-->

Sabtu, September 02, 2023

10 LOWONGAN KERJA DI JURUSAN KULIAH IPS

"LOWONGAN KERJA  JURUSAN KULIAH IPS"Jurusan kuliah ips sudah dikenal di masyarakat sebagai fakultasnya anak mahasiswa yang otaknya kurang padat berisi. Karena itu jurusan kuliah ips kurang begitu diminati. 
 
Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan jurusan kuliah ips, kenali lebih dalam ragam jurusannya serta prospek lowongan  kerja di masa depan.

Ada banyak jurusan kuliah IPS tersedia di sejumlah universitas Indonesia atau luar negeri. Sebelum mengetahui apa saja jurusan tersedia, pastikan untuk merenungkan minat, tujuan, potensi karier agar jurusan kamu pilih tepat.

Baca juga

Begini Cara belajar efektif kata ahli pendidikan

Kesalahan dalam memilih jurusan kuliah bisa fatal dampaknya. Hal inipun diungkap Masriah (2018) bahwa memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan diri adalah hal yang tidak mudah, sehingga banyak calon mahasiswa mengalami salah jurusan.

Bahkan, Setiobudi (2017) berpendapat karier yang berhasil di masa depan salah satunya ditandai dari keputusan jurusan kuliah yang diambil. 

Ini menandakan bahwa begitu pentingnya memilih jurusan kuliah yang tepat sesuai bakat, minat, dan potensi karier di masa depan.

Cara Memilih Jurusan Kuliah

Sebenarnya, proses memilih dalam aspek apapun telah dilakukan sejak masa kecil. Pengalaman hingga stimulasi diterima kala itu sedikit banyak memengaruhi pilihan apa yang akan diambil.

Terkait memilih jurusan kuliah, ada beberapa prinsip harus diperhatikan. Gunadi (2007) dalam penelitiannya menjabarkannya, yakni:

1. Cari Informasi Detail Mengenai Jurusan  Dipilih

Bukan sekedar mengetahui jurusan tersebut, kamu juga perlu membekali diri dengan pengetahuan seputar target jurusan akan diambil. 

Informasi umum wajib diketahui adalah lokasi kampus, mata kuliah  akan dipelajari, biaya, kualitas alumni, hingga alternatif profesi kerja setelah menjadi alumni.

2. Sadari Bahwa Jurusan Adalah Anak Tangga Menuju Pencapaian Karier

Realitanya, pilihan  jurusan bukan berarti kamu akan terus berada di jalur karier berdasarkan jurusan yang dipilih dengan mudah. Kuliah dan pemilihan jurusan adalah awal dari proses pencapaian karier.

3. Jurusan Dipilih Sebaiknya Sesuai dengan Cita-cita

Sedari kecil, seseorang tentu memiliki impian, karenanya ada baiknya, pilihlah jurusan kuliah sesuai impiannya.

Seandainya  kamu berkeinginan menjadi dokter, pilihlah jurusan kuliah Kedokteran. Pun kalau berniat  sebagai kuli tinta, pilihannya jurusan Ilmu Komunikasi.

4. Sesuaikan Jurusan  (lihat Minat dan Kemampuannya) 

Minat besar ditopang kemampuan mumpuni terhadap sesuatu menjadikan orang itu mampu bertahan ketika menghadapi badai masalah saat sudah kuliah pada jurusan dipilih.

5. Pahami Konsekuensi dari Setiap Pilihan

Pada akhirnya, jurusan yang kamu pilih dan minati tentu membawa konsekuensinya tersendiri. Apakah kamu bersedia menjaga komitmen dengan jurusan kuliah yang diambil ? Contohnya, jika kamu mengambil jurusan kuliah Kedokteran, kamu tentu harus berani menghadapi pasien, tidak takut darah, dan seluk beluk tentang rumah sakit lainnya.

6. Tentukan Beberapa Alternatif

Meski kamu telah memilih jurusan kuliah yang akan diambil, tidak ada salahnya untuk memiliki beberapa alternatif jurusan lain untuk menjaga jika alternatif pertama tidak berhasil.

Tentunya, alternatif kedua yang disediakan harus sesuai dengan minat, bakal, dan hal-hal lain seperti yang dijabarkan pada poin-poin di atas.

