-->

Jumat, Februari 02, 2024

BUTUH DANA ? COBA LAKUKAN METODE CROWDFUNDING (GALANG DANA ONLINE)

"crowdfunding, galang dana online"
Akhir-akhir ini, masyarakat mulai terbiasa dengan galang dana online sebagai sumber alternatif yang bisa diandalkan untuk menghimpun dana sebanyak mungkin guna membiayai berbagai kegiatan mereka. Galang dana online atau biasa juga dibilang dengan crowdfunding merupakan praktek mengumpulkan dana dari berbagai sumber  melalui media online. 
 
Orang-orang baik diluar sana yang uangnya masih menganggur, dapat menyalurkan secara langsung uangnya kepada siapa saja yang ia pikir layak untuk dibantu lewat metode crowdfunding ini.

Namun sayangnya,  terkadang saya jumpai ada beberapa oknum masyarakat yang sukses dalam praktek crowdfunding tersebut namun ternyata dana yang berhasil dikumpulkan itu cuma di pakai berfoya-foya untuk kepentingan pribadinya.  

Baca juga

Panduan mendapat dukungan modal dari investor startup   

Keuntungan Galang dana Online / crowdfunding

Ada beberapa keuntungan, mengapa saat ini masyarakat senang berkecimpung dengan praktek crowdfunding atau galang dana secara online, berikut beberapa keuntungannya yang berhasil saya rangkum.

1. Tidak ada biaya / gratis.

  Metode crowdfunding berdasarkan pengalaman saya pribadi, memang disediakan secara gratis. Maksudnya saat mau daftar, kita tidak dipungut dengan biaya apapun, Cuma saat uang itu sudah terkumpul maka kita akan dikenakan finalti senilai tertentu dalam bentuk persentase  dari uang yang sudah terkumpul.   

2.Uang terkumpul lebih cepat

Karena sifatnya yang berbasis digital, metode crowdfunding ini membuka peluang yang cukup lapang dalam hal pengalangan dana online. Sebenarnya, metode ini bisa dibilang juga proposal online. 

Kalau dulu kita mengajukan proposal penggalangan dana dalam bentuk fisik, harus di ketik dulu, dijilid rapi baru kemudian diajukan kepada orang yang dituju, tapi sekarang metode itu sudah kuno dan mulai ditinggalkan orang. Cukup diketik dalam form yang disediakan kemudian langsung disodori pada donator yang baik hati di luar sana. 

   Kabar baiknya, galang dana online ini bisa dilakukan secara berantai hanya mengirim link atau tautan dimana kampanye atau proposal itu kita buat melalui media sosial atau lewat whatsapp pribadi teman, kerabat atau kenalan kita. Ini sangat menguntungkan, karena mereka juga bisa meniru cara yang kita lakukan sehingga peluang dana itu bisa terkumpul akan lebih cepat.  

3.Bersifat terbuka

Disini, dalam metode crowdfunding, unsur keterbukaan begitu diutamakan, berapa dana yang sudah terkumpul dan dari siapa saja dana itu diperoleh, akan dapat dilihat oleh siapa saja yang mengakses pada proposal yang sudah kita unggah itu. 

Secara tidak langsung, ini akan membangun kepercayaan diantara donator dan yang diberikan sumbangan tersebut. Pun tak terkecuali, jika proposal online tersebut diajukan oleh suatu badan, lembaga yayasan yang berbadan hukum maka keterbukaan dalam praktek crowdfunding akan menghilangkan rasa curiga diantara pengurus institusi yang berbadan hukum tersebut.   

Situs crowdfunding online 

Ada banyak sekali situs diluar sana yang berplatform sosial menggunakan metode crowdfunsding atau galang dana online. Namun beberapa diantaranya masih berumur jagung dan kurang begitu populer, sehingga masih sedikit masyarakat yang menggunakannya. 

Namun ada juga beberapa diantara situs galang dana online itu yang begitu menjadi primadona sehingga begitu bertumpuk banyak aksi kampanye sosial yang dirilis ke ruang publik. 

Nah, berikut beberapa situs crowdfunding online yang populer dan dua diantaranya sudah saya gunakan.

Kitabisa.com  

Airfunding.com   

Gandengtangan.co.id   

Ayopeduli.id   

Yukbantu.com   

Crowd.co.id (berbentuk syariah) 

Dari ke enam situs crowdfunding online diatas, berdasar pengalaman saya, metode  penggalangan dana onlinenya, sama persis,   dilakukan melalui cara menyebarkan link atau tautan kampanye yang sudah kita buat. Jadi pilihan kita bebas saja menggunakan situs yang mana kita sukai. 

Namun, sedikit berbeda pada situs airfunding.com, yang markas besarnya di jepang. Situs  crowdfunding ini menyediakan feature airtripp yaitu sebuah forum komunitas bagi para orang yang senang jalan-jalan. 

Tidak kurang ada 10 juta pengguna seluruh dunia yang telah terdaftar dalam forum ini, sehingga saat kita memilih untuk menggunakan aplikasi crowdfunding.com ini, secara otomatis kampanye galang dana online kita akan bisa dilihat oleh 10 juta pengguna yang ada dalam forum airtripp.  

Kegiatan yang dibiayai Crowdfunding

Pembaca, mungkin anda sedikit bertanya-tanya, kegiatan apa saja yang bisa dibiayai lewat metode crowdfunding ini. Biar lebih tajam berikut saya rangkum beberapa jenis kegiatannya :
  1. Perawatan medis   
  2. Bantuan korban bencana alam   
  3. Korban bencana sosial   
  4. Peringatan hari keagamaan   
  5. Pembangunan rumah ibadah   
  6. Penyelamatan flora/fauna   
  7. Wirausaha sosial   
  8. Kegiatan usaha  / bisnis Bantuan pendidikan   
  9. Kegiatan seni   

Nah, ternyata cukup banyak kegiatan yang dapat dibiayai lewat metode crowdfunding atau galang dana online. Jadi tidak ada salahnya, bagi anda yang benar-benar serius membutuhkan dana, untuk mencoba praktek crowdfunding ini. 

Sebagai penutup, saya berikan  tips kunci sukses galang dana online yaitu anda harus membuat kampanye sosial yang alur ceritanya cukup menarik dan benar-benar menyentuh hati bagi yang membacanya. Tidak lupa sertakan atau selipkan bukti-bukti pendukung dari alur cerita yang anda buat tersebut, sehingga orang-orang baik diluar sana cukup yakin dan mau merogoh kantong pribadinya untuk membantu anda.  

Baca juga

12 Kesalahan manajemen keuangan yang patut dihindari
Bagikan artikel ini