-->

Senin, Agustus 07, 2023

CARA MENUJU HIDUP SUKSES YANG PERLU DIPERHATIKAN

oleh Zulfasalsabila

"menuju hidup sukses"Ini adalah sebuah motivasi diri, kita semua orang yang hidup didunia ini pasti menginginkan kebahagiaan didalam hidupnya, tapi apa daya ketika takdir tidak sedang berpihak kepadanya. 

Sehingga kebahagiaan yang diterima oleh orang disekitarnya terlihat sangat indah, dan merasa bahwa dirinya juga seharusnya mendapakan hal yang sama. Padahal dibalik keindahan yang dilihat itu pun ada banyak air mata dan keringat yang jatuh, hanya tetapi tidak diperlihatkan saja.

Kebahagian yang dimiliki dari setiap orang berbeda-beda dan semua terlihat sangat bahagia saat mendapatkanya. Jika seperti itu apa sebenarnya arti dari hidup yang sukses, kenapa seolah semua terlihat menyenangkan.

Arti dari hidup yang sukses

Tersebarnya pernyataan di masyarakat dimana hidup yang sukses itu sangat terikat dengan materi, ketika seseorang memiliki rumah yang mewah, kendaraan yang keren, bisnis yang maju, jabatan yang tinggi, baru bisa dikatakan sebagai orang yang hidupnya sukses dan kehidupannya yang dapat dijadikan inspirasi hidup sukses oleh banyak orang.

Lalu apa kabar dengan orang yang hanya berada di perkampungan, hidupnya yang berkecukupan dengan apa yang diperoleh dari kampungnya, bersamaan dengan rasa syukurnya dapat menikmati kehidupan dengan keluarga, bercengkrama, tertawa dan bermain bersama keluarga dan sanak saudara. Apakah hal demikian tidak bisa dibilang bahwa kehidupannya sukses?

Baca juga Hidup itu anugerah

Dimana ketika sukses diartikan secara harafiah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang berarti keberhasilan atau keberuntungan. Jika demikian artinya berarti kesuksesan dari setiap orang itu berbeda, dan untuk mengartikannya hanya diri sendiri yang dapat menjabarkannya, sebab hidup setiap orang berbeda dan hal-hal yang dapat menjadi kebahagiaan setiap individu pun berbeda.

Perlu diperhatikan bahwa kesuksesan itu tidak hanya berasal dari materi, dengan mampunya seseorang dapat bernafas tanpa bantuan alat apa pun bersamaan rasa Syukur yang tinggi itu juga bisa menjadi salah satu kehidupan yang sukses.

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik, sehingga dapat mencapai apa yang diinginkannya dan menjadi orang yang memiliki hidup yang sukses versi dirinya, maka diperlukan pemahaman mengenai perjalanan bagaimana bisa menjadi hidup yang sukses 

Kebiasaan orang sukses 

Berikut kebiasaan ringan yang dapat menjadikan hidup lebih sukses dari berbagai aspek

1. Memiliki rencana dan tujuan hidup yang jelas


Seseorang yang memiliki rencana yang jelas dan berkomitmen dengan rencana yang akan sangat memudahkan dirinya untuk mencapai apa yang diimpikan, dan membuat waktu menjadi lebih singkat. 

Karena kejelasan dalam hidupnya membuat dirinya tidak mudah terhiraukan dengan hal-hal yang lainnya sehingga dapat lebih fokus dan lebih mendalam terhadap apa yang diimpikan dan tidak mudah terombang-ambing terhadap hal-hal diluar yang bukan menjadi prioritas hidupnya. 

2. Selalu haus ilmu 

Seseorang yang mampu melakukan perubahan, dialah seseorang yang akan menang dalam kehidupannya, tetapi setiap perubahan yang dilakukannya pasti terdapat ilmu yang harus di pelajari, sebab itu tidak ada kata puas dan selesai dalam belajar Ketika nyawa masih ada ditubuh. 

Justru pada saat ia merasa bahwa dirinya cukup dengan ilmu yang ada pada dirinya itulah akan dimulai kehancuran pada dirinya.

Belajarlah disetiap perjalanan dan permasalahan dalam hidup, belajar tidak melulu harus duduk dibangku dan mendengarkan, mencoba untuk memahami lingkungan itu juga termasuk belajar. Teruslah belajar sampai tanah yang akan menutup kehidupan. 

