-->

Kamis, November 28, 2019

CARA MUDAH PAKAI WHATSAPP WEB DI HP, NOTEBOOK DAN PC TANPA INSTAL APLIKASI WA WEB

"cara pakai whatsapp web" Banyak orang diluar sana menggunakan hp sebatas hanya untuk chat dan telepon, penggunaan pada kepentingan yang lain semisal berkirim data atau dokumen tertentu masih sedikit orang yang kurang bisa menguasai. 
 
Coba kita bayangkan, ketika ada dua orang yang saling berjauhan ribuan kilometer dan salah seorang membutuhkan dokumen tertentu disaat waktu yang mendesak, sangat mustahil dokumen itu bisa tiba secepat kilat pada orang yang membutuhkan.

Beruntung, di era digital sekarang ini yang berhembus cukup  kencang, aplikasi whatsapp sudah menyediakan kemudahan berkirim dokumen secara digital itu lewat salah satu fiturnya  yang dinamakan whatsapp web.

Whatsapp web merupakan salah satu fitur bawaan aplikasi whatsapp  yang khusus disediakan bagi para pemakai, agar mereka bisa melakukan   aktivitas chating secara langsung di personal computer (PC) atau notebook (laptop).

aca juga


Dari segi tampilan, sebetulnya tidak ada yang berubah saat kita menggunakan fitur whatsapp web ini, semuanya sama persis antara tampilan yang ada di smartphone android kita dengan tampilan yang ada di notebook atau PC.

Mengapa sama ?

Karena  prinsip kerja whatsapp web ini sebetulnya hanya  mengkloning atau menduplikat ulang tampilan yang muncul di hp kita dan selanjutnya dipindahkan ke monitor  pc atau notebook.

Syarat Menggunakan Whatsapp Web

Sebagai sebuah system, aplikasi whatsapp web ini tidak sembarang bisa digunakan, ada beberapa persyaratan standar yang harus dipenuhi sebelum menggunakan whatsapp web ini, yaitu :

1. Hp sudah harus memakai system operasi OS android
2. Memiliki kamera belakang yang masih bekerja dengan baik
3. Memiliki akun whatsapp yang aktif 
4. Memiliki pulsa data
5. Notebook atau PC sudah memiliki shortcut aplikasi whatsapp 

Kelima syarat yang diutarakan di atas, hukumnya wajib dan harus ada. Jika salah satu saja tidak terpenuhi, maka sudah pasti kita tidak akan pernah dapat menggunakan whatsapp web.

Bagian penting yang saya akan beberkan selanjutnya adalah cara untuk masuk/login atau menggunakan fitur whastapp web ini.

Cara login WA web  

Langkah awal yang perlu kita lakukan adalah dengan login atau masuk ke a kun WA web yang ada di android. Namun sebelum login ke akun WA web, hal yang sudah perlu dilakukan lebih dulu adalah membuat shortcut WA web di personal computer atau notebook. 

Banyak informasi keliru yang bertebaran diluar sana  bahwa aplikasi Whatsapp web ini harus diinstall di notebook atau pc baru bisa menggunakan whatsapp web, itu salah, cara paling mudah adalah dengan membuat shortcut melalui browser google chrome. Ikuti 2 langkah berikut ini :  

1. Buka alamat web.whatsapp.com melalui browser google chrome (browser mozila firefox tidak bisa dilakukan)
2.Pilih More tools dan selanjutnya pilih create shortcut

Setelah tuntas dengan membuat shortcut WA web di notebook atau PC kita, tahapan berikutnya adalah login ke akun Whatsapp web melalui HP. Urut-urutan yang dilakukan sebegai berikut

1. Klik tap tanda titik tiga di pojok kanan sebelah atas, perhatikan gambar berikut ini :  

2. Setelah di klik, maka akan muncul tampilan QR code (tahan jangan ditutup dulu), artinya hp kesayanganmu harus di padankan atau disingkronisasi dengan shortcut WA web yang sudah di buat sebelumnya 3. Buka shortcut aplikasi WA web di notebook atau personal computer  kemudian scan QR code yang ada dengan WhatsApp web yang sudah dibuka sebelumnya di smartphonemu.
Jika sukses, otomatis akan tampak tampilan layar HP sudah  berpindah pada monitor notebook atau PC anda

Cara Pakai whatsapp web

Untuk menggunakan whatsapp web di notebook atau di personal computer (PC) tidak berbeda  atau sama persis saat menggunakan whatsapp di hp kita seperti :
1. Melakukan chating dengan orang-orang yang terdaftar dalam kontak hp kita
2. Mengirim file gambar, video atau dokumen dengan kapasitas ukuran besar, caranya klik nama penerima file itu, dan tap  tombol penjepit disudut kanan atas lalu pilih file yang akan anda kirimkan itu
3. Setelah selesai semuanya, maka untuk log out dari WA web cukup mudah, klik tap titik tiga di sebelah kiri atas layar tampilan dan pilih log out
Penutup
Itulah beberapa uraian penting tentang cara pakai whatsapp web di hp, notebook atau pc, semoga informasi ini bisa berguna bagi pembaca

Baca juga
Bagikan artikel ini