-->

Senin, Desember 30, 2019

TIPS SEDERHANA, CARA HEMAT KUOTA INTERNET /KUOTA DATA SELULER


"kuota internet, kuota data seluler"
Tak dapat disangkal lagi, kuota internet sudah menjadi kebutuhan utama manusia di era modern ini. Orang begitu mudah untuk mengeluarkan  uang guna membeli kuota data seluler  biar  bisa browsing apa saja di dunia maya kendati itu   harus berhutang. 
 
Bagi yang sudah kecanduan browsing, mereka beranggapan, rasanya  hidup terasa hampa jika sehari saja tidak berselancar  walau cuma untuk sekedar mengintip bualan kawan karib di media sosial. 
 
Maraknya perilaku yang demikian tanpa sadar membuat sebagian netizen terjerumus pada sifat  boros, jauh dengan namanya hidup hemat. Padahal sebetulnya untuk bisa hemat kuota internet itu cukup mudah. 
 
Menghemat Kuota Internet   
 
Trik dan tips untuk hemat kuota data internet atau biasa dibilang hemat kuota data seluler, saya perhatikan banyak dipraktekkan lewat memanfaatkan fitur  bawaan smartphone android. 

Coba  masuk ke menu penggunaan data seluler yang ada di smartphone android anda, di sana ada menu penghemat data, tinggal dicentang maka otomatis kuota internet  lebih irit. 

Selain  cara  tadi, untuk hemat kuota data seluler di android dilakukan dengan :

1.Simpan video di youtube
 
Bagi yang gemar nonton youtube, tahukah anda rata-rata kapasitas videonya 750 MB. Tentu ini akan menguras data seluler jika ditonton secara online. Cara satu satunya untuk hemat kuota internet android adalah dengan menyimpan terlebih dahulu secara offline video tersebut. Manfaatkan fitur save yang tersedia di situs youtube tersebut.  
 
2.Cari sinyal wifi gratis
 
Di hampir sebagian besar kota besar di Indonesia, sudah menyediakan wifi gratis di ruang publik, biasanya wifi gratis itu berada di seputar alun-alun atau lapangan terbuka atau  di sekitar taman kota. Anda kesana saja, dan non aktifkan kuota data seluler yang di miliki.  
 
3.Pakai kuota internet inject (tembak)

Kuota internet model inject sebenarnya hanya digunakan para agen yang menjual pulsa.    Mereka membeli kuota internet di bawah harga standar sebagaimana yang tersedia di menu *123# bagi pengguna kartu telkomsel. 
 
Cara memakai kuota internet ini, terlebih dahulu anda daftar di situs XP SINDONESIA, jadi seolah-olah anda akan menjadi distributor pulsa. Isi form yang tersedia sesuai petunjuk, dan pastikan akun itu telah aktif.  
 
Kalau sudah aktif tinggal deposit uangnya, sesuai paket kuota internet yang anda mau.       Harganya, lihat saja di menu order dan pilih aktivasi paket internet, disana terpampang terang benderang harga paket kuota data selulernya.  
 
4.Tutup aplikasi di belakang layar
 
Terkadang kita tidak sadari, karena terlalu serius main-main dengan  aplikasi  di  smartphone android, sudah banyak aplikasi yang terbuka secara sekaligus di belakang layar, padahal aplikasi itu tidak digunakan lagi. 
 
Untuk itu tutup satu persatu aplikasi yang terbuka itu, kalau perlu aplikasi mana saja yang jarang digunakan, segera di hapus.  Satu lagi, saat sudah mau tidur malam, usahakan anda sudah logout dari semua aplikasi.  

Hemat kuota data seluler dengan aplikasi penghemat data

Selain empat cara menghemat data kuota internet tadi, ada juga cara hemat data seluler dengan bantuan aplikasi tertentu. Aplikasi dimaksud rata-rata berbentuk search engine yang dilengkapi dengan berbagai teknologi tertentu. Seperti : 
 
1.UC Browser
Cara pertama ini untuk hemat kuota internet layak untuk anda pertimbangkan dicoba.  Pengembang UC browser yang bermarkas di china mengaku, bahwa search engine yang mereka kembangkan menggunakan teknologi kompresi data dan cloud sehingga bisa menghemat pemakaian kuota data seluler atau kuota internet hingga 90 persen.     
 
Kalau kita kalkulasi, jika kita menggunakan kuota internet setiap bulannya sebesar 2 GB, maka kita bisa irit kuota data seluler sampai 1.4 GB  setiap bulan. Lumayan juga  
 
2.Pakai Samsung Max
 
aplikasi ini khusus untuk handphone merk Samsung saja. Software ini cara kerjanya mirip dengan UC browser, semua data keluar masuk dalam handphone android akan di routing atau di kompres lebih dulu, jadi kuota internetnya bisa irit. 
 
3.Dolphin browser 
 
Hampir mirip dengan UC browser, aplikasi ini bersifat search engine khusus  bagi pengguna android. Kuota data seluler kita bisa dihemat jika memakai aplikasi ini dengan cara memblok secara otomatis iklan-iklan pada situs yang kita kunjungi dan dengan teknik tidak menampilkan gambar. Tersedia di menu playstore secara gratis, tinggal anda download dan install.  
 
 4.Opera mini
 
Aplikasi penghemat kuota data internet yang ketiga ini menyediakan mode penghematan kuota internet secara ekstrim. Tapi itu harus diaktifkan terlebih dulu sebelum menggunakannya. 
 
Caranya, Buka aplikasi opera mini, terus buka icon opera mini di sudut kanan bawah, klik pengaturan dan pilih selanjutnya penghematan data
 
Tinggal klik saja menu yang bertuliskan ekstrem. Selain itu terdapat pula menu  kualitas gambar, ubah bagian ini dengan menurunkan kualitas gambarnya dan aktifkan mode pemblokiran iklan. Kuota internet anda bakal super irit, bakal lama habis. 
 
Selain menggunakan aplikasi penghemat data, untuk pengguna whatsapp, cara menghemat kuota data internet dapat dilakukan lewat menu setting yang ada pada whatsapp.   

Menghemat kuota data Whatsapp

Merunut hasil riset    Kementerian komunikasi  Informatika diketahui jumlah pengguna  whatsapp di Indonesia mencapai 83 persen. Syak di ubun-ubun saya, berarti lebih dari separuh penduduk Indonesia melek memakai whatsapp.

Untuk alasan itu, berikut saya ulas sedikit trik  menghemat kuota datanya.

1.Buka aplikasi whatsapp  
2.Pilih setelan   3.Klik data dan penyimpanan   4.Pilih saat menggunakan data seluler   5.Non aktifkan semua fitur foto, audio, video dan dokumen  
6.Aktifkan juga penggunaan data minium 

Kalau sudah melakukan enam langkah ini, maka tidak usah khawatir lagi kuota data anda bakal tidak cepat habis, Silahkan chating sepuasnya dengan siapa saja. 


Bagikan artikel ini