3. Mudah beradaptasi

Bisa dikatakan sekarang informasi sudah merajalela, bahkan sudah sampai ditahap berlebihan informasi yang terkadang sampai sulit untuk membedakan informasi yang baik dan buruk. 

Dan ditambah dengan meningkatnya teknologi yang semakin hari semakin canggih, hal ini menjadi salah satu kemudahan dalam hidup tetapi di sisi lain hal ini justru bias menjadi boomerang untuk yang lain. 

Tidak semua orang dapat memahami perubahan zaman, dari yang awalnya tidak dapat memperoleh informasi akibat media yang sangat terbatas, sampai hari ini disaat semua informasi meluap tidak ada penyaring. 

Maka perubahan tersebut akan menjadi penilaian untuk melihat siapa yang bertahan dengan perubahan yang ada, dan siapa yang tenggelam. Karena pada akhirnya pun seseorang yang tidak bergerak akan terbelakang. 

4. Sangat menghargai waktu

Waktu merupakan hal yang sangat krusial, sebab tidak bisa Kembali ketika terlewatkan dengan sia-sia, hanya bisa mencoba untuk memperbaiki sisa waktu yang ada. 

Maka tidak heran ketika ada pepatah mengatakan waktu seperti dua mata pisau, bias saja digunakan untuk melawan musuh atau malah menyerang diri sendiri. 

Dan itu tergantung bagaimana seseorang memanfaatkan waktu dalam hidupnya Terutama ketika sedang pertemuan bersama orang lain, cobalah untuk menghargai waktu orang lain, dan jangan pernah memandang remeh atau meninggikan siapa yang ada dihadapan, baik dari kalangan tinggi sampai bawah, hormatilah setiap waktu yang sudah diberikan untuk pertemuan tersebut. 

Hal-hal remeh demikian yang justru dapat memperlihatkan kepribadian seseorang, ketika seseorang tidak dapat menghargai waktu orang lain yang diberikan kepadanya, itu dapat menjadi penanda bahwa orang itu akan sulit diajak untuk kerjasama dan mudah melakukan hal-hal yang sepatutnya tidak perlu dilakukan 

5. Disiplin dan konsisten

Kedua hal yang berdampingan ini menjadi factor pemicu seseorang dalam meraih apa yang diimpikannya. Tanpa adanya kedisiplinan diri dan konsisten akan sangat sulit seseorang untuk menjangkau impiannya, bahkan jika seseseorang tidak bias menerapkan kedua hal ini dalam dirinya maka seiring berjalannya waktu tanpa disadari impiannya akan hangus. 

Sebab segala sesuatu pasti butuh proses, apapun bentuknya. Dan didunia ini tidak ada yang kebetulan semua sudah terencana tinggal bagaimana seseorang menyiapkan dirinya saat kesempatannya datang, sebab setiap orang punya masa dan setiap masa ada orangnya.

6. Memiliki relasi yang kuat

Memiliki pertemanan yang kuat dalam relasi dengan visi misi yang sama merupakan sebuah anugerah yang begitu besar, karena tidak banyak orang yang memiliki pertemanan yang sehat dan saling bergotong royong untuk mencapai tujuan yang sama dan membantu jika ada yang kesulitan. 

Ketika kini belum mendapatkan relasi yang baik tidak perlu risau, tetapi hanya perlu memahami pertemanan dari tahun ke tahun, dimana konsep pertemanan itu tidak jauh dari sebuah value. 

Jika seseorang memiliki value yang cukup tinggi ditambah dengan kepribadian yang baik maka akan banyak orang disekelilingnya yang mendekati untuk mendapatkan value yang ada apa adanya. Maka dari itu cukup fokus dulu pada dirisendiri dan ketika sudah memiliki value yang cukup baik cobalah untuk mendekati lingkungan yang memiliki visi misi yang sama sehingga dapat bertukar pikiran.

7. Jujur

Jujur merupakan kunci dari sebuah kesuksesan dalam hidup, seperih apa pun permasalahan yang didapat ketika seseorang berkata jujur akan ada hal yang menjadi nilai tambahan pada dirinya dari orang sekitar, maka berusahalah untuk selalu mengatakan hal yang sebenarnya memang terjadi. Karena kebaikan pun akan dating kepada orang yang tepat.

