-->

Rabu, Desember 04, 2019

5 SEARCH ENGINES KHUSUS MENCARI LOWONGAN KERJA YANG AKURAT


"search engine mencari lowongan kerja"
Pembaca, saat anda membaca postingan saya ini, maka bisa saya asumsikan anda sedang berburu lowongan kerja melalui search engines. 
 
Ini sebuah cara yang tepat, karena anda bisa mengetahui banyak lowongan kerja hanya dengan sekali klik saja.
 
Sebetulnya, ada banyak sekali situs yang menyediakan informasi rupa-rupa lowongan kerja  itu, dari mulai yang bergaji rendah hingga bergaji yang sangat tinggi.
 
Tapi saya yakin anda utak atik search engines mencari sebuah lowongan kerja itu tentu tidak asal pilih saja, karena semua pekerjaan itu cukup menarik, tapi bagaimana dengan syarat administrasinya, apakah bisa anda penuhi. 
 
Sayang sekali, hasil penelitian saya, dari sekian puluh situs penyedia lowongan kerja itu, ternyata tidak semuanya menyuguhkan informasi secara akurat. karena lebih banyak bersifat search engine sebagaimana google, yahoo dan bing. 
 
Kurang lebih hanya beberapa situs  penyedia lowongan kerja  yang betul-betul memberikan informasinya secara akurat dan bahkan selalu di update setiap waktu. Situs tersebut dapat anda pilih sebagai referensi jika anda serius berburu lowongan kerja. 

Baca juga
Sebelum masuk pada inti artikel saya ini, saya perlu paparkan lebih dulu motivasi rata-rata kebanyakan orang mengapa mereka mencari lowongan pekerjaan.
 
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Gary Dessler  dan  kemudian dituangkan dalam bukunya yang berjudul Human Resources Management, secara ringkas Gary mengaku bahwa ada 5 faktor kunci yang menyebabkan karyawan itu bertahan atau keluar dari   sebuah perusahaan dan mencari lowongan kerja yang baru.
  • Pemberdayaan
  • Tujuan dan obyektivitas
  • Beban kerja dan keseimbangan hidup
  • Citra
  • Management
  •  
    Bagi anda yang sedang mencari lowongan kerja baru karena sebelumnya sudah pernah bekerja di tempat lain, kemungkinan alasan terkuat pindah pekerjaan  ada di antara ke 5 faktor kunci tadi.

    Syarat Melamar kerja

    Sudah menjadi kebiasaan umum dan aturan di sebuah perusahaan bahwa seorang yang hendak melamar kerja  wajib memenuhi syarat tertentu agar dapat diterima bekerja. Beberapa syarat dimaksud berupa :

     

    1. Surat lamaran kerja 

    2. Foto copy identitas diri (KTP/SIM)

    3. Daftar riwayat hidup

    4. Daftar riwayat pengalaman kerja

    5. Foto copy ijazah

    6. SKCK

    7. Surat keterangan berbadan sehat

    8. Pas foto  

     

    Search engines / situs  lowongan kerja

     

    Kita tinggalkan soal hal itu, berikut ini saya rangkum search engines atau situs yang menyediakan informasi lowongan kerja. 

     1.   Search engine / situs lowongan kerja CareerJet.co.id

    Situs di tempat pertama ini adalah diibaratkan sebagai search engines  yang memang dikhususkan untuk mencari macam-macam lowongan kerja diinginkan oleh peminat. 

    Bagusnya anda   bebas sesuka  hati mengakses informasinya tanpa  harus mendaftar sebagai member seperti yang berlaku di situs lowongan kerja yang lain. Kekurangannya saat tidak menjadi member, beberapa fitur semisal pasang curicullum vitae (CV) atau fitur peringatan pekerjaan, pengiriman lamaran kerja tidak akan aktif. 

    2. Search engine / situs lowongan kerja karir.com

    Sama dengan situs lowongan kerja yang pertama, situs ini juga berbentuk search engine mencari lowongan kerja di berbagai kota besar di Indonesia. Cara menggunakannya sederhana saja, cukup mengetik kata kunci tertentu dan memilih lokasi kota mana anda ingin mencari lowongan kerja yang ada. 

    Yang menarik dari situs ini adalah kita dapat mencari lowongan pekerjaan itu menurut kategori posisi serta gaji yang kita inginkan.

    3. Search engine / situs lowongan kerja jobstreet.co.id

    Situs yang ketiga ini, juga penyedia informasi lowongan kerja paling terkemuka di daratan asia (Malaysia, Singapura, Indonesia dan Vietnam). Jadi jika ingin menjadi TKI di luar negeri, sejatinya ini merupakan solusi paling tepat yang dapat diambil.

    Cara kerjanya sama dengan situs nomor 1 dan dua, berbasis search engine.  Jadi cukup mengetik kata kunci berdasar posisi, lokasi, jenis pekerjaan serta gaji yang diinginkan, anda sudah akan mendapat informasi lowongan kerja yang dibutuhkan.

    4. Situs lowongan kerja jobplanet.com 

    Agak berbeda dengan situs lowongan kerja di point nomor 1, 2 dan 3, situs ini justru sudah menyuguhkan informasi lowongan kerja di beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia. Informasi lainnya yang turut serta diunggah dalam situs resminya adalah informasi menyangkut hal-hal terkait dengan dunia pekerjan.

    Contohya kisi-kisi saat akan mengikuti wawancara, profile perusahaan tempat kerja serta budaya kerja di sebuah perusahaan.

    5. Situs lowongan kerja jobs.id

    Satu lagi search engine khusus pencari lowongan kerja adalah jobs.id. Yang merupakan sebuah situs yang menyajikan informasi dengan merunut data yang dilansir oleh  Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia.

    Tampilan untuk mencari lowongan pekerjaan itu bisa di isi dengan menggunakan kata kunci tertentu, semisal lokasi dimana anda akan bekerja, jenis pekerjaan bagaimana yang diminati, posisinya apa, dsb.

    6. Search engine / Situs lowongan kerja loker.id

    Situs ini juga menyuguhkan semua  informasi lowongan pekerjaan di Indonesia karena ada bagian dapat menginput bagi suatu perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

    Informasi yang masuk itu kemudian diverfikasi dan validasi satu persatu oleh tim loker, apakah benar atau tidak lowongan pekerjaan ditawarkan itu sehingga jika betul betul akurat akan ditampilkan dalam laman situs resminya.

    Jadi kepada anda yang benar-benar butuh sebuah pekerjaan, silahkan buka satu persatu search engine atau situs lowongan kerja di atas, mungkin ada pekerjaan yang minati dan bisa menjadi sandaran hidup.

    Baca juga Mencium Kentut Anda dibayar

    Bagikan artikel ini