Bagi komunitas netizen yang
suka berselancar di dunia maya, tentunya sudah akrab melihat pernak-pernik
iklan yang selalu muncul saat membuka laman sebuah website.
Iklan Google ads adalah salah satunya,
yang merupakan satu bentuk iklan yang kerap muncul itu dengan aneka tema produk atau jasa yang
ditawarkan.
Ini merupakan iklan berbayar alias tidak gratis yang disediakan
oleh mesin pencari terbesar di dunia google.
Ada banyak keuntungan yang bisa di
peroleh oleh siapa saja pelaku bisnis apalagi itu pelaku UKM (usaha kecil
menengah), saat mempromosikan produknya menggunakan iklan google ads.
Tapi sebelum mengurai lebih lanjut, pembaca, mungkin di tempat lain anda pernah membaca istilah iklan google adwords. Ini yang perlu saya beritahu kepada anda bahwa istilah itu sama antara iklan google ads atau iklan google adwords.
Sederhananya, barang yang sama tapi disebut dengan dua istilah yang berbeda karena google sejak tanggal 24 Juli 2018 merubah nama produk iklan mereka yang semula Google AdWords kemudian diubah namanya menjadi Google Ads. Untuk selanjutnya dalam artikel ini akan saya gunakan secara bergantian.
Baca juga
Tapi sebelum mengurai lebih lanjut, pembaca, mungkin di tempat lain anda pernah membaca istilah iklan google adwords. Ini yang perlu saya beritahu kepada anda bahwa istilah itu sama antara iklan google ads atau iklan google adwords.
Sederhananya, barang yang sama tapi disebut dengan dua istilah yang berbeda karena google sejak tanggal 24 Juli 2018 merubah nama produk iklan mereka yang semula Google AdWords kemudian diubah namanya menjadi Google Ads. Untuk selanjutnya dalam artikel ini akan saya gunakan secara bergantian.
Baca juga
Mungkin sejenak bagi anda sebagai pelaku usaha sempat memercik di ubun-ubun anda, mengapa harus beriklan ?
Dikutip dari pernyataan Kohler dan Amstrong dalam bukunya prinsip-prinsip pemasaran bahwa tujuan beriklan adalah menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen akan suatu produk. Di beberapa hasil penelitian pun menunjukan, pengaruh beriklan sangat berpengaruh kuat terhadap omzet penjualan suatu produk / jasa.
Jadi tidak ada alasan, bagi anda pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang cerdas dan cukup rasional untuk tidak memasang iklan produk anda, salah satunya lewat iklan google ads.
Bagi yang masih ragu untuk memasang iklan lewat google ads atau iklan google adwords, mungkin bertanya-tanya mengapa pasang iklan harus di google ads ?
Jawabannya, bisa anda simak baik pada ulasan beberapa keuntungan berikut ini
Keuntungan Pasang iklan Google ads / Google Adwords
Ada banyak sekali keuntungan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) saat memilih iklan google ads atau google adwords sebagai sarana untuk mempromosikan produknya, apa saja itu
1. Google, search engines terbesar di dunia
Di
beberapa penelitian dan pernyataan dari Google sendiri, diklaim hampir 97
persen penduduk dunia termasuk penduduk Indonesia yang menggunakan google
sebagai mesin pencari dalam merambah dunia maya. Ini berarti potensi produk
anda terjual akan luas dan cukup lapang.
2. Mudah untuk daftar
Keuntungan
lain, saat mendaftar sangat mudah, pun saat membuat iklan dan bahkan
membayarnya anda tidak akan dibuat bingung tentang bagaimana cara
melakukakannya. Anda bahkan di bantu
untuk memaksimalkan konten iklan yang sedang dibuat sehingga bisa
meningkatkan omset penjualannya.
