-->

Selasa, Desember 03, 2019

PAKAI 4 APLIKASI LIVE CHAT WEBSITE BISNIS INI, OMZET PENJUALAN BAKAL NAIK

"aplikasi live chat" Gendang perang persaingan bisnis online sudah memasuki fase pertarungan di tingkat digital. Hampir semua transaksi bisnis online digerakkan dalam bentuk aplikasi online. 

Orang begitu mudah mendapatkan apa yang diinginkannya, cuma dengan menggerakan kemampuan olah dua jempolnya entah itu dalam bentuk sekedar melayani tanya jawab dalam aplikasi live chat atau bertransaksi jual beli. 

Fenomena ini, secara berurutan menjadi berkah tersendiri bagi pelaku bisnis digital dengan menawarkan bermacam-macam fitur jasa digital yang dianggap bisa menaikkan omzet penjualan sebuah website bisnis online.

Jasa pembuatan website bisnis online merupakan salah satunya yang banyak ditawarkan kepada pelaku bisnis online. Website diibaratkan sebagai sebuah toko yang bentuk pemasaran produknya tanpa ada tatap muka secara langsung antara penjual dan pembeli.

Baca juga

Kumpulan ide bisnis, peluang usaha terbaik

Nah disini akar masalahnya, jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan seorang pembeli kepada penjual sebelum mereka membeli barang yang diinginkan tentu akan sukar sekali. Dikecualikan, bila website bisnis online tersebut menyediakan fitur yang dapat melayani customernya.


Live chat salah satunya yang merupakan fitur  khusus diperuntukan pemilik sebuah bisnis online untuk melayani pelanggannya. Berbagai informasi produk tertentu dan atau informasi lainnya di seputaran content website bisnis online atau mungkin complain dapat disampaikan secara langsung kepada pemilik toko online.

Perlu berhati-hati disini, tidak semua aplikasi live chat website itu menguntungkan bisnis online, karena banyak juga aplikasi live chat di luar sana yang berbau ponografi. 

Pada tahun 2019 ini Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia sudah memblok 10 aplikasi live chat yang meresahkan masyarakat, yakni Bigo Live, Cheez, Go Live,  Kwai Go, Gogo Live,  Live Me, Smule, Nonolive, Vigo dan TikTok.

Lepas dari urusan 10 aplikasi yang diblok itu, layanan live chat berbeda dengan email customer service, karena layanan live chat ini  merupakan komunikasi yang bersifat secara langsung antara penjual dan pembeli.

>Banyak pertanyaan dapat dijawab sekaligus dalam waktu yang bersamaan hingga membuat jari tangan tumbuh bisul. Berbeda dengan email customer service, hanya melayani pelanggannya dengan surat elektronik untuk satu pelanggan saja.

Bagusnya, live chat  dapat menjadi sarana bagi pemilik bisnis online untuk menurunkan angka bounce rate (tingkat pintalan) websitenya. 

Semakin lama customer berada di  sebuah toko online karena setumpuk berbagai pertanyaan di live chat atas sebuah produk tertentu maka di mata  google analytic dianggap performanya bagus.

Aplikasi Live Chat Bisnis Online

Tertarik ? untuk dapat memanfaatkan layanan live chat bisnis ini, sebetulnya tidak susah seperti di awal membuat sebuah website bisnis online. Bagian ini cukup dengan cara diinstal saja, karena aplikasi live chat sudah tersedia secara gatis.

aplikasi live chat bisnis yang dapat anda manfaatkan untuk mendongrak omzet penjualan anda.

1. Aplikasi live chat Whatsapp

Aplikasi yang satu ini saya piker sudah cukup popular di kalangan netizen, di seluruh penjuru Indonesia. Saking populernya, aplikasi whatsapp menempati posisi rangking satu dalam daftar aplikasi live chat yang paling banyak digunakan oleh pelaku bisnis online.

Baca juga

Cara pakai whatsapp web di Hp, Notebook dan PC tanpa install aplikasi WA Web

Namun cara untuk menggunakan aplikasi ini dalam sebuah content website bisnis online sedikit berbeda dengan penggunaan whatsapp pada smartphone. Kita memerlukan plugin live chat yang memberikan akses secara total ke nomor whatsapp milik kita.

Plugin dimaksud adalah click to chat for whatsapp chat, jika kita  mengakses smartphone yang didalamnya sudah terinstall aplikasi WhatsApp maka kita  secara otomatis akan langsung membuka aplikasi  WhatsApp. Pun saat login melalui laman sebuah website bisnis online   kita akan di bawa menuju laman WhatsApp web.

2. Aplikasi tawk to live chat

Aplikasi ini dapat dipertimbangkan untuk coba dipakai di toko online kita. Lebih dari 2 juta pelaku bisnis online seluruh dunia memanfaatkan plugin tawk to live chat ini.

Aplikasi ini di design sedemikian rupa  dengan membuat konektivitas antara website dan pelanggan dalam satu laman guna melakukan bincang-bincang tentang produk yang ditawarkan. Sama juga dengan aplikasi live chat whatsapp, plugin ini cukup mudah diakses baik melalui notebook,  personal computer dan atau smartphone

3. Aplikasi jico chat live chat

Plugin yang ketiga ini merupakan plugin yang cukup popular dan berbasis wordpress. Plugin ini memberikan beberapa tambahan fitur yang tidak ditemukan pada aplikasi live chat yang lain. Semisal, kita dapat mengelolah antara pesan melalui facebook messenger, pesan dalam email kita atau adanya telepon masuk dalam satu lokasi saja.

Kelebihan lain, aplikasi live chat ini secara otomatis akan menampilkan jendela pop-up saat ada pengunjung yang sempat mampir ke website bisnis online kita. Jadi kita bisa mempromosikan berbagai tawaran produk atau diskon kepada customer.

4. Aplikasi WG Chat

Aplikasi yang keempat ini memiliki fitur yang cukup lengkap, beberapa diantaranya merekam log chat,menampilkan statistik chat, atau automatic greeting. Bagi anda pemilik website bisnis online, aplikasi WG chat ini sangat cocok digunakan untuk mendorong omzet penjualannya karena sudah menggabungkan dalam satu laman chat di yahoo maessenger, GTalk, facebook messenger .   

Penutup

Aplikasi live chat meupakan suatu cara untuk memanjakan pelanggan dengan berkomunikasi secara efektif antara seorang pemilik bisnis online dengan customer. Ini juga akan membuat tampilan website memberi kesan  profesional. 

Baca juga

Cara Bisnis Online tanpa modal paling diminati

Bagikan artikel ini