Seseorang yang pernah melakukan kebohongan untuk memperindah keadaan maka seiring berjalannya waktu akan kehilangan kepercayaan orang disekitarnya, sebab kebohongan itu ibarat bangkai yang disimpan lama, selama apa pun bangkai itu disimpan pasti akan tercium baunya. Dan hanya perlu waktu untuk menyingkapnya.

8. Bergerak disaat orang lain mengabaikannya

Hal ini merupakan hal yang juga perlu diperhatikan, mencoba untuk bergerak saat yang lain diam, mencoba untuk mewujudkannya saat yang lain hanya bermimpi. Tidak mudah memang untuk benar-benar menjadikannya sebagai kenyataan.

Tetapi percayalah bahwa akan datang masa dimana seseorang yang berjuang disaat yang lain masih bermimpi itu akan berada jauh didepan dibanding yang lain, dan saat hasil manis dari jerih payah perjuangan sudah mulai dirasakan saat menoleh kebelakang melihat yang lain masih sibuk dengan mimpinya.

9. Belajar dari setiap kesalahan

Mencoba untuk menjadi diri yang lebih baik dari hari ke hari lalu merupakan salah satu dari kepribadian seseorang yang sukses, karena tidak mudah untuk mengakui bahwa setiap diri memiliki kekurangan dan kelebihan, yang juga pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya.

Tetapi untuk menjadi pribadi yang sukses, justru seharusnya memiliki peasaan bahwa dirinya itu selalu kurang dan harus terus belajar, terutama belajar dari kesalahan pribadinya pada masa lalu, dan belajar dari kesalahan orang-orang sebelumnya agar dapat meminimalisir kesalahan yang akan terjadi dikemudian hari. Dimana hal itu menjadi hal yang sangat penting tetapi banyak orang yang mengabaikannya

Kesalahan orang sukses

Berikut beberapa kesalahan yang dilakukan oleh orang sukses yang perlu dijauhi

1. Mencemaskan hal-hal diluar kendali

Hal ini bisa dibilang sebagai hal yang remeh, tetapi semua orang pun berangkat dari yang awalnya tidak mengetahui apa-apa. Sehingga tidak jarang pada masa awal perjalanan pikirannya dipenuhi dengan hal-hal yang sepatutnya tidak perlu diperhatikan, karena selama apapun seseorang memikirkan hal-hal yang memang tidak bias diubahnya maka kehidupannya pun juga tidak akan berubah

2. Melakukan segalanya sendiri

Poin ini bisa dibilang sebagai penyakit, karena merasa dirinya yang sudah memiliki banyak pengalaman sehingga tidak percaya jika tugas yang harus dia selesaikan di berikan kepada orang lain.

Padahal seseorang yang merasa dia mengetahui segala sesuatu, merasa bahwa dirinya yang paling hebat justru dia adalah orang yang belum mengetahui apapun. Sebab orang tersebut justru akan banyak ketinggalan informasi terbaru, karena merasa dirinya sudah paling benar dan paling sempurna.

3. Mengikuti trend

Mengikuti trend tidak sepenuhnya salah asal memiliki dana yang cukup, juga pengalokasikannya dengan baik. Tetapi juga perlu diperhatikan trend apa yang cocok untuk digunakan pada dirinya, karena trend tidak hanya menang popularitas, merasakan dianggap dalam satu lingkupan. 

Ketika gaya hidup seseorang yang tidak dapat diterima oleh sebagian orang maka biarkanlah, pergilah dan cari lingkungan baru yang dapat menerima diri seutuhnya, jangan sampai lingkungan yang merubah ketika terdapat hal negative didalamnya.

4. Tidak memahami arti sebuah proses

Seseorang yang tidak memahami arti sebuah proses akan menjadi pribadi yang mudah untuk mengeluh dan menyerah, beranggapan bahwa dirinya sudah melakukan percobaan di titik terakhir. 

Namun ketika dilihat kembali ternyata proses yang dilakukannya belum seberapa, kemudian pindah ke lain tempat ternyata mahalnya yang didapat sebelumnya, begitu terus siklus hidupnya, hingga berakhir hanya berputar-putar didalamnya. 

Merasa ada yang salah dalam kehidupannya yang justru dirinya sendiri penyebab dari keruntuhannya, sampai memahami bahwa semuanya butuh proses.

Baca juga

Mengungkap keajaiban bersyukur

Bagikan artikel ini