tanggal dimana santo dimakamkan di via flaminia sesudah di penggal kepalanya. Dilansir dari laman wikipedia, Via flaminia sendiri sebetulnya adalah nama jalan romawi kuno yang terbentang antara pegunungan Apennine di roma hingga ariminum di wilayah pesisir laut adriatik

 

Perayaan hari valentine di 7 negara

 

Seperti sudah diutarakan di awal, perayaan hari valentine selalu saja berbeda setiap orang bahkan antar negara di dunia. Yuk simak  beberapa bentuk perayaannya di beberapa negara

1. Denmark  

Di negara ini kawula mudanya merayakan hari valentine lewat tradisi bertukar puisi romantis.  Bukan itu saja bahkan mereka mengirim  kartu ucapan berisi tentang sebuah lelucon..  

2. Jepang Di negeri yang akrab dijuluki negara mathari terbit,  perayaan  hari valentine para wanitanya dengan kebiasaan  memberi coklat pada pihak laki-laki, entah itu cuman teman atau pacar. Uniknya, para laki-laki nanti akan membalas hadiah dari wanita  1 bulan sesudahnya di tanggal 14 maret. 

3. Jerman  

Kawula muda jerman   memperingati hari valentine dengan ungkapan  sebuah buket bunga, berisi sepucuk surat cinta pada lawan jenisnya. Dipercaya, jumlah bunga yang diberikan itu tidak boleh genap karena nasib sial akan menimpa mereka, jadi harus berjumlah ganjil   1,3, atau 5.  

4. Amerika Serikat  

Beda negara beda juga tradisinya, seperti di negeri paman sam ini  merayakan hari valentinenya dengan mengirim sebuah  kartu  berisi  pesan hinaan atau  ucapan selamat tinggal.    

5. China  

Di negeri tirai bambu, hari valentinenya dirayakan dua kali oleh para pemuda dan pemudinya   yaitu  tanggal 14 Februari serta  7 Juli.    

6. Italia  

Nah di negara pusatnya agama katolik dunia ini atau sumber muasal hari valentine, bentuk perayaannya sangat kentara sekali pada pasangan dengan status tunangan.  Perayaannya  di tunjukkan  dengan memberi sebuah  keranjang belanja atau   cangkir porselen  diisi  butiran permen yang diberi pita sebagai symbol ikatan cinta mereka.  

7. Korea 

 Kebiasaan berbeda ditemui di negara korea, yakni perayaan hari valentinenya dipilah dua, bagi yang memiliki pasangan, dirayakannya tanggal 14 pebruari dengan symbol pemberian coklat, tapi bagi yang berstatus jomblo, dirayakannya tanggal 14 April dengan  duduk bersama buat  makan mie jajang.  

Baca juga Paganisme : ajaran agama pagan dan agama kristen apakah sama

Artikel Terkait

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,