Prospek Lowongan kerja di Jurusan Kuliah IPS 

Bidang IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) memiliki banyak cabang ilmu. Secara umum, pembelajaran dalam ilmu IPS akan membantu kamu memahami fenomena sosial yang terjadi di dunia, mulai dari perkembangan masyarakat, ekonomi, budaya, hingga politik.

Kosasi (Yaba, 2006) menuturkan bahwa IPS adalah ilmu pengetahuan yang memadukan konsep cabang ilmu sosial dengan ilmu lainnya. Kemudian, kombinasi tersebut diolah berdasarkan prinsip pendidikan untuk dijadikan program pengajaran.

Secara mendasar, pengajaran dalam IPS erat kaitannya dengan kehidupan manusia yang melibatkan segala tingkah laku serta kebutuhannya. 

Segala hal terkait manusia dan kehidupan sosialnya tidak pernah lepas dari pembelajaran. Lantas, apakah jurusan kuliah untuk anak IPS memiliki prospek kerja yang menjanjikan?

Berikut beberapa lowongan kerja jurusan kuliah IPS  di  masa depan:

1. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu komunikasi tentu cocok untuk anak IPS. Dalam bidang studi ini, kamu akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan masyarakat, manajemen komunikasi, ilmu periklanan, dan sebagainya. Kamu juga akan mempelajari tentang bagaimana public speaking yang baik dan keterampian menulis atau jurnalistik untuk karier masa depan.

Jurusan kuliah Ilmu Komunikasi merupakan jurusan yang cukup banyak diminati. Sebab, proses perkuliahannya menyenangkan dengan mata kuliah menarik. Setelah lulus, kamu bisa berkarier di berbagai bidang, mulai dari industri media, agensi iklan, reporter, public relation, dan banyak lagi.

2. Psikologi

Mengetahui alur pemikiran manusia tentu hal yang menarik, bukan? Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih dalam bagaimana seseorang berpikir, mengambil keputusan, hingga hal-hal yang berkaitan dengan mental, rasanya jurusan Psikologi cocok untuk diambil.

Menurut Shaw dan Ostanzo (1970), psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari seluk beluk tentang tingkah laku individu sebagai fungsi dari rangsang sosial.

Prospek kerja bagi lulusan Psikologi tentu sangat menjanjikan. Psikologi konseling, psikolog klinis, dan psikolog organisasi industri merupakan beberapa jenjang karier yang bisa kamu pilih.

3. Ilmu Hukum
Salah satu pilihan jurusan kuliah IPS yang sangat diminati adalah Ilmu Hukum. Pada jurusan ini, kamu akan mengulik seputar teori hukum yang relevan dengan dunia bisnis dan tatanan sosial masyarakat. 

Lulusan S1 Ilmu Hukum terbuka untuk pilihan karier karier yang meliputi posisi staff Sumber Daya Manusia (HRD). Selain itu, peluang meniti karier di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga dapat menjadi pilihan. 

Namun, jika kamu bermimpi untuk menjadi jaksa, pengacara, notaris, atau hakim, kamu akan memerlukan pendidikan profesi tambahan atau melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

4. Akuntansi

Jurusan Akuntansi adalah salah satu pilihan yang sangat diminati. Jurusan ini kerap kali terpenuhi kuotanya saat pendaftaran mahasiswa baru di setiap universitas. 

Jika kamu memiliki ketertarikan dalam dunia angka, jurusan Akuntansi bisa menjadi pilihan yang tepat. Pada jurusan ini, kamu akan mendalami tentang prinsip pencatatan keuangan yang akurat serta penyusunan laporan keuangan yang komprehensif.

Prospek karier dari jurusan ini pun sangat menjanjikan. Setiap perusahaan memerlukan jasa seorang akuntan. Tak peduli dalam bidang industri apa, kehadiran seorang akuntan sangatlah penting untuk mengelola keuangan perusahaan dengan baik.

5. Perhotelan

Jurusan Perhotelan memberikan wawasan tentang operasional hotel. Jika kamu memilih jurusan ini, kamu akan mendalami berbagai aspek ilmu terkait pelayanan dan keramahan, mulai dari front office, housekeeping, laundry, produksi makanan dan minuman, layanan makanan dan minuman, hingga pembuatan kue dan roti. 

