-->

Rabu, Januari 15, 2020

PENGERTIAN, KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN SERTA CARA ROOT SMARTPHONE ANDROID

"root smartphone"
Jika anda sering browsing di internet dengan kata kunci smartphone  Android, kemungkinan besar suatu waktu anda akan menemukan artikel yang mengupas masalah root smartphone android.
 
Posting saya ini bukan bermaksud  menunjukkan secara meyakinkan kepada antum soal  cara melakukan root smartphone android. Posting ini sebatas hanya sebuah ringkas an  menyangkut kelebihan dan kekurangan apabila kita melakukan root smartphone android kesayangan anda Apa sebenarnya root android

Pengertian root android   

Pada prinsipnya sebuah smartphone android
dirancang sedemikian rupa oleh pembuatnya berbasis pada suatu sistem operasi tertentu untuk tujuan secara pribadi atau
komersial.  
 
Baca juga


Namun sayangnya, seperti yang berlaku pada  sistem operasi yang lain di smartphone android, beberapa fitur yang terdapat dalam smartphone itu secara sengaja telah dinonaktifkan oleh vendor pembuatnya. 

Alasannya sangat sederhana, yaitu mencegah terjadinya kerusakan permanen pada system operasi yang terpasang  akibat suka di utak-atik pemakainya.  

Root android adalah proses menerobos masuk secara paksa ke dalam system android yang terpasang, agar mendapat akses penuh dan bebas sesuka hati melakukan beberapa perubahan pada fitur-fitur yang terpasang di smartphone android.  

Jadi setelah smartphone android sudah di root, maka otomatis anda selaku pemilik tunggal ponsel android itu sudah berwenang mengontrol secara penuh atas beberapa setting pengaturan android maupun kinerjanya

Kerugian  Root android

Walau di sisi lain ada manfaat ketika melakukan root android kita, namun pada ujung yang lain harus kita ketahui ada juga kerugian yang bakal kita pikul.
 
1.Garansi smartphone menguap / hilang 
    Kalau smartphone android anda umur pakainya kurang dari setahun dan sudah di root, saat ponsel android itu mengalami masalah, maka jangan pernah berpikir di bawa kembali untuk di service ke tempat di mana dibeli pertama kali. Sudah pasti anda akan gigit jari karena garansi hilang.    

2. Kinerja android berpotensi menurun   
   Pada beberapa kasus yang teman saya alami, mereka melakukan root untuk tujuan meningkatkan akselerasi kinerja smartphonenya, justru  menuai petaka. Handphone androidnya hilang berjalan bak keong yang ke timpa batu kali.    

3. Mudah terserang virus 
    Praktek umum untuk root android biasanya dilakukan dengan  mem-flash ROM lewat bantuan suatu aplikasi khusus. Bahayanya disini, saat aplikasi itu di install, dan kebetulan bukan dari sumber yang terpercaya, maka ada kemungkinan aplikasi yang kita install itu sudah disusupi virus jahat.  

4.Update system gagal
Oleh karena system yang terpasang secara built ini sudah berhasil anda jebol, maka secara tidak sadar beberapa fitur bawaan yang anda tidak sukai sudah di hapus. Pada posisi ini akan berakibat fatal di mana untuk update system operasi menjadi terganggu, kendati itu dilakukan secara over the air. 

Keuntungan Root Android    

Di balik kerugian yang sudah saya  bilang tadi, ada keistimewaan lain bakal anda tuai seandainya smartphone android di root.  

Apa saja keuntungan itu ?   

1. Menjalankan aplikasi tertentu.
   Proses root android membuka ruang yang lapang bagi ponsel untuk menjalankan aplikasi tertentu, yang semula sudah di tolak  oleh system.  Akibatnya kita bebas saja install  atau uninstall aplikasi tanpa terhalang apapun. Benar-benar mulus dan licin.
   
2. Hapus aplikasi bawaan
Hampir semua smarphone yang di jual di pasar, sudah terpasang di dalamnya aplikasi bawaan pabrik. Aplikasi itu dapat kita hapus kapan saja jika kita tidak sukai.
 
3. Mengosongkan memori
Tahukah anda, saat kita instal aplikasi yang kita download dari playstore, maka itu secara otomatis akan tersimpan di kartu SD atau memori internal handphone. Karena sudah root android, maka kita dapat membebaskan memori internal tadi di pasang system atau aplikai tambahan.
 
4. Memperpanjang umur smartphone android
Root android seperti saya utarakan di awal posting ini membuka opsi pada si pemakai memasang dan atau menghapus bloatware (aplikasi bawaan). Maka kendati vendor pembuat android sudah merilis beberapa system operasi android yang terbaru, maka ponsel android kita bisa terus mengikuti perkembangan system yang ada. Pembaharuan atau update system masih bisa dilakukan.
 
Itulah, beberapa kerugian dan keuntungan untuk melakukan root android, silahkan berpikir yang matang, walau sangat terasa daya pikat untuk memiliki smartphone yang tidak terkunci begitu kuat. 

Baca juga

Cara root smartphone android  
Kalau sudah yakin dan memutuskan ingin segera root smartphone androidnya, maka berikut saya ajarkan caranya seperti apa.   

1.Root android dengan aplikasi kingroot

Aplikasi root yang pertama ini disinyalir sudah mengsupport hampir dari 100.000 jenis handphone. Cara pakainya 
  • Unduh dulu aplikasi kingroot itu playstore dan kemudian diinstal seperti biasa 
  • Selesai install, buka aplikasi itu dan tekan tombol cek yang  ada di aplikasi itu, tujuannya hanya itu memeriksa apakah smarphone android bisa di root atau tidak. 
  • Seandainya bisa, maka anda bisa langsung root androidnya  
  • Restart kembali seperti sediakala
2.Root smartphone android dengan aplikasi frame root

Proses root android dengan aplikasi ini, hampir sama saja dengan  cara root yang pertama tadi.
  • Unduh dulu aplikasi ini di playstore
  • Buka aplikasi yang sudah diunduh itu dan pilih install SuperSU atau superuser.
  • Nanti muncul pilihan Gandalf dan aragon, anda bebas memilih, tekan ok
  • Tunggu hingga selesai dan  muncul pemberitauan proses root smartphone android selesai
  • Restart kembali
Itulah cara root smartphone android yang dapat anda praktekan, semoga bermanfaat

Bagikan artikel ini