-->

Kamis, Desember 05, 2019

IKLAN GOOGLE ADS : PILIHAN TERBAIK MILENIAL UNTUK PROMOSI PRODUK UKM ANDA

"iklan google ads untuk promosi produk"
Bagi komunitas netizen yang suka berselancar di dunia maya, tentunya sudah akrab melihat pernak-pernik iklan yang selalu muncul saat membuka laman sebuah website. Iklan Google ads adalah salah satunya, yang merupakan satu bentuk iklan yang kerap muncul itu dengan aneka tema produk atau jasa yang ditawarkan. 
 
Ini merupakan iklan berbayar alias tidak gratis yang disediakan oleh mesin pencari terbesar di dunia google.

Ada banyak keuntungan yang bisa di peroleh oleh siapa saja pelaku bisnis apalagi itu pelaku UKM (usaha kecil menengah), saat mempromosikan produknya menggunakan iklan google ads.

Tapi sebelum mengurai lebih lanjut, pembaca, mungkin di tempat lain anda pernah membaca istilah iklan google adwords. Ini yang perlu saya beritahu kepada anda bahwa istilah itu sama antara  iklan google ads atau iklan google adwords. 

Sederhananya, barang yang sama tapi disebut dengan dua istilah yang berbeda karena google sejak tanggal 24 Juli 2018 merubah nama  produk iklan mereka yang semula Google AdWords kemudian diubah namanya menjadi Google Ads. Untuk selanjutnya dalam artikel ini akan saya gunakan secara bergantian.

Baca juga


Mungkin sejenak bagi anda sebagai pelaku usaha sempat memercik di ubun-ubun anda,  mengapa harus beriklan ?

Dikutip dari pernyataan Kohler dan Amstrong dalam bukunya prinsip-prinsip pemasaran bahwa tujuan beriklan adalah menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen akan suatu produk. Di beberapa hasil penelitian pun menunjukan, pengaruh beriklan sangat berpengaruh kuat terhadap omzet penjualan suatu produk / jasa.

Jadi tidak ada alasan, bagi anda pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang cerdas dan cukup rasional untuk tidak memasang iklan produk anda, salah satunya lewat iklan google ads.

Bagi yang masih ragu untuk memasang iklan lewat google ads atau iklan google adwords, mungkin bertanya-tanya mengapa pasang iklan harus di google ads ?

Jawabannya, bisa anda simak baik pada ulasan beberapa keuntungan berikut ini

Keuntungan Pasang iklan Google ads / Google Adwords

Ada banyak  sekali keuntungan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) saat memilih iklan google ads atau google adwords sebagai sarana untuk mempromosikan produknya, apa saja itu

1.Google, search engines  terbesar di dunia

Di beberapa penelitian dan pernyataan dari Google sendiri, diklaim hampir 97 persen penduduk dunia termasuk penduduk Indonesia yang menggunakan google sebagai mesin pencari dalam merambah dunia maya. Ini berarti potensi produk anda terjual akan luas dan cukup lapang. 

2.Mudah untuk daftar

Keuntungan lain, saat mendaftar sangat mudah, pun saat membuat iklan dan bahkan membayarnya anda tidak akan dibuat bingung tentang bagaimana cara melakukakannya. Anda bahkan di bantu  untuk memaksimalkan konten iklan yang sedang dibuat sehingga bisa meningkatkan omset penjualannya.

3.Target pasar jelas

Saat mempromosikan produk lewat iklan google ads, saat mendaftar ada bagian target pasar yang akan di bidik, negara mana yang menjadi sasaran empuk untuk promosi iklan produk anda. Untuk itulah, nanti akan muncul dalam laporannya jumlah klik iklan di negara  yang dituju.

4.Biaya Murah

Saat artikel ini di buat, biaya untuk membuat iklan google ads atau google adwords  bebas, berapa pun nilai nominal yang diisi tidak akan di larang oleh google.   Tidak ada biaya tambahan lain yang dikenakan pada  pelaku usaha kecil dan memengah selain biaya untuk iklan itu sendiri. Akan tetapi semakin sedikit biaya yang dicantumkan saat daftar pertama kali, maka akan berpengaruh pada seberapa besar peluang iklan muncul di laman depan mesin pencari. Intinya, biaya ini anda akan keluarkan untuk membayar ke google ketika ada pelanggan yang klik iklan google ads yang anda punyai.

5.Kontent Iklan Menggunakan Kata Kunci

Bagian ini yang paling menarik, bahwa kendati iklan google adwords anda cukup menarik tapi tidak menggunakan kata kunci, maka itu sama saja buang-buang uang secara percuma. Google membantu anda dalam membuat konten iklan google ads menggunakan kata kunci tertentu dengan jumlah pencarian dalam msin pencari yang paling banyak. Menarik bukan ?

Ingat satu kata kunci (keyword) digunakan juga oleh banyak pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang lain. Misal kata kunci “selai nenas”, anda bukan satu-satunya orang yang menggunakan kata kunci itu, di luar sana ada pelaku UKM nenas yang memakai kata kunci yang sama. 

6.Pengunjung berkualitas

Hal paling istimewa bagi anda yang berminat untuk pasang iklan google ads atau google adwords adalah pengunjungnya atau calon pembeli anda. Mengapa ? karena iklan itu hanya muncul pada customer  yang lagi cari tahu suatu barang / jasa  yang pas bersesuaian dengan konten iklan google ads anda.


Cara Menampilkan Iklan oleh Google

Lanjut, saat ada pelaku usaha UKM yang menggunakan kata kunci yang sama persis yang kita targetkan, maka google memiliki cara tersendiri untuk menilai mana iklan yang layak ditampilkan lebih dulu dalam mesin pencari mereka. Berikut penjelasannya :

1.Menilai melalui kata kunci (keyword)

Kriteria pertama penilaian google   ini diberikan untuk iklan  yang paling sesuai dengan kata kunci yang diketik oleh pelanggan dalam form mesin pencari google. Iklan google ads yang paling sesuai kata kuncinya, maka otomatis akan muncul dalam laman depan mesin pencari google.

2.Menilai dari laman produk

Maksudnya bahwa google akan munculkan iklan google adwords anda di mesin pencari jika antara konten iklan dan laman website di mana produk atau jasa anda benar-benar cukup sesuai. Jangan sampai, isi iklan google ads anda, bicara produk nenas tapi pas di klik iklannya yang mengarah website anda dan di sana yang muncul adalah produk ubi kayu. 

3.Menilai dari rasio klik tayang (CTR)

Yaitu merupakan ukuran dengan melihat berapa banyak orang melihat iklan google ads produk ukm anda serta berapa banyak orang yang klik iklan tersebut.  Semakin tinggi rasionya, maka akan semakin berpeluang besar iklan google adwords itu muncul di laman mesin pencari google dibanding iklan google ads lain yang memakai kata kunci yang sama.

Akumulasi dari ketiga hal itu, akan menghasilkan apa yang di sebuat  quality  score google. Bahwa setiap iklan google ads harus mencapai poin tertinggi 10 kalau ingin iklannya muncul terlebih dulu di laman search engine google di banding pesaing lain. Semoga bermanfaat

Baca juga
 

Bagikan artikel ini