BPS atau Badan Pusat Statistik mencatat, jumlah hotel berbintang yang ada di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 3.763 unit. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya (3.521 unit), peningkatannya mencapai 6,87 persen. Ini artinya, prospek kerja bidang perhotelan cukup menjanjikan di Indonesia.

6. Arsitektur

Kuliah jurusan IPS berikutnya yang bisa dipilih adalah Arsitektur. Arsitektur melibatkan kemampuan merancang ruang sesuai dengan kebutuhan manusia. Tidak hanya berfokus pada aspek keindahan desain ruang, mahasiswa di jurusan ini juga didorong untuk mempertimbangkan penggunaan sumber daya alam, konsep bangunan ramah lingkungan, dan dampaknya pada ekosistem sekitar.

Bagi kamu yang menyukai proses perancangan bangunan, struktur rumah, hingga design hunian, jurusan Arsitektur bisa masuk dalam pilihan.

7. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Setiap perusahaan yang bergerak di bidang hiburan dan digital tentu memerlukan SDM yang ahli di bidang desain. Inilah dimana jurusan DKV sangat menjanjikan untuk peluang karier.

Jika kamu memilih jurusan ini,kamu akan dibekali ilmu pengetahuan dalam seni grafis yang dapat diterapkan secara praktis.

8. Film dan Animasi

Masih berkaitan dengan bidang hiburan, Film dan Animasi juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang tengah mencari jurusan kuliah di bidang IPS yang cocok. Nantinya, kamu akan mempelajari  seluk beluk tentang pembuatan gambar bergerak. 

Mahasiswa akan memperoleh pemahaman teknis mengenai merangkai cerita, pemanfaatan kamera, penyusunan dan pengeditan gambar, serta keterampilan lain yang mendukung produksi film berkualitas.

Selain memahami proses produksi film, jurusan Film dan Animasi juga membekali mahasiswa dengan teknik pemasaran dalam industri perfilman, sehingga lulusan dapat memahami langkah-langkah berikutnya setelah produksi film selesai.

9. Sastra

Dalam dunia jurusan kuliah untuk anak IPS, pilihan lain adalah jurusan bahasa dan sastra seperti sastra Indonesia, Inggris, Jerman, Prancis, Jepang, Cina, dan lainnya.

Sastra sendiri, menurut Wellek dan Warren (1995) merupakan suatu kajian kreatif dan cabang seni. Sastra adalah karya imajinatif secara tertulis atau cetak.

Oemarjati (1992) berpendapat bahwa ilmu tentang sastra dapat menumbuhkan hingga mengembangkan kepekaan terhadap masalah manusiawi, rasa hormat terhadap tata nilai baik secara individu maupun sosial.

Setelah menyelesaikan studi dengan jurusan Sastra, kamu dapat merintis karier sebagai penerjemah (translator), interpreter, staf di kedutaan besar, media, editor bahasa, pemandu wisata, atau dosen.

10. Kesejahteraan Sosial

Referensi berikutnya adalah jurusan Kesejahteraan Sosial yang akan menggiring kamu untuk mempelajari segala aspek yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Jurusan ini cocok bagi mereka yang memiliki semangat sosial yang tinggi dan ingin berkontribusi pada keberhasilan dan kesejahteraan masyarakat.

Jurusan ini mengajarkan kamu untuk memahami teknik dan metode yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas. Ini berpotensi mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dan mendukung peningkatan kesejahteraan negara.

Apa saja profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan jurusan Kesejahteraan Sosial? Ada berbagai potensi karier yang tersedia, yakni Corporate Social Responsibility (CSR), ahli kesehatan, dan manajer layanan sosial.

Baca juga

lowongan pekerjaan tanpa ijazah sarjana

Dengan beberapa pilihan di atas, kamu dapat memilih jurusan kuliah dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dengan bijaksana. Prospek karier dari setiap jurusan selalu terbuka di berbagai sektor, mulai dari pemerintahan, swasta, hingga organisasi nirlaba.

Memilih jurusan yang sesuai dengan minat akan memberikan komitmen yang kuat agar kamu bisa menyelesaikan studi tepat waktu. Jadi, jurusan mana yang akan kamu pilih?

Bagikan artikel ini