3. Target pasar jelas
Saat
mempromosikan produk lewat iklan google ads, saat mendaftar ada bagian target
pasar yang akan di bidik, negara mana yang menjadi sasaran empuk untuk promosi
iklan produk anda. Untuk itulah, nanti akan muncul dalam laporannya jumlah klik
iklan di negara yang dituju.
4. Biaya Murah
Saat
artikel ini di buat, biaya untuk membuat iklan google ads atau google
adwords bebas, berapa pun nilai nominal
yang diisi tidak akan di larang oleh google.
Tidak ada biaya tambahan lain
yang dikenakan pada pelaku usaha kecil
dan memengah selain biaya untuk iklan itu sendiri. Akan tetapi semakin sedikit
biaya yang dicantumkan saat daftar pertama kali, maka akan berpengaruh pada seberapa
besar peluang iklan muncul di laman depan mesin pencari. Intinya, biaya ini
anda akan keluarkan untuk membayar ke google ketika ada pelanggan yang klik
iklan google ads yang anda punyai.
5. Kontent Iklan Menggunakan Kata
Kunci
Bagian
ini yang paling menarik, bahwa kendati iklan google adwords anda cukup menarik
tapi tidak menggunakan kata kunci, maka itu sama saja buang-buang uang secara
percuma. Google membantu anda dalam membuat konten iklan google ads menggunakan
kata kunci tertentu dengan jumlah pencarian dalam msin pencari yang paling
banyak. Menarik bukan ?
Ingat
satu kata kunci (keyword) digunakan juga oleh banyak pelaku usaha kecil
menengah (UKM) yang lain. Misal kata kunci “selai nenas”, anda bukan
satu-satunya orang yang menggunakan kata kunci itu, di luar sana ada pelaku UKM
nenas yang memakai kata kunci yang sama.
6. Pengunjung berkualitas
Hal
paling istimewa bagi anda yang berminat untuk pasang iklan google ads atau
google adwords adalah pengunjungnya atau calon pembeli anda. Mengapa ? karena
iklan itu hanya muncul pada customer yang lagi cari tahu suatu barang / jasa yang pas bersesuaian dengan konten iklan google
ads anda.
Cara
Menampilkan Iklan oleh Google
Lanjut, saat ada pelaku usaha
UKM yang menggunakan kata kunci yang sama persis yang kita targetkan, maka
google memiliki cara tersendiri untuk menilai mana iklan yang layak ditampilkan
lebih dulu dalam mesin pencari mereka. Berikut penjelasannya :
1. Menilai melalui kata kunci
(keyword)
Kriteria pertama penilaian google ini diberikan
untuk iklan yang paling sesuai dengan
kata kunci yang diketik oleh pelanggan dalam form mesin pencari google. Iklan google
ads yang paling sesuai kata kuncinya, maka otomatis akan muncul dalam laman depan
mesin pencari google.
2. Menilai dari laman produk
Maksudnya
bahwa google akan munculkan iklan google adwords anda di mesin pencari jika
antara konten iklan dan laman website di mana produk atau jasa anda benar-benar
cukup sesuai. Jangan sampai, isi iklan google ads anda, bicara produk nenas
tapi pas di klik iklannya yang mengarah website anda dan di sana yang muncul
adalah produk ubi kayu.
3. Menilai dari rasio klik tayang
(CTR)
Yaitu
merupakan ukuran dengan melihat berapa banyak orang melihat iklan google ads
produk ukm anda serta berapa banyak orang yang klik iklan tersebut. Semakin tinggi rasionya, maka akan semakin
berpeluang besar iklan google adwords itu muncul di laman mesin pencari google dibanding
iklan google ads lain yang memakai kata kunci yang sama.
Akumulasi dari ketiga hal itu, akan menghasilkan apa yang di sebuat quality score google. Bahwa setiap iklan google ads
harus mencapai poin tertinggi 10 kalau ingin iklannya muncul terlebih dulu di
laman search engine google di banding pesaing lain. Semoga bermanfaat
Baca juga